CLOSE AD
Resep Sirapege Batak
resep sirapege khas batak

Resep Sirapege khas Batak

Salah satu makanan halal khas Batak

5.0 from 1 vote

Indonesia tidak hanya kaya akan wisata alam dan sejarah, tetapi juga merupakan surga bagi pencinta kuliner. Setiap sudut negeri ini menawarkan ragam kuliner khas yang mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi lokal. Tak terkecuali di Kawasan Danau Toba, yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menyuguhkan berbagai hidangan khas yang mampu memikat hati para pelancong, baik domestik maupun mancanegara. Dari sekian banyak sajian lezat, ada satu hidangan khas yang tak boleh dilewatkan, yakni sirapege, sebuah hidangan daging ayam atau kambing yang kaya rasa dan aroma.

Sirapege, makanan khas Batak ini, menjadi bukti nyata dari kekayaan kuliner Indonesia. Hidangan ini terkenal dengan keunikan bumbu dan cara penyajiannya. Bumbu-bumbu pilihan seperti cabai rawit hijau, andaliman, bawang merah, bawang putih, dan jahe, yang ditumbuk dan dicincang kasar, menghasilkan rasa pedas yang khas dan berbeda dari hidangan pedas lainnya. Tak hanya itu, sirapege juga disajikan dengan sayuran yang unik, yaitu bunga kembang sepatu, yang menambah keistimewaan hidangan ini.

Berikut ini adalah resep dimana Anda bisa menyiapkan sirapege khas Batak ini di rumah. Resep ini dirancang untuk memudahkan Anda menikmati kelezatan sirapege dengan bahan-bahan yang sederhana namun mampu menghasilkan cita rasa yang khas dan menggugah selera. Mari kita mulai perjalanan kuliner kita dengan mengeksplorasi cara membuat sirapege yang autentik dan lezat dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan.

Resep Sirapege Khas Batak

Resep Sirapege khas Batak

Recipe by Hani
5.0 from 1 vote

Sirapege adalah hidangan khas Batak yang halal dan terkenal dengan kepedasannya yang memikat. Hidangan ini dibuat dari fillet daging ayam yang dipanggang hingga matang sempurna, kemudian dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan irisan cabai rawit merah dan hijau, bawang merah, serta jahe muda. Semua bahan ini disatukan dengan taburan garam, menciptakan paduan rasa pedas yang menggugah selera. Disajikan hangat, Sirapege menjadi sajian yang sempurna untuk dinikmati bersama nasi putih panas, menawarkan pengalaman kuliner yang kaya rasa dan autentik dari budaya Batak.

Course: MainCuisine: Batak, IndonesianDifficulty: Easy
Servings

4

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

20

minutes
Calories

300

kcal
Total time

50

minutes
Cook Mode

Keep the screen of your device on

Ingredients (Shop in the Green Link)

  • 1 kg daging ayam fillet

  • 2 ruas jahe muda

  • 1 ons cabai rawit hijau

  • 1/2 ons cabai rawit merah

  • 19 siung bawang merah

  • 2 lembar daun jeruk, dirajang tipis

  • 3 sdm garam

Directions

  • Panaskan wajan anti lengket atau alat pemanggang.
  • Panggang daging ayam hingga matang. Setelah dipanggang, daging ayam bisa dipotong kecil-kecil.
  • Iris semua bahan cabai, jahe, dan bawang merah.
  • Campurkan semua bahan bumbu dengan daging ayam. Tambahkan garam dan irisan daun jeruk.
  • Aduk rata. Sajikan.