Resep Custard Pudding Lembut Tanpa Whip Cream

Pudding Custard Nikmat Tanpa Sentuhan Whip Cream: Kekhasan Lembut yang Menggoda Lidah!

custard dan puding
resep custard dan puding category

Custard pudding ini memiliki tekstur yang luar biasa lembut. Custard, yang berasal dari bahasa Inggris, adalah hidangan yang terbuat dari campuran susu atau krim dengan kuning telur. Meskipun sering ditemukan di restoran-restoran, sebenarnya cara membuat custard pudding ini sangatlah mudah.

custard pudding

Dalam resep ini, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana. Untuk membuat saus karamel, cukup siapkan gula pasir dan sedikit air. Sedangkan untuk puding, persiapkan telur, gula pasir, susu, serta pasta vanila atau vanili. Dengan tidak menggunakan whip cream, resep ini menjadi lebih simpel dan praktis.

bahan custard pudding

Pada tahapan pembuatan custard pudding, terdapat dua langkah utama yang perlu dilakukan. Tahap pertama melibatkan pembuatan saus karamel. Proses karamelisasi ini melibatkan pemanasan gula hingga meleleh tanpa sampai gosong.

Panaskan gula pasir tanpa perlu diaduk, biarkan meleleh hingga berwarna coklat keemasan. Setelah mencapai konsistensi yang diinginkan, tambahkan sedikit air ke dalam gula yang sudah meleleh. Saat menuangkan air, perlu berhati-hati karena dapat menimbulkan percikan panas. Untuk menjaga konsistensi, sedikit air tambahan dapat dimasukkan agar karamel tidak terlalu lengket dan keras. Saus karamel yang sudah jadi kemudian dituangkan ke dalam wadah-wadah puding atau mangkuk kecil dan disisihkan hingga mengeras.

Langkah kedua adalah membuat puding custard. Campurkan telur dan gula pasir dalam sebuah wadah, lalu aduk hingga gula larut. Panaskan susu dengan api sedang, hindari sampai susu mendidih. Tuangkan susu panas perlahan ke dalam campuran telur dan gula sambil terus diaduk hingga rata. Pastikan untuk menambahkan pasta vanila untuk memberikan aroma khas pada puding. Pemilihan pasta vanila yang berkualitas dapat membantu menghilangkan aroma amis dari telur, atau alternatifnya, gunakan vanilla bean yang autentik.

Penggunaan pasta vanila dari Golden Brown memberikan sentuhan rasa yang enak dan kualitas yang baik pada puding custard.

pasta vanilla golden brown
pasta vanilla golden brown

Tuang adonan puding ke dalam mangkuk yang telah diisi dengan saus karamel. Tutup wadah menggunakan aluminium foil, kemudian kukus selama sekitar 20 menit dengan api sedang. Setelah puding matang, angkat dan sisihkan dalam kulkas minimal selama 1 jam sebelum disajikan.

Setelah melalui proses penyimpanan dalam kulkas, puding siap dinikmati dalam keadaan dingin yang menyegarkan. Dengan langkah-langkah yang sederhana, proses pembuatannya menjadi lebih mudah untuk dinikmati bersama keluarga atau dalam momen santai Anda.

custard dan puding

Custard Pudding

Recipe by Hani
Puding custard merupakan sajian pencuci mulut yang menghadirkan kelembutan tekstur yang luar biasa. Dibuat dari bahan sederhana seperti telur dan susu, puding ini menonjolkan kelembutan khasnya yang begitu menggoda. Setiap suapannya menghadirkan kenikmatan dari tekstur yang lembut dan halus, seiring dengan cita rasa manis dan gurih dari campuran telur dan susu yang sempurna. Puding custard adalah paduan cita rasa yang sederhana namun begitu memikat, cocok dinikmati sebagai hidangan penutup yang lembut dan lezat setelah santapan utama.
Prep Time :10 minutes
Cook Time :20 minutes
Total Time :1 hour 10 minutes
Course :Dessert
Cuisine :Europe

Ingredients
  

Bahan Saus Karamel
  • 30 g gula pasir
  • 30 ml air
Bahan Puding
  • 150 g Telur
  • 50 g gula pasir
  • 250 ml susu cair UHT
  • ½ sdm pasta vanilla

Instructions
 

  • Buat saus karamel dengan memanaskan gula pasir sampai meleleh. Pakai api kecil jangan sampai hangus, segera siram karamel dengan air kemudian aduk rata sampai gula larut
  • Siapkan wadah atau mangkuk-mangkuk kecil untuk puding. Beri saus karamel. Biarkan mengeras
  • Siapkan wadah besar, masukkan telur dan gula pasir. Kocok dengan menggunakan whisk sampai gula larut
  • Panaskan susu cair UHT, tidak perlu sampai mendidih, tuangkan ke dalam adonan telur. Aduk rata
  • Tambahkan pasta vanilla. Aduk rata kembali
  • Tuangkan adonan puding di atas saus karamel pelan-pelan, supaya saus karamel tidak bercampur
  • Tutup wadah dengan aluminium foil. Kukus di atas api sedang selama 20 menit
  • Keluarkan dari kukusan kemudian dinginkan, masukkan dalam kulkas minimal 1 jam
  • Keluarkan dan sajikan

Video

Notes

  • Gunakan pasta vanila yang berkualitas baik untuk menghilangkan aroma amis dari telur. Pasta vanila dari Golden Brown dapat memberikan sentuhan rasa yang enak dan kualitas yang baik pada puding custard.
  • Tuangkan adonan puding ke dalam wadah yang telah diisi dengan saus karamel. Tutup wadah dengan aluminium foil sebelum dikukus.
  • Kukus puding selama sekitar 20 menit dengan api sedang untuk memastikan kematangan dan tekstur yang sempurna.
  • Setelah puding matang, dinginkan dalam kulkas minimal selama 1 jam sebelum disajikan. Puding dingin akan memberikan kesegaran saat disantap bersama keluarga atau dalam momen santai Anda.
  • Hai, Saya Hani suka mengumpulkan resep masakan dari berbagai media sosial. Beberapa sudah saya coba di blog saya. Semoga dapat membantu bunda memasak