Perkedel Kentang Enak, Anti Gagal

perkedel kentang enak

Perkedel kentang merupakan olahan kentang dengan cara menghaluskannya kemudian campurkan dengan daun bawang, bumbu-bumbu, daging cincang, dan juga seledri. Setelah semua bahan tercampur rata, kemudian bentuk adonan menjadi bulat pipih dan celup ke dalam kocokan telur. Setelah itu goreng adonan dalam minyak panas. Maka sajian perkedel kentang enak siap untuk disajikan.

Untuk menghasilkan perkedel yang mudah lengket atau tidak mengandung air, maka sebelum dihaluskan, jangan merebus atau mengukus kentang. Oleh karena itu lebih baik menggoreng kentang, karena tidak akan mengandung banyak air dan adonan mudah terbentuk.

Untuk menghasilkan perkedel yang mudah lengket atau tidak mengandung air, maka sebelum dihaluskan, jangan merebus atau mengukus kentang. Oleh karena itu lebih baik menggoreng kentang, karena tidak akan mengandung banyak air dan adonan mudah terbentuk.

Kentang memiliki kandungan gizi yang terdiri dari karbohidrat, serat, protein, antioksidan, kalium, folat, viatamin B6, dan juga vitamin C. Selain itu, kentang sangat rendah lemak dan juga rendah kalori. Sehingga kentang sangat cocok untuk menu diet yang mengenyangkan tetapi rendah lemak.

Selain itu, serat yang terkandung pada kentang juga sangat baik untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Dan berperan penting sebagai sumber makanan untuk bakteri baik yang ada pada usus besar. Sehingga membuat sistem pencernaan menjadi lancar dan lebih sehat. Untuk mendapatkan manfaat serat pada kentang, Anda harus memakannya dalam kondisi dingin ya.

Sejarah Perkedel Kentang yang Enak

Nama perkedel berasal dari bahasa Belanda, yaitu Frikadeller atau Frikadel. Frikadel terbuat dari daging cincang atau daging giling dengan cara memadatkan, kemudian menggorengnya. Bentuknya sangat mirip dengan perkedel kentang saat ini. Namun frikadel versi Indonesia lebih sering berbahan dasar kentang. Karena pada zaman dahulu daging sangat mahal.

Nama frikadel sulit untuk dilafalkan oleh masyarakat Indonesia, maka perlahan namanya berubah menjadi perkedel. Sedangkan menurut laman Kompas.id, nama perkedel merupakan singkatan dari persatuan kentang dan telur.

Selain kentang, bahan-bahan lain juga bisa untuk dibuat perkedel. Contohnya tahu, jagung, ubi jalar, dan singkong. Cita rasa perkedel khas dengan rasa yang gurih dan tekstur yang sangat lembut. Sangat cocok untuk pelengkap sajian soto, sop, tumpeng, rendang daging, dan lain-lain.

Perkedel Kentang Enak, Anti Gagal

4 from 1 vote
Recipe by Mrs. Culinary Course: Lunch, DinnerCuisine: InonesiaDifficulty: Easy
Servings

10

servings
Prep time

15

minutes
Cooking time

40

minutes
Calories

300

kcal

Resep Perkedel Kentang Enak

Ingredients

  • 3 buah kentang

  • daun seledri secukupnya

  • 3 siung bawang merah

  • 3 siung bawang putih

  • 2 butir telur

  • 1 sdt kaldu bubuk

  • 1/2 sdt garam

  • 1/2 sdt lada bubuk

Directions

  • Goreng ketang menggunakan api sedang dan harus selalu diaduk, goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  • Haluskan bawang merah dan juga bawang putih.
  • Tumbuk kentang jangan terlalu halus, asal halus hancur saja. Kemudian masukkan bawang merah dan bawang putih tadi bersama dengan daun seledri, kaldu bubuk, garam dan lada bubuk. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata. Koreksi rasa.
  • Bentuk adonan kentang seperti layaknya bentuk perkedel, yaitu bulat pipih.
  • Kocok 1 butir telur hingga benar-benar menyatu. Telurnya tidak perlu ditambahkan bumbu lagi. Setelah itu baluri perkedel dengan telur dan goreng di dalam minyak panas. Tuangkan sisa kocokan telur ke atas perkedelnya.
  • Goreng perkedel jangan terlalu lama. Goreng hingga telurnya berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Recipe Video