4 Resep Opor Ayam Sederhana dan Lezat untuk Lebaran

feat-4-resep-opor-ayam

Resep Opor Ayam Sederhana berikut ini sangat cocok untuk Anda hidangkan pada hari lebaran karena menu ini cukup umum dan sudah bersahabat dengan lidah orang Indonesia. Tetapi, resep Opor Ayam berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Sehingga menciptakan cita rasa lokal yang unik dan beragam.

Menurut sejarah, opor merupakan hasil percampuran budaya India dan Arab. Karena India identik dengan bumbu kari, sedangkan Arab identik dengan sajian gulai. Maka opor adalah gabungan keduanya dengan tambahan rempah-rempah asli Indonesia. Menu Opor Ayam Kuning pertama kali terkenal pada daerah yang pertama kali mengenal agama Islam.

4 Resep Opor Ayam Sederhana

Berikut ini ada rekomendasi 4 resep Opor Ayam Sederhana yang bisa melengkapi momen indah Anda ketika lebaran:

Sponsored Link body shop promo

1. Opor Ayam Kuning Jawa

Resep Opor Ayam Sederhana Kuah Kuning merupakan cara pengolahan ayam rebus dengan kuah santan kental khas Jawa Tengah. Bumbu kuning pada resep Opor Ayam Sederhana Jawa terbuat dari kencur, sereh, santan kara, dan lain-lain. Sebagian besar orang mengaplikasikan resep Opor Ayam Kuning Jawa sederhana yang enak  pada momen spesial, seperti lebaran.

2. Opor Ayam Kuning Sunda

Resep Opor Ayam Kuning khas Sunda merupakan salah satu varian opor ayam nusantara yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Cita rasanya tidak jauh berbeda dengan sajian Opor Ayam khas Jawa. Perbedaannya terletak pada jinten, karena resep opor ayam kuah bumbu kuning santan kara spesial lebaran khas Sunda tidak menggunakan rempah tersebut.

3. Opor Ayam Padang Kuah Putih

Resep Opor Ayam Padang berkuah putih adalah salah satu sajian kuliner nusantara khas Sumatera Barat yang umum Anda temukan ketika momen lebaran. Terbuat dari santan, potongan daging ayam, jintan, serta bumbu-bumbu rempah lainnya. Harga bahan-bahan pada resep gulai Opor Ayam Padang sangatlah ekonomis dan mudah untuk Anda temukan di pasar.

4. Opor Ayam Palembang

Resep Opor Ayam Palembang cukup unik dari resep opor dari daerah lain. Karena menambahkan potongan buah nanas sebagai pelengkap sajian. Sehingga menghasilkan cita rasa asam dan manis alami dari buah nanas matang dan segar. Penambahan potongan nanas pasti akan membuat sajian opor ayam Anda terasa lebih menarik dengan cita rasa yang unik.

Tips Membuat Opor Ayam Lebaran yang Lezat

Jika Anda menginginkan 4 resep Opor Ayam Sederhana yang enak dan anti gagal. Sebaiknya perhatikan tips-tips berikut ini:              

1. Pilihan Ayam

Anda dapat menggunakan ayam jantan, ayam kampung, atau ayam negeri sebagai bahan pada sajian opor ayam. Pastikan Anda memilih ayam segar dengan berat 800 g – 1 kg, kalau bisa gunakan ayam yang baru saja dipotong.

Bersihkan ayam dari bulu halus, buang lemak tebalnya, dan buang pantat ayam. Potong ayam utuh menjadi sekitar 8-12 bagian. Cuci kembali ayam hingga bersih dan tiriskan sampai benar-benar kering. Anda dapat melumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis, kemudian remas-remas dan diamkan beberapa saat untuk aroma yang lebih segar. Apabila menginginkan tekstur kering dan renyah pada daging ayam, Anda dapat memanggangnya sebentar menggunakan oven atau di atas bara api.              

2. Bumbu  

Haluskan bahan-bahan bumbu menggunakan food processor atau ulekan sendiri di rumah untuk hasil sajian 4 resep opor ayam yang enak. Apabila ingin menggunakan bumbu giling segar siap pakai yang Anda beli di pasar, maka tambahkan sedikit garam saja. Tumis bumbu sampai bergumpal kecil dan harum. Kemudian tambahkan rempah daun lainnya dan tumis kembali sampai harum.            

3. Santan

Jika Anda memilih menggunakan santan kemasan, memang terkesan praktis, namun rasa segarnya tidak begitu kuat. Sebab santan instan mengandung esens aroma kelapa dan tambahan bahan pengental. Walaupun sedikit merepotkan, lebih baik menggunakan santan kelapa segar dari parutan kelapa segar. Anda bisa memerasnya sendiri di rumah menggunakan air yang bersih.             

4. Rebus Bumbu dan Ayam

Durasi memasak opor ayam tergantung dari jenis ayam yang Anda gunakan. Ayam negeri dan ayam jantan memiliki durasi memasak yang tidak jauh berbeda. Sedangkan ayam kampung memiliki tekstur daging yang lebih liat, sehingga harus Anda masak lebih lama.

Rebus bumbu halus, ayam, dan juga santan encer sampai bumbu meresap dan ayam empuk. Pada tahap akhir Anda tambahkan santan kental, kemudian terus aduk sampai mendidih. Pakai api kecil sampai kuah sedikit mengental dan bumbu meresap sempurna pada ayam.

Opor ayam menggunakan santan, sehingga cepat sekali basi. Jika Anda membuat dalam jumlah banyak, jangan lupa untuk memanaskan ulang opor ayam sampai mendidih saat opor mulai dingin dan sebelum mengonsumsinya.

Sponsored Link nastar-lembang

Rekomendasi Bumbu Opor Ayam Instan

Bagi Anda yang tidak mau repot meracik bumbu halus yang tertera di 4 resep Opor Ayam. Anda bisa menggunakan bumbu opor ayam instan berkualitas terbaik yang terbuat dari bahan-bahan rempah pilihan dan asli Indonesia.

Produk bumbu Opor Ayam Instan umumnya tersedia dalam bentuk pasta atau bubuk. Packagingnya ada yang berupa sachet atau botolan untuk masa simpan lebih lama dan penggunaan lebih banyak.

Simak beberapa merek bumbu Opor Ayam instan terbaik berikut ini:

  1. Bumbu Opor Ayam Kuning – Cap Ibu
  2. Nafisa Bumbu Instan Opor – Dua Putri Jogja
  3. Sajiku Bumbu Opor Jawa Tengah – Ajinomoto Indonesia
  4. MamaSuka Bumbu Opor Putih – Jico Agung
  5. Bamboe Opor Putih – Bamboe Indonesia

Baik, itulah tadi 4 resep Opor Ayam dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa langsung Anda coba di rumah. Sajikan menu lebaran berbeda dengan sajian Opor Ayam sederhana yang lezat. Selamat mencoba!