CLOSE AD
Feat-5-Resep-Ayam-Goreng

5 Resep Ayam Goreng Super Lezat Menggugah Selera

Sajian ayam goreng di Indonesia cukup beraneka ragam bentuk dan cita rasa. Bahan rempah yang digunakan juga cukup beragam. Jika Anda merasa bosan dengan olahan ayam goreng yang itu-itu aja, Anda bisa mempraktikkan 5 resep ayam goreng super lezat di bawah ini!

Berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Biasanya hidangan ayam goreng adalah favorit banyak orang. Baik anak kecil maupun orang dewasa. Harga ayam goreng di rumah makan juga cukup terjangkau. Meskipun ada brand terkenal yang mematok harga tinggi untuk menu ayam gorengnya yang setara dengan kualitas tampilan, packaging, serta cita rasa.

Rekomendasi 5 Resep Ayam Goreng Super Lezat

Silahkan simak rekomendasi 5 resep ayam goreng bercita rasa super lezat dan menggugah selera berikut ini:

1. Ayam Goreng Kremes

Ayam Goreng Kremes merupakan olahan ayam goreng dengan baluran tepung bumbu bertekstur renyah atau kriuk. Cita rasa dari sajian ini cenderung gurih, kaya rempah, dan tulang ayamnya bertekstur lunak.

ADVERTISEMENT

Resep Ayam Goreng Kremes ini biasanya menggunakan bumbu kuning sebagai bahan marinasi untuk memperkaya rasa dan aroma rempah pada ayam. Ayam Goreng Kremes adalah salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia dari berbagai daerah.

    2. Ayam Goreng Kalasan

    Ayam Goreng Kalasan bumbu lengkuas merupakan hidangan ayam goreng khas dari Kalasan, Sleman, Yogyakarta yang menggunakan bumbu lengkuas. Cita rasa Ayam Goreng Kalasan cenderung gurih dan kaya akan rempah khas Indonesia.

    Bumbunya meresap hingga ke tulang dan tekstur daging ayamnya sangat empuk. Biasanya penyajian Ayam Goreng Kalasan menambahkan kremesan bertekstur renyah.

      3. Ayam Goreng Tepung

      Ayam Goreng Tepung merupakan sajian ayam yang menggunakan adonan tepung bumbu encer. Cara memasaknya melalui proses penggorengan dalam minyak panas sampai ayam tenggelam. Proses penepungan bertujuan untuk membuat lapisan yang renyah pada bagian luar ayam serta mempertahankan kadar air dan kelembutan daging ayam.

      Jenis ayam yang umumnya digunakan adalah ayam broiler. Cita rasa sajian ini gurih dan bertekstur renyah di luar serta empuk pada bagian daging ayamnya. Masyarakat Indonesia mungkin tak asing dengan sajian yang satu ini, karena menjadi lauk favorit dari anak-anak hingga orang dewasa.

        4. Ayam Goreng Ungkep

        ADVERTISEMENT

        Ayam Goreng Ungkep empuk merupakan olahan ayam goreng yang melalui proses pengungkepan terlebih dahulu dengan berbagai bumbu dan rempah. Uniknya, pada resep kali ini kita menambahkan air kelapa sebagai bahan untuk resep Ayam Goreng Ungkep.

        Sehingga menghasilkan sajian ayam goreng yang beraroma kuat, bercita rasa gurih, dan bertekstur empuk. Cocok sebagai stock lauk siap goreng di rumah atau sebagai ide jualan frozen food yang simpel dan laris manis.

          5. Ayam Goreng Mentega

          Ayam Goreng Mentega merupakan sajian ayam goreng yang menggunakan mentega ala restoran Chinese Food. Sajian yang satu ini memiliki ciri khas perpaduan aroma mentega dan kecap yang sangat harum. Kelezatannya juga semakin terasa dengan tekstur ayam yang renyah dan cita rasa gurih. Sangat cocok untuk Anda makan bersama sepiring nasi putih hangat.

          Ayam Goreng Mentega adalah salah satu menu unggulan pada restoran Chinese Food yang cukup meleganda. Terbuat dari potongan ayam goreng kering dan balutan saus mentega dengan rasa yang gurih. Dilengkapi dengan siraman kecap manis yang memberikan cita rasa manis dan gurih yang khas serta menggoda selera.  

            Tips Membuat Ayam Goreng

            Anda pasti ingin olahan 5 resep ayam goreng Anda bertekstur empuk dan juga renyah serta tidak alot. Nah, lakukan beberapa tips berikut ini ketika mempraktikkan 5 resep ayam goreng di atas supaya tidak gagal:  

            1. Bersihkan Ayam Utuh dan Potong-potong

            ADVERTISEMENT

            Apabila Anda membeli 1 ekor ayam utuh, bersihkan terlebih dahulu menggunakan air mengalir, baru potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai selera. Berikutnya bersihkan lagi semua potongan ayam untuk menghilangkan lendir atau lemak yang masih menempel pada daging ayam. Lakukan dengan menggosoknya secara perlahan.                         

            2. Keluarkan Daging Ayam Beku dari Dalam Kulkas  

            Jika Anda memiliki simpanan daging ayam mentah di dalam freezer yang sudah membeku, pindahkan terlebih dahulu pada rak bagian bawah freezer. Kemudian diamkan sampai daging ayam melunak, lalu keluarkan dari kulkas.

            3. Baluri Ayam dengan Garam dan Air Perasan Jeruk Nipis  

            Ketika mengaplikasikan resep Ayam Goreng Tepung renyah, taruh potongan ayam pada sebuah wadah, kemudian beri sedikit garam dan air perasan jeruk nipis. Balurkan ke semua potongan daging ayam sampai merata. Selanjutkan diamkan ayam kurang lebih 10-15 menit untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam.

            4. Tusuk-tusuk Sejumlah Bagian Daging Ayam dengan Tusuk Gigi atau Garpu  

            Lakukan penusukan pada beberapa bagian daging ayam dengan memakai garpu atau tusuk gigi. Secukupnya saja, jangan semua bagian daging ayam Anda tusuk. Karena akan membuat bentuk ayam menjadi hancur. Tips ini bertujuan agar daging ayam bisa menyerap bumbu lebih dalam dan teksturnya lebih empuk ketika Anda goreng.       

            5. Goreng dengan Minyak Panas dan Api Kecil

            Ketika menggoreng ayam, pastikan terlebih dahulu minyak benar-benar sudah panas. Kemudian masukkan potongan daging ayam, masak ayam dengan api kecil. Karena api besar bisa membuat tepung bagian luarnya cepat gosong dan tekstur daging ayam menjadi alot atau keras. Walaupun terkesan sedikit lebih lama jika menggunakan api kecil, namun hasilnya tidak akan mengecewakan Anda.

            6. Pakai Minyak Goreng Baru dalam Jumlah Banyak

            ADVERTISEMENT

            Gunakanlah minyak goreng yang banyak agar daging ayam bisa tenggelam dalam minyak ketika Anda menggorengnya dan matang secara merata. Pastikan juga Anda memakai minyak yang masih baru, bukan minyak bekas menggoreng bahan makanan lain ketika mempraktikkan resep Ayam Goreng Tepung crispy. Demi menjaga kerenyahan dan cita rasa gurih pada daging ayam.

            7. Bila Kebanyakan Simpan ke dalam Kulkas

            Apabila tepung bumbu sudag berwarna kuning keemasan atau ayam matang, segera angkat dan tiriskan. Jika Anda menggoreng ayam kebanykan dan tidak bisa habis dalam satu kali makan, sebaiknya simpan ke dalam kulkas. Ketika nanti ingin memakannya, Anda bisa menghangatkannya terlebih dahulu menggunakan microwave atau oven. Namun, biasanya tekstur renyah pada tepung bumbu akan sedikit berkurang.

            Ciri-ciri Ketumbar Oplosan

            Selain merica, ketumbar juga menjadi bahan rempah untuk sebagian dari 5 resep ayam goreng di atas. Namun, Anda harus berhati-hati ketika membeli ketumbar di pasar. Karena saat ini sudah ada ketumbar oplosan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

            Img-Ketumbar-5-Resep-Ayam-Goreng
            Ketumbar

            Simak beberapa ciri ketumbar oplosan berikut ini:

            • Ketumbar berwarna cokelat terang, karena mengandung bahan pemutih seperti body lotion. Sedangkan ketumbar yang asli warnanya adalah mendekati coklat atau agak kekuningan.
            • Tidak ada aroma yang dikeluarkan oleh ketumbar, padahal ketumbar yang asli memiliki aroma pedas dan menyengat.
            • Ketumbar tidak mudah pecah ketika Anda menekannya, karena mengalami proses perendaman dengan bahan kimia.
            • Ketumbar oplosan tidak mudah busuk meskipun Anda simpan selama berbulan-bulan.

            Nah, itulah tadi 5 resep ayam goreng yang super lezat dan menggugah selera yang bisa Anda coba praktik langsung di rumah. Selamat mencoba Bunda!