Kue Wingko Babat Panggang dengan Oven

resep wingko babat
resep wingko babat

Wingko Babat merupakan kue yang terbuat dari bahan parutan kelapa muda, gula pasir, tepung ketan putih, santan, daun pandan, telur ayam, dan bahan lainnya. Kue ini berbentuk pipih dan bundar berukuran sedang.

Anda bisa menemukan kue yang satu ini sebagai jajanan atau oleh-oleh khas Semarang. Umumnya ada di toko -toko kue, stasiun kereta apai, atau stasiun bus. Oleh-oleh khas Semarang ini ada yang dijual dalam kondisi hangat atau sudah berada dalam kemasan kertas.

Asal Usul Wingko Babat

Walaupun sangat terkenal di Semarang, ternyata daerah asal Wingko adalah di Lamongan, Jawa Timur. Pembuat pertama kue tradisional ini adalah Loe Lan Ing saat tahun 1951 di kecamatan Babat. Oleh sebab itu, namanya menjadi Wingko Babat.

Kue ini sangat berperan penting untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah Babat. Karena banyak perusahaan yang memproduksi Wingko menggunakan tenaga kerja dari warga setempat. Selain itu, bahan utama Wingko berupa kelapa juga berasal dari hasil kebun daerah lokal.

Kelapa

img-kelapa
Kelapa

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, salah satu bahan utama pembuatan Wingko Babat adalah kelapa, yaitu sebagai santan dan juga kelapa parut. Kelapa merupakan buah dengan kulit berserabut tebal yang bagian luarnya berwarna hijau atau cokelat saat sudah matang.

Daging kelapa berwarna putih bersih yang menempel dengan tempurung berwarna coklat. Di dalam daging kelapa terdapat air segar yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk membuat santan, Anda membutuhkan kelapa tua segar. Sedangkan untuk bahan kelapa parut sebaiknya menggunakan kelapa setengah tua.

Resep Brownies Amanda x
Resep Brownies Amanda

Tips Memilih Kelapa untuk Bahan Wingko Babat

Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih kelapa sebagai bahan utama pembuatan Wingko Babat:

1. Pilih Kelapa Setengah Tua untuk Kelapa Parut

Kulit ari kelapa setengah tua berwarna kecoklatan atau kuning dengan daging yang masih masih lentur. Sehingga, Anda lebih mudah ketika melakukan proses pemarutan kelapa untuk bahan membuat wingko. Rasanya sedikit manis dan gurih dengan tekstur yang mudah untuk Anda cerna dan lembut.      

2. Pilih Kelapa Tua untuk Santan

Kandungan santan pada kelapa tua adalah yang terbaik. Daging buahnya sudah sangat keras dengan kulit ari berwarna coklat. Kelapa tua juga mengandung banyak minyak, oleh sebab itu teksturnya lebih kental dan bercita rasa gurih.          

Tepung Ketan Putih

img tepung ketan putih
Tepung Ketan Putih

Selain kelapa, Anda juga membutuhkan tepung ketan putih untuk membuat Wingko Babat. Tepung ketan putih merupakan jenis tepung yang berasal dari proses penggilingan atau penumbukan beras ketan putih sampai benar-benar halus.

Kandungan pati pada tepung ini berfungsi sebagai perekat, sehingga teksturnya lebih kental ketika Anda larutkan. Oleh sebab itu, sangat cocok untuk bahan membuat Wingko, karena membuat teksturnya menjadi kenyal.    

Cara Memilih Tepung Ketan Putih

Ada beberapa cara untuk menemukan tepung ketan putih yang berkualitas baik seperti berikut ini:    

1. Pilih yang Berwarna Putih

Tepung ketan dengan warna putih menghasilkan aroma yang wangi dan aman dari bahan campuran. Selain itu, rasanya tidak manis atau asin, jadi cenderung normal.     

2. Perhatikan Butiran Tepung

Hindari tepung yang mempunyai banyak patahan untuk setiap butirannya. Sebaiknya Anda memilih tepung yang butirannya tidak rapuh dan terlihat sangat utuh.           

3. Pastikan Tidak Ada Benda Asing dan Tidak Beraroma Apek

Pilihlah tepung yang bersih dari kotoran, batu, kerikil, kutu beras, atau benda asing lainnya. Selain itu, cek juga aromanya. Jangan membeli tepung yang sudah beraroma apek, karena masa simpannya sudah terlalu lama.

4. Menghasilkan Aroma Pandan Sedikit Menyengat

Tepung ketan putih yang berkualitas baik menghasilkan aroma pandan, bila Anda menciumnya dari dekat. Saat Anda melarutkan tepung, aroma pandannya masih tetap melekat.

5. Tepung Tidak Kusam

Pastikan Anda memilih tepung berwarna putih pekat dan tidak tampak kusam. Karena, warna tepung menggambarkan warna dari beras ketas sebelum proses penggilingan.

Sekarang ini sajian Wingko sangat banyak varian rasanya. Jika dulu hanya ada rasa kelapa dan pandan, saat ini sudah tersedia Wingko rasa coklat, nangka, durian, dan berbagai rasa lainnya. Selain itu, Wingko Babat juga sudah tersedia dalam bentuk kotak, rolls atau gulung.

Resep Kue Wingko Babat Oven

Kue Wingko Babat Panggang

Kue Wingko Babat Panggang

5 from 1 vote
Recipe by dapurkintamani Course: Cake dan Kue, TradisionalCuisine: SemarangDifficulty: Mudah
Servings

16

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

50

minutes
Calories

450

kcal

kue wingko babat khas Semarang dipanggang dalam oven

Bahan-bahan

  • 250 g tepung ketan

  • 1 buah kelapa (diparut ± 400 g)

  • 1/2 sdt garam

  • 100 g gula pasir

  • 100 g margarin

  • 2 butir telur

Langkah

  • Siapkan wadah / mangkuk ukuran diameter ± 20 cm. Campurkan kelapa parut, gula pasir, garam dan tepung ketan, aduk uleni hingga tercampur rataresep wingko babat step 1
  • Campurkan telur, aduk kembali hingga rataresep wingko babat step 2
  • Masukkan mentega, aduk uleni hingga rata dan pastikan tidak ada gumpalan margarinresep wingko babat step 3
  • Siapkan loyang persegi ukuran 20×20 cm, masukkan adonan dan ratakan dalam loyangresep wingko babat step 4
  • Panggang dalam oven suhu 200°C selama 45 menit (sesuaikan oven masing-masing)resep wingko babat step 5
  • Keluarkan dari oven, tunggu dingin dan potong-potong sesuai seleraresep wingko babat step 6

Video Resep