Resep Cheesecake New York Classic dan Original

Resep Cheesecake classic panggang khas New York dengan teknik au bain marie
cheese cake new york classic panggang
cheese cake new york classic panggang

Resep Cheesecake New York ini adalah resep cheesecake classic. Cheese cake adalah hidangan penutup / dessert dengan rasa manis yang terdiri dari satu atau beberapa lapisan yaitu lapisan utama yang merupakan lapisan tebal yang terbuat dari adonan keju yang lembut, gula dan telur serta lapisan bawah dari remahan biskuit atau kue spons. Rasa manisnya berasal dari gula dan kadang ada perasa sesuai selera seperti rasa vanila, lemon, dan cokelat.

Orang Asia biasanya membuat dengan rasa matcha, lychee atau mangga. Cheesecake model Asia lebih ringan rasanya, tidak terlalu manis dan berongga teksturnya.

Proses pembuatan cheesecake classic sangat butuh keuletan dan kesabaran, Namun, jika Anda berhasil membuatnya, kemudian Anda bisa memodifikasi resepnya.

Proses Persiapan Membuat Cheesecake

Hal pertama kali yang dilakukan sebelum mulai membuat cheesecake New York adalah menyiapkan dan mengeluarkan bahan-bahan dasar yang utamanya adalah keju dan sejenisnya dari dalam kulkas beberapa jam sebelum diolah.

Resep Brownies Amanda
Resep Brownies Amanda

Pastikan semua bahan adonan cheesecake berada pada suhu ruang agar adonan tetap halus, rata, dan cepat tercampur. Mencampur bahan-bahan yang masih bersuhu dingin akan menghasilkan adonan cheesecake yang terlalu kental dan susah untuk tercampur rata.

Membuat Kulit Cheesecake

Adonan kerak yang terdiri dari remahan biskuit cracker (blender) kemudian kita tambahkan dengan lelehan butter, gula, dan garam. Taruh dalam loyang kemudian panggang selama 8 – 10 menit sampai kuning keemasan.

Memanggang Cheesecake

Cheesecake dipanggang dengan menggunakan teknik au bain marie. Prosesnya tidak serumit yang kita bayangkan. Yang Anda lakukan hanyalah menempatkan panci springform dalam panci pemanggang, mengisinya dengan air panas, dan memanggang.

Sebelum memangang adonan cheesecake dalam loyang yang dibawahnya diberi loyang berisi air dengan kedalam kurang lebih 2cm lapisi dulu loyang kue dengan aluminium foil supaya loyang kue tidak terendam. Cara memanggang seperti ini juga akan mencegah kue retak.

Tips lain ketika membuat cheesecake agar berhasil adalah jangan terlalu banyak mengaduk. Terlalu banyak mengaduk akan menyebabkan jumlah udara yang masuk dalam adonan terlalu banyak sehingga akan menyebabkan retak ketika dipanggang dalam oven. Terlalu lama memanggang dalam oven juga akan menyebabkan retak.

Seperti terlihat di bawah ini, loyang yang berisi adonan cheesecake ditempatkan di atas loyang yang lebih besar yang sudah terisi air.

teknik memanggang au bain marie dalam resep cheesecake new york
teknik memanggang au bain marie dalam resep cheesecake new york (source : MasakBarengStella)

Panggang kue kurang lebih 60 – 70 menit. Cek setelah memanggang kurang lebih 60 menit. Jangan terlalu lama memanggang karena akan menyebabkan kue juga menjadi retak. Setelah matang tetap biarkan kue berada dalam oven kurang lebih 1 jam sampai sama dengan suhu ruang.

Resep Cheesecake New York Classic dan Original
simple new york cheesecake

Resep Cheesecake New York Classic dan Original

4 from 97 votes
Recipe by dapurkintamani Course: Cake dan KueCuisine: AmericanDifficulty: Medium
Cook Mode

Keep the screen of your device on

Servings

16

servings
Prep time

40

minutes
Cooking time

1

hour 
Calories

350

kcal

Cheesecake panggang resep classic khas kota New York

Ingredients

Products Link

Directions

  • panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180˚C, dan siapkan loyang bulat bongkar pasang ukuran 16 cm lapisi sekeliling loyang dengan kertas panggang
  • ambil 1 sdm gula pasir dan biskuit, campur dan blender sampai teksturnya cukup halus seperti pasir. Atau dapat dilakukan secara manual dengan cara menggilingnya di dalam wadah plastik
  • tuangkan biskuit yang sudah dihancurkan ke dalam loyang, tekan hingga rata dan padat kemudian panggang selama 10 menit, setelah itu dinginkan
  • dalam wadah besar, campurkan cream cheese, garam dan gula pasir kocok sampai tercampur rata dan menyerupai busa padat
  • tambahkan heavy cream dan kocok lagi sampai tercampur
  • tambahkan sour cream, tepung terigu, garam dan vanila aduk sampai rata
  • tambahkan 4 butir satu persatu, mixer sampai tercampur rata, pastikan tidak terlalu lama mengocok. Adonan seharusnya menjadi halus dan lembut
  • tuangkan adonan cream cheese ke atas lapisan biskuit
  • bungkus loyang dengan aluminium foil dan tempatkan pada nampan berisi air mendidih setinggi 2 cm. panggang dalam oven selama 1 jam dengan suhu 180˚C. Setelah 1 jam matikan oven, diamkan cheese cake selama 1 jam tanpa membuka oven
  • keluarkan cheese cake simpan dalam kulkas semalaman
  • buka kertas pelapis loyang taburi dengan remahan biskuit halus yang sudah diayak, iris cheesecake dengan pisau hangat dan basah

Recipe Video

Notes

  • Loyang bulat diameter 18 cm

Share to Instagram

Tag @resep.dapurkintamani on Instagram and hashtag it #dapurkintamani

Share to Facebook

Like us on Facebook