Resep dan Cara Buat Roti Pisang Paling Mudah, 100% Lembut Berhari-hari Tanpa Telur

Rahasia Kelezatan Tak Terkalahkan: Resep dan Cara Buat Roti Pisang Tanpa Telur yang Paling Mudah, Menggoda Selera, dan Tetap Lembut Berhari-hari!

resep cara buat roti pisang
resep cara buat roti pisang

Resep dan cara buat roti pisang ini bisa dibilang paling mudah dan paling irit bahan. Selain bahan-bahan yang digunakan sedikit macamnya juga cara buat roti pisang ini tidak memerlukan langkah yang berbelit-belit.
Selain isian buah pisang biasanya roti juga diisi dengan coklat dan diberi topping taburan coklat meises atau parutan keju. Di resep roti pisang ini kita memakai taburan wijen, yang tentu akan menambah sedap dan cantik penampilannya. Ciri khas lain roti pisang ini adalah permukaannya yang mulus berwarna kuning kecoklatan.

Mengaduk Adonan Roti Pisang

Penting untuk dicatat, bahwa proses menguleni adonan ini akan maksimal jika menggunakan mesin yang berkekuatan besar. Namun, dapat juga memakai tangan atau mixer biasa, hasilnya kurang maksimal. Oleh karena itu, kita akan memakai standing mixer dari Mito MX-700 yang super canggih dengan fitur-fitur antara lain :

Standing Mixer Mito

  • Heavy Duty Extra large capacity
  • 7.0 L Capacity mixing bowl
  • Metal Gear
  • Powerful motors
  • Stainless steel bowl
  • Thermostat Overheat Protection
  • Tersedia 3 pilihan kocokan (dough,beater,whisk)

Cara Buat Roti Pisang

Cara buat roti pisang ini cukup mudah karena bahan-bahannya juga tidak terlalu banyak macamnya. Yang penting adalah bagian-bagian pada proses cara buat roti pisangnya jangan sampai terlewat atau salah langkah. Pada bagian cara buat roti pisang sudah ditandai dengan mana bagian pentingnya. Jadi harap diperhatikan betul.

Kita akan mulai cara buat roti pisang ini dengan menyiapkan mixer bowl dan memasukkan tepung terigu protein tinggi, gula pasir, ragi instan, susu cair dingin. Kita memakai susu cair dingin karena kita mengaduknya menggunakan mixer

Setelah bahan masuk semua, mixer adonan sampai setengah kalis dengan mata pisau adonan untuk roti. Gunakan kecepatan mixer nomor 3. Setelah kurang lebih 3 menit adonan menjadi setengah kalis kemudian masukkan garam dan margarin. Lanjut mixer dengan kecepatan nomor 3 sampai adonan kalis elastis kurang lebih selama 15 menit. (bagian penting 1)

Setelah adonan kalis lakukan test dengan mengambil sedikit adonan kemudian lebarkan adonan, jika adonan tidak sobek dan sudah agak transparan maka sudah cukup mengaduknya. Terlihat adonan sangat lembut.

Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah, istirahatkan selama 45 menit.

Sambil menunggu adonan istirahat, kita dapat menyiapkan buah pisang. Pisang yang dipakai pisang Barangan matang.

pisang barangan cocok untuk isian dalam resep cara buat roti pisang
pisang barangan cocok untuk isian dalam resep roti pisang

Kita akan memasak pisang terlebih dahulu di atas wajan. Panaskan margarin terlebih dahulu kemudian masukkan pisang secukupnya. Masak pisang sampai kuning kecoklatan. Balik pisang sampai matang. Ulangi seluruhnya hingga semua pisang matang digoreng.

Lihat adonan yang diistirahatkan, seharusnya sudah mengembang dua kali lipat. Kempeskan adonan dan bulatkan kembali. Bagi adonan menjadi 15 buah atau sesuai selera. Bulatkan masing-masing adonan kembali hingga bentuknya mulus.

Setelah adonan dibulatkan semua, kita siap untuk memberi isian. Mulai dengan bulatan adonan yang pertama kali dibulatkan. Sisanya kita tutup dengan kain basah. Ambil satu bulatan adonan pipihkan dengan menggunakan rolling pin. Gilas sampai pipih dengan lebar seukuran pisang.

Letakkan pisang yang sudah dimasak di atasnya. Jika pisang terlalu panjang dapat dipotong ujung pisangnya. Tambahkan juga coklat batang di samping pisang. Coklat batang dapat diganti dengan meises atau selai coklat. Tutup pinggirannya, pastikan meises atau selai coklatnya terbungkus rapi oleh adonan roti supaya tidak bocor saat dipanggang. (bagian penting 2).

Beri guratan pada ujung sisa adonan, lalu gulung adonan, rapikan ujungnya. Selagi membentuk dan membungkus adonan roti, oven bisa dipanaskan terlebih dahulu pada 180°C.

guratan pada cara buat roti pisang
guratan pada cara buat roti pisang

Setelah terbungkus rapi, letakkan dalam loyang atau kertas baking yang telah dioles dengan margarin. Olesi dengan susu. Panggang dalam oven suhu 180°C selama 20 menit. Setelah 20 menit permukaan roti menjadi coklat keemasan. Olesi dengan margarin supaya roti tetap lembut dan tidak kering. (bagian penting 3).

Untuk sisa adonan roti nya dapat ditaburi dengan wijen (sesuai selera). Jadi kita akan membuat 2 macam roti pisang yaitu roti pisang polosan dan roti pisang dengan taburan wijen.

terlihat struktur serat pada hasil resep cara buat roti pisang yang lembut walaupun tanpa telur
terlihat struktur serat pada hasil resep cara buat roti pisang yang lembut walaupun tanpa telur

Roti pisangnya lembut sekali, coklatnya lumer, serat-seratnya halus, kalau ditekan akan kembali ke bentuk semula. Wangi pisangnya juga terasa. Matangnya merata luar dan dalam, bagian bawahnya juga tidak lengket / gosong. Untuk bahan dan resep cara buat roti pisang coklat lengkap dapat dilihat pada bagian berikut. Selamat mencoba!

resep cara buat roti pisang

Resep Roti Pisang Mudah, Lembut Berhari-hari Tanpa Telur

Recipe by Hani
Resep dan cara buat roti pisang ini bisa dibilang paling mudah dan paling irit bahan. Selain bahan-bahan yang digunakan sedikit macamnya juga cara buat roti pisang ini tidak memerlukan langkah yang berbelit-belit.
Prep Time :30 minutes
Cook Time :40 minutes
Total Time :1 hour 10 minutes
Course :Pastry
Cuisine :Indonesian

Ingredients
  

Bahan:
  • 480 g tepung terigu protein tinggi (Bogasari Cakra Kembar)
  • 60 g gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
  • 300 ml susu cair
  • 1/2 sdt garam
  • 60 g margarin
Bahan Isian;
  • 15 pcs buah pisang
  • coklat batang / meises secukupnya
Bahan pelengkap:
  • susu cair secukupnya (untuk olesan)
  • wijen hitam (opsional)

Instructions
 

  • Siapkan wadah masukkan tepung terigu protein tinggi, gula pasir, ragi instan, susu cair dingin.
  • Mixer adonan sampai setengah kalis dengan mata pisau adonan untuk roti. Gunakan speed nomor 3
  • Setelah adonan setengah kalis tambahkan garam dan margarin, lanjut mixer sampai adonan kalis elastis 15 menit
  • Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah, istirahatkan selama 45 menit.
  • Siapkan bahan pisang, masak di atas wajan dengan margarin, bolak balik sampai matang
  • Kempeskan adonan, bagi adonan menjadi 15 buah (selera). Bulatkan lagi
  • Pipihkan adonan dengan rolling pin, beri isian pisang dan coklat, tutup pinggir adonan sampai rapat
  • Beri guratan pada ujung adonan kemudian gulung roti
  • Olesi bagian atas dengan susu cair (atau bisa beri taburan wijen sesuai selera)
  • Panggang pada suhu 180°C selama 20 menit
  • Olesi bagian atas roti dengan margarin sesaat setelah matang
  • Sajikan

Video

Notes

Menggunakan pisang Barangan matang berkualitas akan memberikan kelembutan dan rasa manis alami pada roti. Pastikan tepung terigu yang digunakan memiliki protein tinggi untuk hasil roti yang elastis dan lembut. Goreng pisang terlebih dahulu hingga berwarna kuning kecoklatan untuk menambah aroma dan rasa manis pada isian roti. Pastikan adonan tercampur rata dan kalis elastis untuk tekstur roti yang lembut dan mengembang sempurna. Biarkan adonan mengembang dua kali lipat selama waktu fermentasi agar roti menjadi lebih lembut dan berpori. Jika menambahkan coklat batang atau meises, pastikan mereka terbungkus sempurna dalam adonan untuk menghindari coklat keluar saat dipanggang. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang dan pastikan suhu dan waktu pemanggangan sesuai untuk hasil yang optimal. Kerjakan adonan dengan lembut saat membentuk roti untuk mempertahankan struktur serat yang halus. Olesi permukaan roti dengan margarin setelah dipanggang untuk menjaga kelembutannya, dan simpan roti dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembutan dan kelembaban roti.

Apakah bisa menggunakan pisang jenis lain selain pisang Barangan?

Ya, Anda bisa menggunakan jenis pisang lain yang manis dan matang, tetapi pisang Barangan biasanya memberikan rasa dan tekstur yang terbaik untuk resep ini.

Bisakah saya mengganti susu cair dengan susu bubuk?

Lebih disarankan menggunakan susu cair untuk hasil yang lebih lembut. Jika menggunakan susu bubuk, encerkan terlebih dahulu sesuai petunjuk pada kemasan.

Apakah saya bisa membuat adonan tanpa mixer?

Ya, Anda bisa menguleni adonan dengan tangan, namun mungkin akan memerlukan usaha dan waktu lebih lama untuk mencapai tekstur yang diinginkan.

Bagaimana cara menyimpan roti pisang agar tetap lembut?

Simpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan atau di dalam kulkas. Panaskan sebentar di microwave sebelum disajikan jika ingin roti kembali lembut.

Bisakah saya menambahkan bahan lain selain coklat dan wijen?

Tentu, Anda dapat bereksperimen dengan menambahkan kacang, keju, atau isian lainnya sesuai selera Anda.
Hai, Saya Hani suka mengumpulkan resep masakan dari berbagai media sosial. Beberapa sudah saya coba di blog saya. Semoga dapat membantu bunda memasak