Resep Sop Bakso Sosis Kuah Hangat dan Segar dengan 3 Jenis Bakso

Sop bakso merupakan olahan makanan berkuah atau sop yang terbuat dari bakso dengan cara merebusnya bersama bahan-bahan lainnya. Umumnya sajian ini tersaji dengan kuah yang bening dengan tambahan beragam sayuran, sosis, mie, pangsit, dan lain-lain. Rasa kuahnya berkhasiat untuk membuat badan hangat dan juga segar. Sajian sop bakso sangat cocok disajikan siang hari maupun sebagai menu sahur / buka puasa

Bakso yang menjadi bahan dasar pembuatan sajian sop bakso ini memiliki jenis yang beragam, mulai dari bakso sapi, ikan, dan ayam. Anda dapat menggunakan bakso yang sesuai dengan selera Anda bersama keluarga. Sedangkan jenis sayuran yang biasanya ditambahkan untuk sajian ini, seperti brokoli, kentang, wortel, buncis, kembang kol, dan lain-lain.

4 Khasiat Sajian Sop Bakso Untuk Kesehatan

Selain untuk menghangatkan badan dalam cuaca yang dingin, ternyata sop bakso juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan. Berikut adalah uraian singkat dari 4 manfaat sajian tersebut:

1. Memenuhi kebutuhan harian cairan tubuh

Karena sekitar 70 hingga 80 persen sop terbuat dari air, maka dengan mengonsumsi sajian sop akan memenuhi kebutuhan harian cairan tubuh Anda. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sop pada siang hari, agar dapat mengganti cairan tubuh Anda yang hilang setelah melakukan aktivitas harian.

2. Mengenyangkan tapi rendah lemak

Cara pengolahan sop adalah dengan cara merebusnya dan menggunakan sejumlah sayuran yang kaya akan serat. Penggunaan minyak goreng pada sop pun cenderung sedikit. Hal ini yang membuat sajian ini mengenyangkan tetapi rendah lemak. Asalkan penggunaan baksonya tidak terlalu banyak atau Anda dapat menggunakan bakso ikan.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Sayuran yang terdapat pada sop mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi sop dalam porsi yang seimbang, Anda akan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.

4. Mengandung nutrisi dan gizi yang tinggi

Bahan-bahan pembuatan sop seperti sayuran dan juga bakso, mengandung nutrisi dan gizi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dengan menyantap satu porsi sop setara dengan satu porsi makanan berat yang dapat memberikan cukup energi untuk Anda beraktivitas.

Resep Sop Bakso Sosis Kuah Hangat dan Segar

4 from 194 votes
Recipe by Selera Dapur Kita Course: Breakfast, Lunch, DinnerCuisine: IndonesiaDifficulty: Easy
Cook Mode

Keep the screen of your device on

Servings

4

servings
Prep time

20

minutes
Cooking time

30

minutes
Calories

300

kcal
Total time

50

minutes

Resep Sop Bakso Sosis Kuah Hangat dan Segar

Ingredients

  • 2 buah wortel, potong-potong

  • 10 buah buncis, potong-potong

  • 1 buah kentang, potong dadu

  • 1 buah bunga kol ukuran sedang

  • 10 buah bakso sapi, iris

  • 5 buah sosis sapi, iris

  • 3 siung bawang putih, geprek

  • 1/2 buah tomat, iris

  • gula, garam, dan kaldu jamur secukupnya

  • 1/2 sdt merica bubuk

  • 1 liter air

  • daun bawang atau seledri secukupnya, iris

  • bawang goreng secukupnya

Directions

  • Didihkan air. Masukan bawang putih, geprek. Kemudian masukkan irisan tomat.
  • Masukan wortel dan kentang, masak hingga setengah matang.
  • Tambahkan gula, garam, kaldu, dan merica bubuk. Koreksi rasa.
  • Masukan bunga kol. Masak hingga matang.
  • Masukan buncis dan bakso sapi.
  • Terakhir masukan sosis dan irisan daun bawang atau seledri. Aduk sebentar.
  • Matikan api. Angkat dan sajikan sop bakso sosis dengan taburan bawang goreng.

Recipe Video

Share to Instagram

Tag @resep.dapurkintamani on Instagram and hashtag it #dapurkintamani

Share to Facebook

Like us on Facebook

Rekomendasi Produk Aneka Macam Bakso Berkualitas

Ada banyak jenis daging yang bisa dijadikan bahan baku olahan bakso. Namun, setidaknya tiga jenis berikut paling banyak digunakan dan diedarkan oleh produsen di Indonesia. Jadi, sebaiknya pertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  1. Bakso Daging Sapi, rasanya lebih mantap

Daging sapi adalah jenis daging yang paling banyak diolah menjadi bakso. Daging sapi dipilih karena teksturnya yang sempurna dan rasanya mantap. Bakso sapi juga memiliki tekstur yang beragam yaitu bakso sapi polos dan bakso urat. 

Daging sapi memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk menambah massa otot. Protein juga bermanfaat untuk melancarkan metabolisme serta memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun, daging sapi memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yakni berkisar 200 kkal per 100 g.

  1. Bakso Daging Ayam, teksturnya lebih lembut

Daging ayam adalah jenis daging lain yang juga lazim diolah menjadi bakso. Selain harganya lebih terjangkau, daging ayam juga lebih lembut saat dibuat bakso. Daging ini juga mudah didapat serta relatif lebih aman dimakan oleh siapa saja. 

Daging ayam juga merupakan sumber protein yang baik dan memiliki kalori lebih sedikit dibandingkan daging sapi. Jika Anda sedang menghindari daging sapi dan alergi dengan seafood, jenis daging ini adalah pilihan tepat.

  1. Bakso Ikan, Variasi ikan banyak

Ikan juga menjadi bahan baku pembuatan bakso yang makin populer. Tidak sedikit orang yang menjadikan bakso jenis ini sebagai makanan favorit. 

Jika dibandingkan dengan dua jenis daging sebelumnya, bakso ikan lebih banyak variasinya. Hal itu karena bahan bakso dari ikan tidak hanya berasal dari satu jenis ikan saja. Ikan tuna, tengiri, udang, dan kepiting adalah beberapa contoh seafood yang lazim dijadikan bakso. 

Meski kandungan protein pada ikan tidak setinggi daging sapi dan ayam, ikan kaya akan asam lemak omega-3. Zat ini sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan daya ingat otak, mengurangi peradangan, serta mencegah gangguan jantung.

Rekomendasi Produk Aneka Macam Bakso Berkualitas