CLOSE AD
Chiffon Mocca
chiffon mocca

Sifon Cake Mocca Lembut dan Ringan

4.8 from 196 votes

Sifon cake dikenal sebagai kue yang luar biasa ringan, terdiri dari minyak sayur, telur, gula, tepung, baking powder, dan perasa. Keistimewaannya terletak pada penggunaan minyak nabati sebagai pengganti lemak tradisional yang biasanya padat pada suhu kamar, seperti mentega atau margarin.

Proses pembuatan sifon cake berbeda dengan kue bolu lainnya. Secara garis besar, proses ini terbagi menjadi dua tahap pembuatan adonan, yakni adonan dasar dan adonan meringue. Adonan dasarnya terdiri dari campuran bahan kering seperti tepung dan kuning telur, sementara adonan meringue dibuat dari campuran putih telur dan gula yang dikocok hingga kaku.

Sifon cake memang memiliki ciri khas tersendiri, terutama dalam penggunaan bahan dan proses pembuatannya yang menghasilkan tekstur yang ringan dan lembut.

Chiffon Cake Mocca

Chiffon Cake Mocca

Recipe by Hani
4.8 from 196 votes

Kue chiffon dengan sentuhan rasa mocca ini adalah paduan sempurna antara kelembutan dan ringan dari kue chiffon dengan sentuhan khas rasa mocca yang memikat. Setiap irisannya memancarkan aroma kopi yang harum, yang dipadukan dengan kelembutan khas chiffon, menciptakan pengalaman rasa yang memanjakan lidah. Keharuman kopi mocca yang memikat menghadirkan nuansa yang berbeda namun memikat, membuat kue ini menjadi pilihan yang sempurna untuk dinikmati di pagi atau sore hari sebagai pendamping secangkir kopi atau teh kesukaan Anda.

Course: Cake dan KueCuisine: IndonesianDifficulty: Medium
Servings

8

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

40

minutes
Calories

300

kcal
Total time

1

hour 

10

minutes
Cook Mode

Keep the screen of your device on

Ingredients (Shop in the Green Link)

Directions

  • pisahkan kuning telur dan putih telur
  • buat adonan meringue dengan mengocok putih telur secara terpisah sampai berbusa kemudian masukkan gula, bagi dalam 3 tahap. Kocok kembali sampai adonan kaku dan adonan tidak jatuh ketika gagang mixer diangkat.
  • buat adonan campuran kuning telur yang telah dipisah, dicampur dengan minyak sayur, susu cair, garam, perasa mocca, vanili dan baking powder kemudian aduk sampai rata. Setelah rata masukkan pelan-pelan tepung terigu dengan cara diayak. Aduk balik sampai rata
  • campurkan adonan meringue ke dalam adonan campuran, secara bertahap sambil diaduk pelan, sampai adonan meringue habis
  • masukkan ke dalam loyang chiffon tanpa diolesi mentega dan tepung terigu
  • panggang dalam oven bersuhu 120°C selama 60 menit sampai adonan menguning kecokelatan (sesuaikan oven masing-masing)
  • dinginkan loyang dengan cara membalik loyang
  • setelah dingin keluarkan kue dari loyang, potong dan sajikan selagi hangat

Recipe Video

TIPS

  • Gunakan Mixer dengan Kecepatan Rendah: Hindari mengocok putih telur pada kecepatan tinggi yang dapat menghasilkan kue cekung. Pilih kecepatan rendah (misalnya skala 3 atau 2 pada mixer dengan 5 skala kecepatan) agar menghasilkan soft peak, di mana ujung kocokan menurun ke samping.
  • Tambahkan Gula Bertahap: Campurkan gula perlahan setelah putih telur mencapai soft peak untuk menghindari adonan yang berat saat dikocok. Kocok hingga mencapai stiff peak, tampak glossy, opaque, dan sangat kaku.
  • Jangan Olesi Loyang: Untuk sifon cake, jangan olesi loyang dengan apapun untuk memungkinkan adonan menempel sempurna dan kue tidak melorot setelah matang.
  • Panggang pada Suhu yang Tepat: Hindari suhu panggangan yang terlalu tinggi untuk mencegah retakan pada permukaan kue. Gunakan suhu yang lebih rendah agar kue naik perlahan dengan permukaan yang halus.
  • Balik Loyang Setelah Keluar dari Oven: Saat kue matang dan keluar dari oven, segera balik loyangnya untuk mencegah kue mengkerut, menyusut, atau kempes. Gunakan loyang khusus sifon dengan kaki penyangga atau botol di tengah loyang yang terbalik.