Resep Cheese Chiffon Cake Super Lembut dengan 10 Butir Telur ala Chef Devina Hermawan

Resep cheese chiffon cake ini saya dapatkan dari Youtube Channel Devina Hermawan. Kelihatannya resep inilah yang paling mirip dengan Pelangi Cheese Chiffon Cake Semarang yang terkenal itu walaupun bentuknya lebih kecil karena di resep ini Chef Devina Hermawan menggunakan loyang chiffon ukuran 10 cm sebanyak 8 buah, sedangkan untuk Cheese Chiffon Cake Pelangi ukuran kecil berdiameter 15 cm dan ukuran besar berdiameter 21 cm.

Pelangi cheese chiffon cake

Pelangi Cheese Chiffon Cake ini dapat Anda dapatkan langsung di Cafe Pelangi yang beralamat di Jalan Singosari Raya No 45 Semarang. Setiap harinya cafe yang buka mulai pukul 06.30 s.d. pukul 23.00 selalu ramai oleh pengunjung yang datang baik untuk sekedar hang out maupun untuk mencari oleh-oleh kue.

Pelangi cafe malam hari
Cafe Pelangi Semarang

Selain pelangi cheese cake, cafe ini juga memiliki menu andalan Ice Cream Chiffon Cake dan tersedia menu lain seperti kopi, nasi, galantin, spagheti atau bebek penyet Crispy Duck.

Gerai oleh-oleh Pelangi cafe
Gerai oleh-oleh menjual Pelangi Cheese Chiffon Cake

Bahan-bahan yang Menentukan

Bahan-bahan untuk membuat chiffon cake pada umumnya adalah telur, gula, tepung, baking powder, minyak dan perasa. Ciri khas dari bahan chiffon cake adalah penggunaan minyak nabati alih-alih lemak tradisional yang memadat pada suhu kamar, seperti mentega atau margarin.

Untuk mendapatkan chiffon cake yang halus, mengembang, dan tidak kempes sebaiknya gunakan tepung terigu protein rendah. Hindari penggunaan tepung serbaguna atau tepung terigu protein tinggi karena jenis tepung ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi (lebih banyak gluten) yang biasanya digunakan untuk membuat donat atau kue yang akan dihasilkan menjadi keras.

Metode Pembuatan Cheese Chiffon Cake

Kue sifon / chiffon cake populer dengan teksturnya yang lembut dan ringan. Teknik pembuatannya berbeda dengan kue bolu lainnya. Secara garis besar metode pembuatan chiffon cake terbagi menjadi dua adonan yaitu adonan dasar kuning telur dan adonan meringue. Adonan dasar kuning telur terdiri dari campuran kuning telur Dan bahan-bahan kering lainnya seperti tepung terigu protein rendah sedangkan adonan meringue terbuat dari campuran putih telur dan gula yang dikocok sampai kaku.

Tips Membuat Chiffon Cake yang Lembut dan Fluffy

Kue bertekstur ringan dan lembut ini cocok sekali menjadi pilihan dessert Anda. Dari sisi resep sebenarnya bahan dan langkah pembuatan kue chiffon cukup sederhana, hanya saja saat proses pembuatannya tak jarang kita mengalami kegagalan seperti permukaan kue tidak mulus, retak, dan justru kempes atau malah ketika dipanggang dalam oven mengembang mulus tetapi ketika dikeluarkan dari oven langsung bantat.

Supaya sukses dalam membuat cheese chiffon cake yang mulus sempurna dan lezat. Intip tips pembutan berikut ini :

1. Gunakan mixer dengan kecepatan rendah

Ketika membuat meringue jangan mengocok putih telur dengan kecepatan tinggi, karena hasilnya cenderung hard peak. Kondisi hard peak ini akan menghasilkan kue yang cenderung cekung atau tidak mulus rata. Misalnya jika mixer Anda memiliki 5 skala kecepatan, gunakan skala 3 atau 2 saja supaya hasilnya soft peak, sehingga ketika kue dipanggang hasilnya tidak cekung.

2. Masukkan gula bertahap sampai adonan soft peak

Pada umumnya gula tidak dicampur langsung semuanya dengan putih telur, melainkan bertahap supaya adonan tidak berat saat dikocok dan susah naik. Pertama putih telur dikocok hingga terbentuk gelembung besar selanjutnya tambahkan gula dalam 2 atau 3 tahapan, kemudian dikocok hingga soft peak.

Ciri kocokan sudah soft peak adalah ketika mixer diangkat kocokan tampak membentuk puncak yang terkulai dan tidak jatuh. Tahap ini adalah tahap paling penting dalam pembuatan chiffon cake, karena umumnya tahap ini adalah pemicu kegagalan yang paling utama (chiffon cake tidak dapat mempertahankan bentuknya ketika keluar oven). Jika kondisi kocokan belum soft peak, maka lanjutkan mengocok hingga mencapai kondisi tersebut. Berikut gambar tahapan proses membuat meringue

meringue process
Perbandingan tahapan meringue (image by Nielsen Messey)
3. Jangan Olesi Loyang dengan Apapun

Saat membuat aneka jenis kue, biasanya kita mengolesi loyang dengan minyak, mentegamargarin, taburan tepung, kertas baking, atau yang lain. Khusus chiffon cake jangan olesi loyang dengan apapun. Loyang yang tidak diolesi atau diberi apapun bertujuan untuk membuat adonan menempel sempurna pada sisi-sisi loyang saat dipanggang, sehingga kue tidak akan turun setelah matang.

4. Potong Keju Filling Berbentuk Dadu Ukuran Kecil

Supaya keju filling tidak tenggelam ke dasar kue ketika dipanggang, sebaiknya potong dadu keju filling ukuran kecil. Tuang adonan setengah loyang terlebih dahulu kemudian taburi dengan keju dadu, tutup kembali dengan adonan sampai ketinggian 70% – 80% tinggi loyang.

5. Jangan Panggang Pada Suhu Tinggi

Memanggang chiffon cake tidak sama seperti memanggang bolu atau butter cake yang membutuhkan suhu tinggi. Jika suhu terlalu panas, kue akan cepat naik, tapi kemudian permukaannya akan retak. Nah sebaliknya, kalau suhu agak direndahkan kue naik perlahan, tapi permukaannya halus mulus.

6. Gunakan Loyang Khusus Chiffon dan Balik Loyang Segera Setelah Keluar dari Oven

Loyang khusus chiffon dapat dibalik ketika dikeluarkan dari oven
Loyang khusus chiffon dapat dibalik ketika dikeluarkan dari oven

Setelah kue matang dan keluar dari oven, segera balik loyangnya. Biasanya loyang khusus untuk chiffon cake, sudah dilengkapi dengan 3 kaki untuk menyangga ketika dibalik. Jika tidak ada loyang chiffon, dapat menggunakan botol atau wadah tinggi lainnya yang ditaruh di tengah loyang (dalam posisi terbalik) sebagai penopang, sehingga permukaan kue tetap bersentuhan dengan udara. Tujuan membalikkan loyang dengan segera adalah untuk mencegah kue mengkerut, menyusut, dan kehilangan volumenya atau kempes.

Balik loyang chiffon
segera balik loyang chiffon

Resep Cheese Chiffon Cake Mini Super Lembut

5 from 2 votes
Recipe by Devina Hermawan Course: Cake dan KueCuisine: EropaDifficulty: Medium
Cook Mode

Keep the screen of your device on

Servings

8

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

40

minutes
Calories

300

kcal

Kue chiffonyang super lembut dengan taburan keju

Ingredients

Products Link

Directions

  • Untuk bahan A, campurkan kuning telur, kental manis, ekstrak vanila, minyak, susu dan air aduk dengan ballon whisk kemudian masukan gula pasir, aduk kembali
  • Masukan tepung terigu, baking powder dan garam yang telah disaring, aduk rata
  • Untuk bahan B, kocok putih telur, sedikit gula, dan cream of tar-tar dengan mixer, lalu masukkan kembali sisa gula pasir, mixer kembali hingga membentuk paruh burung
  • Masukkan sedikit putih telur kedalam kuning telur, aduk kemudian masukkan ke dalam adonan putih telur, aduk
  • Masukkan adonan ke dalam loyang, kemudian isi dengan keju, tuang kembali adonan hingga 70-80%
  • Tambahkan keju parut lalu panggang dengan suhu 155-160 derajat selama 35-40 menit
  • Keluarkan cake dari panggangan lalu balikan, diamkan hingga dingin kemudian keluarkan cake dari loyang
  • Chiffon keju siap disajikan

Recipe Video

Notes

  • Potong keju dengan bentuk kotak-kotak kecil agar mudah tercampur dengan adonan dan rasa tidak berlebihan
  • Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 150-160 derajat celcius
  • Vanila sesuaikan dengan merk masing-masing
  • Saring bahan kering untuk menghindari terjadinya gumpalan pada adonan
  • Baking powder berguna untuk membuat kue mengembang ke atas tanpa merusak tekstur permukaan kue
  • Saat mengocok putih telur masukkan gula bertahap. Bagi menjadi 2 sampai 3 tahap
  • Pastikan kecepatan mixer tetap stabil agar adonan tercampur dengan baik. Gunakan kecepatan sedang agar meringue lembut
  • Pastikan adonan tercampur dengan rata ke semua bagian agar mengembang sempurna
  • Jika menggunankan hand mixer pastikan pergerakan mixer stabil dan rata agar meringue mengembang rata
  • Kocok putih telur sampai soft peak. Jika dibalik tidak tumpah tetapi melengkung. Jangan sampai kaku supaya gelembung yang di hasilkan dalam kue merata dan stabil
  • Ketika mencampurkan adonan kuning telur dengan meringue, ambil terlebih dahulu bagian dari adonan meringue lalu campurkan dengan adonan kuning telur agar adonan meringue tidak kempes, kemudian campurkan semua adonan aduk balik hingga rata
  • Gunakan loyang khusus chiffon (bukan loyang non stick), jangan dioles, supaya kue menempel di loyang dan tidak kempes

Did you make this recipe?

Tag @resep.dapurkintamani on Instagram and hashtag it #dapurkintamani

Did you make this recipe?

Like us on Facebook