Tumis Brokoli Udang Ala Restoran Chinese

Tumis Brokoli Udang

Tumis brokoli udang merupakan olahan sayur brokoli dan juga udang dengan cara menumisnya bersama bumbu-bumbu dapur. Rasanya manis, asin, gurih, dan juga lezat. Cocok untuk pelengkap sajian nasi putih hangat Anda di rumah. Dan juga sebagai sajian ketika musim pancaroba.

Brokoli merupakan suatu tanaman sayuran dan termasuk ke dalam suku Brassicaceae atau kubis-kubisan. Sayuran ini sudah ada dari zaman Yunani Kuno yang berasal dari wilayah Laut Tengah. Sedangkan di Indonesia, sayuran ini mulai masuk pada tahun 1970 dan menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup populer untuk bahan masakan.

Untuk dapat mengonsumsi sayur brokoli, Anda bisa memakannya dalam keadaan mentah. Bisa juga dengan cara mengukus, merebus, atau menumisnya bersama bahan makanan lain. Contohnya, seperti sajian tumis brokoli udang. Tetapi, cara mengolah brokoli yang terbaik adalah dengan cara mengukusnya. Agar kandungan nutrisi dan vitamin pada brokoli tetap terjaga dan bermanfaat untuk tubuh.

3 Manfaat Brokoli Sebagai Bahan Utama Sajian Tumis Brokoli Udang

brokoli

Selain menjadi sajian yang sangat enak untuk dikonsumsi, brokoli ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari 3 manfaat brokoli sebagai bahan utama sajian tumis brokoli udang!

  1. Kulit lebih sehat

Kandungan vitamin yang cukup banyak pada brokoli sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan yang mampu melawan kerusakan pada sel-sel kulit Anda. Akibat dari paparan sinar matahari atau polusi udara pada ruangan terbuka.

2. Menjaga kesehatan jantung

Pada sayur brokoli terdapat senyawa bernama Sulforaphane. Senyawa tersebut memiliki sifat antiperadangan yang dapat memperbaiki dan juga mencegah kerusakan pada pembuluh darah. Fungsi lainnya adalah untuk mengatur tekanan darah dan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh Anda. Sehingga, aliran darah dalam tubuh semakin lancar dan jantung dapat bekerja baik untuk memompa darah.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi pada brokoli dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda pada musim pancaroba. Agar tubuh Anda tidak mudah terserang virus penyakit yang akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Tumis Brokoli Udang Ala Restoran Chinese

Tumis Brokoli Udang Ala Restoran Chinese

Resep Tumis Brokoli Udang Ala Restoran Chinese

Recipe by Mrs. Culinary
5 from 1 vote
Course: Lunch, DinnerCuisine: ChineseDifficulty: Easy
Servings

4

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

40

minutes
Calories

300

kcal

Ingredients

  • 2 bonggol brokoli hijau, potong-potong

  • 200 g udang, bersihkan, buang kepala dan sebagian kulitnya

  • 3 siung bawang putih, cincang

  • 2 sdm saus tiram

  • 1 sdm kecap ikan

  • 1 sdm soy sauce

  • 1/2 sdm lada putih bubuk

  • 2 sdm madu

  • 3 sdm angciu

Directions

  • Di dalam air yang sudah mendidih, masukan 2 sdt garam.
  • Setelah airnya mendidih, saring brokolinya dan buang air didihannya, setelah itu langsung bilas brokoli dengan air dingin. Kemudian rendam brokolinya dengan air es.
  • Untuk sausnya, di dalam mangkok, campurkan saus tiram, kecap ikan, soy sauce, lada putih bubuk, dan madu. Aduk rata.
  • Di dalam panci yang panas, masukan 1 sdm minyak, kemudian tumis bawang putihnya hingga harum, lalu masukan udangnya dan masak hingga berubah berwarna pink..
  • Masukan brokolinya, dan tambahkan 3 sdm angciu, lalu masukan saus yang sudah dibuat tadi. Tumis sebentar, lalu masukan air maizena untuk mengentalkan makanan. Ini adalah campuran 2 sdm tepung maizena dengan 5 sdm air.
  • Lalu masak hingga sausnya mengental. Jika kuahnya sudah mengental, matikan api dan sajikan.

Recipe Video