Roti Maryam Berlapis, Tekstur Lembut, Gurih dan Enak

roti maryam lezat

Roti maryam atau roti canai merupakan olahan roti berbentuk pipih dengan budaya India, namun banyak terdapat di Indonesia. Selain di Indonesia, roti canai juga ada di negara Singapura, namanya adalah roti prata. Cara mengolah sajian ini adalah dengan memutarkan adonan, kemudian ditekan hingga pipih, selanjutnya dipanggang dengan sedikit minyak.

Cara menghidangkan roti maryam di Indonesia, yaitu dengan kuah kari daging domba, sapi, ayam, atau kambing. Selain dengan kuah, saat ini roti canai juga sering disajikan dengan topping seperti selai cokelat, keju, dan lain-lain. Cocok sebagai cemilan atau menu saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.

4 Tips Memilih Tepung Terigu Untuk Membuat Roti Maryam

Roti maryam terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, air, garam, gula, dan juga mentega. Untuk menghasilkan sajian roti canai yang enak, lembut, dan gurih, Anda harus menggunakan tepung terigu yang tepat. Berikut ini ada 4 tips dalam memilih tepung terigu.

1. Perhatikan kandungan protein dan gluten

Kandungan protein dan gluten sangat berpengaruh dalam proses pengembangan adonan. Jikan kandungan gluten tinggi, maka adonan akan lebih mengembang. Ada 3 jenis tepung terigu berdasarkan kandungan proteinnya, yaitu rendah, sedang, dan juga tinggi. Kandungan protein tersebut juga menentukan kadar glutennya.

2. Pilih tepung yang sesuai jenis roti

Jika Anda ingin mengolah roti canai, sebaiknya menggunakan tepung terigu yang mengandung protein sedang. Karena jenis tepung tersebut memberikan tekstur renyah dan keras pada roti. Tekstur tersebut cocok untuk olahan roti canai.

3. Kenali karakteristik tepung terigu

Ada 2 jenis tepung terigu berdasarkan asal olahannya, yaitu lokal dan impor. Tepung terigu lokal unggul dengan harga yang murah, tetapi kualitasnya cukup baik dan fresh. Sedangkan tepung terigu impor, mempunyai kandungan gluten yang cukup tinggi. Sehingga, bagi Anda yang masih pemula untuk membuat roti akan sangat dimudahkan.

4. Tepung terigu terbuat dari kulit gandum dan gandum utuh low sugar

Tepung terigu yang terbuat dari gandum memiliki kandungan gula yang rendah dan juga kaya akan serat. Sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Meskipun cara pengolahannya cenderung lebih sulit, namun kesehatan tubuh lebih penting bukan?

Roti Maryam Berlapis, Tekstur Lembut, Gurih dan Enak

Roti Maryam Berlapis, Tekstur Lembut, Gurih dan Enak

Resep Roti Maryam Berlapis, Tekstur Lembut, Gurih dan Enak

Recipe by AZA KITCHEN
4 from 1 vote
Course: SnacksCuisine: IndianDifficulty: Easy
Servings

15

servings
Prep time

10

minutes
Cooking time

1

hour 

30

minutes
Calories

300

kcal

Ingredients

  • 250 g tepung terigu

  • 1/2 sdt garam

  • 1 sdm gula pasir

  • 4-5 sdm butter atau margarin cair

  • 160 ml susu atau air

Directions

  • Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu, garam, dan gula.
  • Kemudian sambil diaduk-aduk, masukkan air sedikit demi sedikit.
  • Uleni dengan tangan, masukkan butter atau margarin cair ke dalam adonan.
  • Kembali uleni adonan sampai tercampur rata, kalis dan lembut.
  • Cek kelembutan adonan dengan menusukkan jari. Jika saat ditusuk terasa tidak keras dan padat, berarti adonan sudah pas. Kika masih terasa keras, bisa menambahkan sedikit susu atau air dan butter cair. Kemudian uleni kembali.
  • Bagi adonan menjadi beberapa bulatan-bulatan kecil.
  • Siapkan baking mate, keramik atau papan dan lumuri dengan minyak supaya tidak lengket.
  • Ambil 1 bulatan adonan dan pipihkan dengan roll.
  • Gulung adonan kecil-kecil dari atas ke bawah, kemudian gulung ke dalam. Kedua belah sisinya menyerupai angka 8. Kemudian lipat, tumpuk ke dalam dan tekan. Lumuri dengan minyak ( jika ingin diberi rasa, bisa ditaburi coklat meses atau selai sebelum di gulung )
  • Ambil adonan, pipihkan sedikit. Kemudian panggang diatas teflon yang telah di beri sedikit butter, bolak balik sampai kecoklatan.
  • Angkat dan sajikan bersama kuah kari atau topping.

Recipe Video