Resep Brownies Amanda Takaran Sendok, Simple dan Mudah Hanya 8 Bahan

Brownies Amanda Takaran sendok

Perlu Anda ketahui bahwa saya telah memperbarui artikel resep brownies amanda takaran sendok ini dengan resep terbaru brownies amanda kukus moist. Tetapi bagi Anda yang menginginkan resep brownies amanda takaran sendok dapat mengikuti resep di bawah ini.

Resep berikut ini adalah hasil percobaan pertama saya membuat kue brownies Amanda. Jangan lihat bentuknya ya bund, masih asal-jadi saja. Dengan peralatan dan dapur seadanya memberanikan posting video Youtube pertama kali. Walaupun bentuk ala kadarnya tapi rasanya tak kalah dengan brownies Amanda aslinya karena ini hasilnya beneran lumer dan nyoklat banget.

Sejarah Kue Brownies

Semula Brownies cokelat adalah kue panggang yang berasal dari Amerika Serikat pada akhir abad ke-19. Brownies populer di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20.

Sponsored Link body shop promo

Kue ini berawal dari seorang koki yang lupa memasukkan bahan kue pengembang atau baking powder dalam resep adonan kue bolu coklatnya. Alhasil setelah kue bolu tersebut dipanggang tidak mengembang seperti halnya kue-kue bolu yang biasa dia buat. Tekstur kue bolu coklat tidak seperti bolu pada umumnya, awalnya menginginkan kue bolu yang lembut berpori seperti busa tetapi hasil kue menjadi bantat dan agak keras.

outlet brownies amanda Dago, Bandung

Di Indonesia, brownies yang terkenal adalah Brownies Amanda yang merupakan oleh-oleh khas kota Bandung. Walaupun sekarang Anda tidak perlu ke Bandung lagi untuk mendapatkan brownies Amanda karena sudah banyak outlet brownies Amanda di berbagai kota.

Sekilas Brownies Amanda

Banyak orang yang tidak tahu kalau seseorang yang berada di balik layar sukses brownies ini ada nama ibu Sumi Wiludjeng yang merupakan pencipta resep dari kue yang awalnya bernama bolu cokelat ini.

Mengawali bisnis dari skala kecil mulai tahun 1999 kue bolu ibu Sumi Wikudjeng berjualan keliling ke rumah tetangga, kerabat dan langganan. kue bolu cokelat semakin terkenal dan akhirnya lahirlah nama Amanda. Amanda bukan nama anak perempuan melainkan adalah singkatan dari Anak Menantu Damai. Nama tersebut mencerminkan keharmonisan keluarga yang meliputi anak dan menantu dalam membangun usaha.

Seiring dengan berjalannya waktu dan berbekal pengalaman usaha, Brownies Amanda semakin populer dan kemudian berpaten / merk Brownies Amanda pada tahun 2004.

Dengan adanya hak paten brand Brownies Amanda, pasarannyapun semakin meluas pada tahun 2007 hingga pasar nasional mulai dari Surabaya, Yogyakarta dan Medan. Hingga kini brownies Amanda memiliki 100 outlet di seluruh Indonesia.

Resep di bawah ini adalah takaran sendok, tapi sebelum itu ada beberapa tips membuat kue brownies supaya lembut dan tidak terlalu bantat kuenya. Berikut adalah tipsnya.

Tips Agar Hasil dari Resep Brownies Amanda Takaran Sendok Empuk dan Tidak Bantat setelah Dikukus

klakat kukusan segitiga untuk mengukus dalam jumlah besar, dapat juga untuk dipakai dalam resep brownies amanda takaran sendok
klakat kukusan segitiga untuk mengukus dalam jumlah besar, dapat juga untuk dipakai dalam resep brownies amanda takaran sendok

1. Pilih kukusan

  • Sesuaikan dengan ukuran loyang, jika kukusan terlalu besar akan menyebabkan banyak uap air dan membuat kue jadi basah,
  • pilih kukusan dengan lubang yang sedang agar uap tidak keluar terlalu banyak dan membuat kue menjadi basah
  • piluh kukusan dengan penutup kaca / bentuk kerucut, supaya uap air tidak turun ke adonan brownies

2. Siapkan kukusan

Kukusan harus dipanaskan terlebih dahulu kurang lebih 10 menit sebelum digunakan, lapisi tutup kukusan dengan kain supaya air kukusan tidak jatuh ke adonan brownies. Gunakan kain katun yang lebih dapat menyerap uap air dan menghindari tetesan ke atas kue.

3. Atur suhu mengukus

Setelah air mendidih, kecilkan api dan pakai api sedang supaya brownies matang dengan merata, serta tidak bergelombang

4. Buka tutup kukusan apabila telah matang

Hati-hati ketika membuka tutup kukusan apabila brownies telah matang, karena pada tutup kukusan menempel banyak uap air, apabila menetes airnya makan akan membuat brownies basah dan rusak teksturnya. Trik nya adalah dengan membuka dan membalik tutup kukusan dengan cepat, sehingga air tidak sempat menetes.

5. Ketahanan Brownies Kukus

Kue brownies kukus ini tidak seperti kue panggang yang lain yang umumnya dapat bertahan lebih lama. Kue Brownies Amanda dalam resep ini bisa tahan sekitar 2-3 hari saja di suhu ruang. Apabila disimpan dalam kulkas dapat bertahan sampai 7 hari

Rekomendasi Bahan

  1. Coklat Batang Diamond
coklat batang Diamond

Saya suka dengan coklat compound dari Diamond ini karena rasanya tidak terlalu pahit dan manisnya pas. Selain itu, coklat compound ini tidak mudah meleleh apabila diletekkan di suhu ruangan.

Sponsored Link nastar-lembang

Coklat batang diamond sudah bersertifikasi halal dan merupakan produk dalam negeri. Coklat ini populer untuk membuat cake dan kue brownies

  1. Coklat Bubuk Bensdoorp
dutch processed cacao

Sangat cocok untuk bahan brownies, warnanya coklatnya sangat cantik, lebih coklat dari produk coklat bubuk lainnya. Tentunya apabila ditambahkan ke bahan brownies akan menjadikan brownies tampil menarik warnanya.

Coklat Bensdoorp ini adalah coklat impor, harganya lebih mahal dibandingkan dengan coklat bubuk merk lainnya. Rasanyapun jangan ditanya, pasti sedap.

  1. Susu Bubuk Manis Dancow

Susu bubuk Dancow andalan saya untuk bahan susu bubuk apabila ingin menambahkannya ke dalam adonan kue. Menurut saya Dancow ini sangat cocok gurihnya.

Resep Brownies Amanda Takaran Sendok 8 Bahan

4 from 198 votes
Recipe by Hani Course: Cake dan KueCuisine: IndonesiaDifficulty: Medium
Cook Mode

Keep the screen of your device on

Servings

16

servings
Prep time

20

minutes
Cooking time

30

minutes
Calories

300

kcal

Remake resep Brownies Amanda. Oleh-oleh khas Bandung yang melegenda. Bukan resep asli, tapi rasa tidak kalah dengan aslinya.

Ingredients

Directions

  • Campurkan coklat dan margarin, lelehkan dalam panci di atas api
  • Mixer telur, gula dan SP sampai mengembang dan putih pucat
  • Masukkan terigu, susu bubuk manis secara perlahan dan aduk hingga rata
  • Masukkan coklat yang sudah dicairkan dengan margarin ke dalam adonan, aduk kembali hingga rata
  • Sisihkan sedikit adonan sebagai lapisan tengah, tambahkan kembali minyak sayur dan susu kental manis / susu bubuk manis
  • Masukkan setengah adonan ke dalam loyang, kukus setengah matang selama 10 menit
  • Tambahkan adonan lapisan tengah di atasnya dan kukus selama 10 menit
  • Tambahkan adonan terakhir dan kukus sampai matang 10 menit
  • Cek apakah kue sudah matang dengan tusuk gigi. Apabila telah matang, tidak ada bagian adonan yang menempel pada tusuk gigi. Kue sudah matang dan siap dihidangkan

Recipe Video

Share to Instagram

Tag @resep.dapurkintamani on Instagram and hashtag it #dapurkintamani

Share to Facebook

Like us on Facebook