Nagasari Pisang (Resep Original Tradisional)

nagasari pisang
nagasari pisang

Nagasari adalah kue basah tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan yang diisi pisang. Dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Rasanya gurih manis serta ada aroma wangi khas daun pandan dan daun pisang.

Kue Nagasari atau Kue Nogosari (sebutan dalam bahasa Jawa) merupakan jenis kue basah tradisional yang sangat populer dan diwariskan turun-menurun dari generasi ke generasi dalam masyarakat Jawa. Belum dapat diketahui sebenarnya kue ini berasal dari daerah mana. Di setiap daerah pada masyarakat Jawa kue ini banyak ditemui. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara kumpul-kumpul maupun acara hajatan.

Proses pembuatannya bisa dibilang sangat mudah. Namun, walaupun mudah tentu saja harus mengikuti resep supaya kue ini berhasil. Resep yang saya bagikan ini adalah resep tradisional original yang telah dipraktekkan secara turun temurun dari orang tua. Bahan-bahan pembuatnya sederhana tapi rasanya sungguh lezat.

bahan nagasari

Pisang yang Dipakai untuk Isian Nagasari

Ada beberapa jenis pisang yang dapat dipakai untuk isian. Biasanya pisang yang dipakai adalah pisang Raja. Pisang Raja rasanya legit, enak, dan manis. Tekstur pisang Raja tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek, pas untuk dijadikan isian kue Nagasari.

Sekarang bisa beli sayuran dan buah-buahan online lho. Pisang Uli juga ada. Sangat memudahkan kita sekarang ini. Cek sekarang !

Selain pisang Raja, isian Nagasari dapat juga memakai pisang lain seperti pisang Kepok, pisang Tanduk dan pisang Uli. Kali ini saya pakai pisang Uli yang sudah matang. Tapi semua itu tergantung selera Anda. Pisang Uli menurut selera saya pas jika dijadikan isian kue Nagasari. Karena rasanya manis, legit dan lembut. Pisang tidak perlu dikukus atau direbut terlebih dahulu jika memakai pisang yang sudah matang buah.

pisang uli

Pemakaian Santan

Supaya menambah kesan tradisional, sebaiknya hindari pemakaian santan instan. Santan diperoleh dari perasan kelapa parut segar. Pakai 1 butir kelapa utuh untuk mendapatkan 1 liter santan cair. Memakai santan segar menambah citarasa kue Nagasari karena santan segar lebih gurih rasanya dibanding santan kemasan.

Jangan Lupa Tambahkan Daun Pandan Wangi

Pemakaian daun pandan akan menambah wangi adonan kue Nagasari. Wangi pada kue selain berasal dari daun pandan juga berasal dari daun pisang sebagai pembungkus. Perpaduan wangi antara daun pandan dan daun pisang membuat kue ini memiliki wangi yang khas dan ngangenin.

Baca juga : Cake Pisang Kurma – Kreasi Banana Cake

Mungkin bagi para perantauan di kota besar seperti Jakarta sudah jarang menemukan kue tradisional ini. Makanya bagi yang kangen dengan kue khas tradisional ini. Yuk, bikin aja sendiri di rumah. Gampang dan bisa nostalgia dengan kampung halaman terlebih di saat sekarang ini.

daun pandan untuk wangi nagasari yang khas
daun pandan untuk wangi nagasari yang khas

Resep Tradisional Kue Nagasari Lezat

Nagasari Pisang Uli

Nagasari Pisang Uli

Nagasari adalah kue basah tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan yang diisi pisang. Dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Rasanya gurih manis serta ada aroma wangi khas daun pandan dan daun pisang.

Recipe by Hani
5 from 1 vote
Course: Video Resep, Cake dan Kue, TradisionalCuisine: Indonesian, JavaneseDifficulty: Easy
Servings

20

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

40

minutes
Calories

150

kcal

Ingredients

  • 250 g tepung beras

  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa

  • 75 g gula pasir

  • 5 buah pisang uli

  • 1 sdt garam

  • 3 lembar daun pandan

  • daun pisang secukupnya untuk membungkus

Directions

  • Encerkan tepung beras dengan sebagian santan, aduk rata sampai tercampur rata dan homogenencerkan tepung beras
  • Tuang ke dalam panci sebagian santan yang lain, rebus di atas api sedang, masukkan gula pasir, garam dan daun pandanrebus santan nagasari
  • Masukkan tepung beras yang sudah diencerkan ke dalam pancituang adonan tepung beras
  • Aduk terus tidak boleh berhenti sampai mengental dan berbentuk buburadonan nagasari sudah matang
  • Diamkan hingga dingin
  • Kupas pisang uli, potong seukuran ruas jariiris pisang uli
  • Ambil seukuran sendok adonan nagasari, bentuk bulat di atas plastik, gepengkanbulatan nagasari
  • Masukkan pisang uli dan tutup kembali dengan adonan, bulatkanbulatan nagasari
  • Bungkus dengan daun pisang dengan melipat 2 kali
  • Kukus selama kurang lebih 30-40 menit atau sampai daun pisang berwarna kecoklatankukus nagasari awal
  • Angkat dan kue siap dihidangkannagasari matang

Recipe Video