4 Resep Sayur Asem Sedap dan Lezat dari Berbagai Daerah

feat-4-resep-sayur-asem

4 resep sayur asem merupakan rekomendasi cara membuat sayur asem yang bercita rasa sedap dan lezat dari berbagai daerah di Indonesia. Karena beberapa daerah memiliki hidangan sayur khas setempat yang unik dengan bahan-bahan lokal.

Sajian sayur asem sendiri terbuat dari bahan asam jawa dan belimbing wuluh yang menjadi sumber rasa asam, jagung manis untuk memberikan rasa sedikit manis, kacang tanah, melinjo, dan berbagai sayuran segar lainnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai sayur asem. Karena cara pengolahannya yang mudah dan harga bahan-bahannya sangat terjangkau.

4 Resep Sayur Asem Sedap

Silahkan simak 4 resep sayur asem bercita rasa sedap berikut ini yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia:

1. Sayur Asem Betawi Pedas

Sayur Asem Betawi merupakan hidangan sayur asem khas Betawi yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dahulu di kawasan Betawi tumbuh subur tanaman labu siam dan pohon asem yang menjadi awal mula terciptanya hidangan Sayur Asem khas Betawi yang melegenda hingga saat ini.

Resep Brownies Amanda
Resep Brownies Amanda

Sayur Asem Betawi mempunyai jumlah topping yang cukup banyak, seperti kacang tanah yang masih berkulit sampai potongan jagung manis. Umumnya Sayur Asem Betawi dipadukan dengan jengkol bewe yang merupakan salah satu ciri khas dari kuliner Betawi.

2. Sayur Asem Jawa Timur

Sayur Asem Jawa Timur merupakan salah satu varian sayur asem yang berasal dari daerah Jawa Timur. Perbedaan antara Sayur Asem Jawa Timur dengan hidangan sayur asem dari daerah lain hanya dari segi komposisi bumbu serta bahan pelengkap saja. Salah satu bahan khas dari Sayur Asem Jawa Timur, yaitu timun krai dari Banyuwangi yang katanya hanya bisa Anda dapatkan saat bulan Ramadhan.

3. Sayur Asem Sunda Pedas Manis

Sayur Asem Sunda warna kuahnya tidak begitu keruh bila Anda bandingkan dengan hidangan Sayur Asem Betawi. Meskipun kedua hidangan tersebut menggunakan bahan rempah dan bumbu yang sebelumnya disangrai terlebih dahulu.

Isian sayuran pada resep Sayur Asem Sunda pedas manis tidak sebanyak bahan Sayur Asem Betawi. Selain itu, Sayur Asem Sunda menggunakan bahan kacang tanah yang kulitnya sudah dikupas.

4. Sayur Asem Melinjo Khas Medan

Sayur asem melinjo medan merupakan masakan berbahan sayur dengan kuah bercita rasa asam khas Medan, Indonesia. Selain itu, ada juga variasi lain dari sayur asem, misalnya sayur asam kangkung, sayur asam Jakarta, dan sayur asam ikan asin. Sayur asem dari Sumatera mempunyai kuah lebih keruh, berminyak, dan merah daripada sayur asem Betawi yang identik berkuah bening.

Tips Membuat Sayur Asem yang Enak

Agar sayur asem olahan Anda menjadi lebih enak dan segar, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan ketika mempraktikkan 4 resep Sayur Asem di atas. Simak beberapa tipsnya berikut ini:

1. Tambahkan Ikan Asin atau Daging

Demi memperkaya cita rasa dari kuah sayur asem olahan Anda, tambahkan kaldu dari ikan asin atau daging. Anda hanya perlu memasukkan potongan ikan asin atau daging ke dalam rebusan kuah ketika proses memasak sayur asem masih berlangsung.                    

2. Pakai Bumbu Halus dengan Jumlah yang Banyak  

Ketika membuat sayur asem, takaran bumbu perlu Anda perhatikan. Sebaiknya pakailah bumbu dalam jumlah yang banyak ketika mengolah sayur asem. Sebab, umumnya sayur asem menggunakan kuah dalam jumlah yang juga banyak. Supaya menghindari cita rasa hambar pada kuah sayur asem.                 

3. Rebus Setiap Bahan Sesuai Jenisnya

Pada saat mengaplikasikan resep Sayur Asem Jawa Timur, perhatikanlah setiap bahan yang nantinya Anda tambahkan dalam sayur asem. Masukkan sayur mulai dari yang memiliki tekstur paling keras serta memerlukan waktu yang lebih lama untuk matang, contohnya jagung manis.

Agar sayur dapat matang secara sempurna dan kuah sayur asem juga dapat dapat meresap ke dalam sayuran dengan sempurna. Sehingga, tidak ada tekstur sayur yang terlalu lembek atau terlalu matang. Sayur yang teksturnya masih keras saat sayuran lain telah matang juga bisa Anda cegah.  

4. Pakai Daun Salam dan Lengkuas

Ketika membuat sayur asem, Anda tentunya membutuhkan sejumlah bumbu khusus untuk memperkaya cita rasa. Misalnya bawang merah, kemiri, terasi, cabai, dan juga tomat. Jangan lupa juga menambahkan daun salam serta lengkuas untuk menghasilkan sajian sayur asem dengan aroma wangi yang menggugah selera.  

5. Tambahkan Tomat atau Belimbing Wuluh

Cita rasa asem dan segar pada hidangan sayur asem berasal dari bahan tomat atau belimbing wuluh. Oleh sebab itu, penting untuk Anda menambahkan potongan tomat atau belimbing wuluh ke dalam kuah sayur asem. Dijamin, kesegaran Sayur Asem Jawa Timur buatan Anda akan menyeruak dala setiap suapan.

6. Gunakan Bahan-bahan yang Masih Segar

Tingkat kesegaran setiap bahan sayur asem sangat berpengaruh terhadap cita rasanya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Supaya menghasilkan sajian sayur asem yang enak dan aman untuk Anda konsumsi. Karena, apabila Anda menggunakan bahan yang sudah tidak segar lagi, sayur asem Anda cenderung lebih cepat basi.

Rekomendasi Bumbu Sayur Asem Instan

Jika Anda ingin membuat 4 resep sayur asem dengan cara yang super praktis, Anda bisa menggunakan bumbu sayur asem instan merk Racik dari Indofood. Terbuat dari rempah lokal pilihan yang berkualitas dengan cita rasa yang cocok untuk lidah orang Indonesia.

Bumbu sayur instan ini berbentuk bubuk yang sangat praktis dan tersedia dalam kemasan ekonimis. Sehingga, cukup untuk sekali masak sayur asem untuk 3-4 porsi. Harga satu bungkus bumbu Racik sayur asem ukuran 33 gram hanya Rp 2.100,- saja.

Biasanya di pasaran ada penjual yang menawarkan paket lengkap sayur asem plus bumbu racik. Sehingga, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari bahan untuk membuat sayur asem secara satu per satu. Lebih praktis dan hemat tenaga juga.

Bumbu Racik Sayur Asem

Baik, itulah tadi rekomendasi 4 resep sayur asem khas nusantara dari berbaai daerah yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!