Dadar Gulung Isi Parutan Kelapa Praktis dan Mudah

resep dadar gulung
resep dadar gulung

Apakah Anda sedang mencari hidangan manis yang sempurna untuk menikmati waktu santai bersama keluarga? Jika iya, resep dadar gulung dapat menjadi pilihan yang memikat. Dadar gulung merupakan makanan tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa manis lezatnya dan penampilan yang menggoda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk menciptakan dadar gulung yang sempurna, memanjakan lidah, dan memberikan keceriaan di atas meja makan. Dengan mengikuti langkah-langkah resep ini, Anda akan dapat menghadirkan hidangan istimewa yang pasti akan disukai oleh keluarga maupun teman-teman Anda.

Dadar gulung adalah hidangan manis yang terdiri dari dadar tipis yang digulung bersama isian lezat di dalamnya. Resep ini sudah turun temurun menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan kuliner Indonesia. Dalam tradisi kuliner Indonesia, dadar gulung sering dihidangkan pada acara-acara khusus seperti perayaan hari raya, pesta pernikahan, atau menjadi sajian penutup istimewa untuk para tamu terhormat.

kulit kue dadar yang berpori

Kulit dadar gulung memiliki warna hijau yang diperoleh dari pewarna alami seperti daun pandan atau daun suji. Kulit ini terbuat dari campuran tepung, santan, dan telur, yang mirip dengan tekstur pancake. Perbedaannya terletak pada ke tipisan kulitnya dan proses gulungnya yang menghasilkan namanya, “dadar gulung”

bahan dadar gulung

Dadar Gulung: Kue yang Merakyat untuk Segala Acara

Kue ini memiliki popularitas yang tinggi dan sering kali menjadi pilihan dalam berbagai acara mulai dari pesta pernikahan, acara resmi kantor atau dinas, hingga menjadi santapan pagi di lapak-lapak atau warung.

Dadar gulung sering dijajakan di lapak pada pagi hari dan harganya bervariasi, mulai dari Rp2.000 hingga Rp4.000 tergantung dari lokasi penjualan. Ingin mencoba membuatnya di rumah? Tidak perlu khawatir, resepnya sangatlah sederhana.

resep dadar gulung

Dadar Gulung Isi Parutan Kelapa Praktis dan Mudah

Recipe by Hani
Dadar Gulung, sebuah penganan tradisional yang mengundang kenangan akan rasa klasik khas Indonesia. Dibuat dari campuran parutan kelapa yang digabungkan dengan manisnya gula Jawa cair, atau yang sering disebut dengan sebutan unti atau enten-enten, kue ini menawarkan kelezatan yang tak terlupakan. Lembutnya dadar gulung, dilapisi dengan campuran kelapa dan gula Jawa yang membungkusnya, menciptakan harmoni rasa yang khas. Setiap gigitan memancarkan aroma kelapa segar yang dipadukan dengan manisnya gula Jawa, menghadirkan cita rasa tradisional yang menghangatkan. Dadar gulung, penganan yang mengusik selera dengan kelembutan dan kelezatan rasa asli Indonesia, menjadi pilihan istimewa untuk dinikmati di berbagai momen spesial.
Prep Time :15 minutes
Cook Time :30 minutes
Total Time :1 hour 10 minutes
Course :Video Resep
Cuisine :Indonesian, Javanese

Ingredients
  

Bahan Kulit
  • 250 g tepung terigu protein rendah
  • 500 ml air
  • 5 sdm VCO (bisa diganti dengan santan instan dan minyak sayur)
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 1 sdt pasta pandan
Bahan Isi
  • 1/2 butir kelapa muda parut
  • gula merah secukupnya (sesuai selera)
  • daun pandan

Instructions
 

Membuat Enten-Enten / Unti

  • Panaskan gula merah dengan sedikit air.
  • Beri daun pandan kemudian masukkan kelapa parut. Masak hingga tercampur rata. Sisihkan

Membuat Bahan Kulit

  • Campur tepung, air, santan instan lalu tambahkan air pandan aduk sampai tidak bergerindil
  • Panaskan teflon, beri sedikit olesan minyak. Ambil 1 sendok sayur adonan kulit lalu tuang sambil diputar. Masak hingga kulit mulai kering. Lakukan adonan kulit habis
  • Setelah kulit selesai, siap digunakan. Ambil 1 sdm unti lalu lipat dan bungkus

Video

Notes

u003cliu003ePilihlah tepung terigu berkualitas tinggi yang memiliki kandungan gluten yang cukup. Gluten membantu memberikan kelembutan pada dadar gulung.u003c/liu003eu003cliu003eGunakanlah kelapa parut segar atau kelapa parut yang telah dikeringkan. Pastikan kelapa parut yang Anda pilih memiliki aroma segar dan tidak basi.u003c/liu003eu003cliu003ePilih gula pasir berkualitas baik untuk mencapai rasa manis yang sempurna.u003c/liu003eu003cliu003eGunakan spatula atau penjepit yang lebar dan fleksibel untuk membalik dadar gulung dengan mudah tanpa merusaknya.u003c/liu003eu003cliu003eJika Anda ingin memberikan variasi warna pada dadar gulung, pilihlah pewarna makanan yang aman dan berkualitas tinggi.u003c/liu003eu003cliu003eagar enten-enten tahan lama, sebaiknya kukus kelapa parutnyau003c/liu003eu003cliu003ePemakaian minyak VCO dapat diganti dengan santan sesuai takaran airu003c/liu003e

Membuat Kulit

Untuk mendapatkan kulit dadar gulung yang berpori dan bopeng-bopeng, wajan harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum menuang adonan. Saat adonan dituang, sebaiknya terdengar bunyi mendesis yang menunjukkan bahwa wajan sudah cukup panas.

Penting untuk menggunakan wajan teflon anti lengket agar dapat membuat kulit dadar gulung dengan mudah. Misalnya, saya baru saja membeli wajan ceramic 2 in 1 dengan harga yang terjangkau, sehingga saya ingin mencoba keunggulan fitur anti lengketnya untuk membuat dadar gulung.

adonan tepung, telur, VCO

Tips Mengolah Kelapa Parut

isian kelapa parut

Saya paham betul bahwa salah satu tantangan saat membuat dadar gulung adalah membuat enten-enten. Memarut kelapa secara manual dari kelapa utuh memang memerlukan sedikit usaha dan waktu.

Kelapa parut haruslah segar dan sebaiknya segera diolah setelah dibeli. Penyimpanannya pun harus hati-hati karena kelapa parut segar hanya dapat bertahan dalam kulkas maksimal 1 hari. Jika tidak dapat segera diolah, kelapa parut dapat dibekukan terlebih dahulu dalam freezer. Sebelum diolah, keluarkan kelapa parut dari freezer dan biarkan mencapai suhu ruangan untuk kemudian diolah.

Untuk menjaga keawetan kue dan menghindari cepatnya kedaluwarsa, kelapa parut yang digunakan untuk enten-enten sebaiknya dikukus sampai matang. Ini tidak hanya membuatnya lebih tahan lama, tetapi juga meningkatkan cita rasa dengan menghilangkan bau tengik.

Hai, Saya Hani suka mengumpulkan resep masakan dari berbagai media sosial. Beberapa sudah saya coba di blog saya. Semoga dapat membantu bunda memasak