Resep Brownies Shiny Crust yang Mengkilap dan Renyah

brownies shiny crust
brownies shiny crust

Membuat brownies shiny crust memang memiliki teknik tersendiri untuk menciptakan permukaan yang mengkilap, garing, dan renyah, sementara bagian bawahnya tetap lembut. Berbeda dengan variasi brownies lainnya yang cenderung lembek secara keseluruhan, brownies ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Salah satu kunci utama dalam menciptakan shiny crust pada brownies ini terletak pada proporsi gula yang cukup tinggi dalam resepnya. Jumlah gula yang lebih banyak akan mengalami proses karamelisasi saat dipanggang, menyebabkan permukaan atasnya menjadi mengkilap dan membentuk lapisan yang mudah kering serta retak ketika didinginkan.

Perbedaan pengolahan dari brownies biasa juga menjadi kunci utama. Proses pembuatan shiny crust ini memerlukan perhatian khusus terhadap teknik pencampuran dan pemanggangan agar menghasilkan tekstur dan permukaan yang diinginkan. Hal ini membantu mempertahankan kelembutan bagian bawah brownies sementara menghasilkan tekstur renyah dan mengkilap di bagian atasnya.

brownies shiny crust

Resep Brownies Shiny Crust yang Mengkilap dan Renyah

Recipe by Hani
Resep kue brownies ini akan menghadirkan kue panggang yang memiliki permukaan atas yang mengkilap dan renyah. Tekstur permukaan yang mengilap pada brownies ini memberikan kesan menarik dan memberikan sensasi kenikmatan saat pertama kali digigit. Dengan adonan yang dipanggang secara sempurna, bagian atas brownies akan memiliki lapisan renyah yang menjadi daya tarik utama, menciptakan kontras yang lezat dengan bagian dalamnya yang lembut dan beraroma cokelat yang khas.
Prep Time :30 minutes
Cook Time :40 minutes
Total Time :1 hour 10 minutes
Course :Cake dan Kue
Cuisine :Indonesian

Ingredients
  

  • 180 g dark chocolate batang
  • 100 g mentega
  • 2 butir telur
  • 130 g gula pasir
  • 110 g tepung terigu
  • 40 g cokelat bubuk

Instructions
 

  • Lelehkan dark cocholate, dan mentega, dengan cara di tim atau dengan memanaskannya di atas wadah berisi air panas
  • Kocok telur dan gula halus menggunakan whisk hingga gula larut sempurna, kondisi telur
  • Masukan lelehan coklat, aduk rata
  • Masukan tepung terigu dan coklat bubuk dengan cara diayak, aduk lagi hingga rata, adonan sangat kental dan berat. Pada tahap ini adonan terlihat mengkilat
  • Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 20×10 cm
  • Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, dengan api 150°c sampai matang

Video

Notes

u003cliu003eSaat melelehkan dark chocolate dan mentega, pastikan untuk melakukannya dengan cara yang lembut dan merata. Hindari memanaskan terlalu tinggi agar dark chocolate tidak menggumpal atau terbakar.u003c/liu003eu003cliu003eKocok telur dan gula hingga gula benar-benar larut dan adonan menjadi lebih ringan. Ini membantu menciptakan lapisan permukaan yang mengkilap saat dipanggang.u003c/liu003eu003cliu003eSaat menambahkan tepung terigu dan cokelat bubuk, saring terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada gumpalan. Aduk adonan hingga tepung tercampur rata tanpa terlalu banyak mengocok.u003c/liu003eu003cliu003ePastikan oven sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan. Panggang pada suhu yang tepat, dalam hal ini 150°C, hingga matang sempurna. Waktu pemanggangan bisa berbeda-beda tergantung pada oven, jadi pantau dengan cermat dan jangan terlalu lama memanggangnya.u003c/liu003eu003cliu003eGunakan loyang persegi atau persegi panjang dengan ukuran yang disarankan (20×10 cm). Ini membantu dalam mempertahankan ketebalan dan tekstur brownies yang diinginkan.u003c/liu003eu003cliu003eSetelah dipanggang, biarkan brownies dingin di dalam loyang selama beberapa saat sebelum dipotong. Hal ini membantu brownies tetap renyah di bagian atasnya dan memberikan kesempatan bagi permukaannya untuk mengkilap dengan baik.u003c/liu003e

Tips Supaya Jadi Brownies Shiny Crust

  1. Pastikan gulanya larut semua dalam adonan

Gula adalah bahan yang dibutuhkan cukup banyak untuk membuat brownies shiny crust ini. Langkah awal membuatnya yaitu dengan cara mengocok telur dan gula. Proses mengocok telur dan gula ini sangat mempengaruhi terbentuknya lapisan shiny crust.

Lapisan shiny crust ini ternyata adalah hasil karamelisasi adonan yang kaya kandungan gula yang terbentuk di permukaan kue akibat pemanasan pada suhu tinggi. Jadi, supaya proses karamelisasi dapat berjalan maka harus dipastikan gula tercampur rata selama mengocok dengan telur.

Supaya lebih mudah tercampur rata saat mengocok telur, sebaiknya memakai gula kastor yang memang memiliki butiran kecil dan halus. Jika tidak ada gula kastor dapat memakai gula pasir biasa.

Gula kastor berbeda dengan gula halus (icing sugar), serta tidak disarankan memakai gula halus. Gula kastor adalah gula yang dihaluskan hingga mencapai butiran yang sangat kecil sekitar setengah ukuran gula pasir pada umumnya. Sedangkan gula halus merupakan gula yang dihaluskan hingga berbentuk bubuk yang kemudian dicampur dengan tepung pati jagung atau tepung terigu.

  1. Pakai Trik Panggang brownies dalam dua kali proses dengan suhu berbeda

Untuk memunculkan lapisan shiny crust dilakukan dengan proses pemanggangan dengan suhu berbeda.

Panggangan pertama untuk memunculkan shiny crustnya, dilakukan dengan memanggang pada suhu tinggi kira-kira 200°C selama 20 menit menggunakan api atas bawah, taruh loyang brownies di rak atas supaya mudah terpapar panas

Panggangan kedua untuk mematangkan tekstur cake-nya, dilakukan dengan menurunkan suhu kira-kira 175°C dan pindahkan loyang ke rak bawah oven. Panggang lagi selama 15-20 menit (untuk tekstur brownies fudgy – lembut basah). atau bisa melebihi waktu panggang tersebut untuk tekstur lebih kering (cakey).

oven oxone
Oven Listrik OXONE

Tentunya proses memanggang tersebut menyesuaikan oven masing-masing. Tipa oven memiliki kualitas panas berbeda-beda. Paling enak memakai oven listrik yang bisa diatur panas atas bawah serta suhu dan waktu memanggang. Terdapat beberapa oven yang dapat menjadi pilihan seperti oven OXONE 18 Liter 4 in 1 Serbaguna

Hai, Saya Hani suka mengumpulkan resep masakan dari berbagai media sosial. Beberapa sudah saya coba di blog saya. Semoga dapat membantu bunda memasak