Roti Unyil Kreasi khas Kota Bogor

roti unyil
roti unyil

Yang pernah ke Bogor, pasti tahu donk Roti Unyil ini. Roti mungil dan imut ini punya banyak varian rasa dan isian. Salah satu produsen yang sangat terkenal di Kota Bogor yaitu Venus Bakery kiosnya ramai dikunjungi pembeli dari sejak awal buka di pagi hari. Antreannya kadang mengular panjang.

Pokoknya kalau ingat Kota Bogor pasti ingat Roti Unyil dan kalau ingat Roti Unyil, pasti ingat merk Venus. Konsumen gak akan salah pilih, buktinya gerainya selalu ramai dan laris diborong produknya. Roti ini punya banyak varian rasa dan isi, mulai dari varian original tawar, coklat, kismis, keju, daging asap, abon dan pisang. Pokoknya pingin coba tuh semua varian rasa

Roti ini dibentuk dengan ukuran yang kecil dan dapat dinikmati hanya dengan sekali lahap. Produk yang disajikan selalu fresh yang dibuat pada hari yang sama dan juga diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet.

Ada beberapa versi resep yang beredar online. Namun, saya coba bagikan resep kreasi saya sendiri yang menurut saya cukup enak. Walaupun tidak mirip dan bentuknya masih ala kadarnya, kali ini kita akan membuat roti isi ala roti unyil dengan isian pisang cokelat yang lezat untuk teman minum teh di rumah.

Untuk dapat menghasilkan roti yang super lembut dan lezat ini harus pas takaran bahan-bahannya. Jangan dikurangi atau ditambah ya.

Cobain juga : Bolu Talas Bogor

Roti Unyil

Roti Unyil

Roti Unyil dibentuk dengan ukuran yang kecil dan dapat dinikmati hanya dengan sekali lahap. Produk yang disajikan selalu fresh yang dibuat pada hari yang sama dan juga diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet.

Recipe by Hani
3 from 1 vote
Course: Cake dan KueCuisine: IndonesianDifficulty: Medium
Servings

10

servings
Prep time

1

hour 
Cooking time

15

minutes
Calories

100

kcal

Ingredients

Directions

  • Campurkan tepung terigu, ragi, susu dan air kemudian uleni sampai setengah kalis
  • Tambahkan margarin, minyak goreng dan garam uleni kembali sampai kalis
  • Simpan dalam wadah tertutup hingga adonan mengembang dua kali lipat
  • Setelah mengembang kempeskan adonan dan bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil
  • Pipihkan adonan kemudian isi dengan pisang dan selai cokelat
  • Taruh di loyang yang sudah diolesi dengan margarin atau minyak goreng. Tutup kembali dengan plastik sampai adonan sedikit mengembang
  • Olesi bagian atas adonan dengan kuning telur
  • Masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 175°C selama 15 menit sampai berwarna kuning keemasan
  • Sajikan selagi hangat

Recipe Video

Notes

  • air yang dipakai adalah air dingin, agar pada saat menguleni adonan, ragi masih tidur sehingga tidak menyebabkan bau tape.
  • panggang tidak terlalu lama untuk mendapatkan tekstur roti yang tetap lembut/tidak kering