Resep Nugget Ayam Keju ala Rumahan Spesial yang Enak

feat-resep-nugget-ayam-keju

Resep Nugget Ayam Keju merupakan cara membuat nugget berbahan dasar daging ayam cincang dan juga keju perut ala rumahan. Bahan-bahan yang Anda gunakan dalam membuat Nugget Ayam Keju tidaklah banyak dan juga sangat mudah untuk Anda dapatkan di rumah.

Selain menjadi alternatif lauk bagi si kecil, Anda juga bisa menjadikan Nugget Ayam Keju sebagai ide jualan frozen food di rumah. Jika berminat untuk berjualan frozen food, pastikan kulkas Anda cukup menampung stok nugget sebelum terjual ke konsumen. Yuk, langsung saja simak tips dan resep Nugget Ayam Keju homemade spesial yang bercita rasa enak di bawah ini!     

Kesalahan saat Menyimpan Daging Ayam

Daging ayam adalah bahan utama untuk olahan Nugget Ayam Keju. Jika tidak langsung diolah, tentunya Anda harus menyimpan daging ayam dengan tepat agar tak mudah basi. Nah, berikut ini ada beberapa kesalahan yang perlu Anda hindari saat menyimpan daging ayam:

1. Daging Ayam Tidak Langsung Anda Olah atau Simpan

Setelah membeli ayam dari supermarket atau pasar, pastikan Anda langsung mengolahnya. Jika tidak sempat untuk mengolah daging ayam, segera simpan ke dalam kulkas. Daging ayam yang tidak segera Anda olah atau simpan akan lebih cepat busuk atau basi akibat bakteri.

Khususnya daging ayam yang dalam kondisi basah. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan membiarkan ayam pada suhu ruang dalam waktu lama tanpa langsung Anda olah.                       

2. Proses Pencairan Daging Ayam yang Salah  

Daging ayam lebih cepat basi bisa jadi karena Anda salah ketika mencairkan daging ayam yang beku sebelum menggunakannya sebagai bahan dari resep Nugget Ayam Keju. Bisa jadi Anda mencairkan daging ayam yang beku dengan cara merendamnya dalam air atau menaruhnya pada suhu ruang.

Tetapi, kedua cara tersebut sebaiknya Anda hindari. Sebab, bakteri cenderung lebih mudah berkembang biak pada permukaan daging ayam yang bersuhu ruang. Cara yang benar untuk mencairkan daging ayam, yaitu dengan mengeluarkannya dari freezer. Lalu taruh daging ayam beku pada bagian pendingin kulkas sekitar satu malam.                     

3. Membekukan Daging Ayam dalam Kondisi Basah

Sebelum menyimpan daging ayam, Anda mungkin akan mencucinya terlebih dahulu. Jika Anda ingin menyimpannya ke dalam kulkas, sebaiknya keringkan dahulu daging ayam tersebut. Anda dapat menggunakan lap bersih atau tisu untuk mengeringkan daging ayam.

Mengeringkan ayam dari kandungan airnya sebelum proses penyimpanan bertujuan supaya bakteri tidak cepat tumbuh di permukaan daging. Sehingga, daging ayam lebih tahan lama saat Anda simpan ke dalam freezer.      

4. Suhu Freezer Tidak Stabil

Walaupun daging ayam telah Anda simpan ke dalam freezer, kemungkinan daging ayam tersebut untuk busuk dan basi masih cukup besar. Jika daging ayam yang ada di dalam freezer Anda basi, bisa jadi karena ada kesalahan pada freezer tersebut.

Mungkin saja suhu freezer dalam keadaan rusak atau tidak stabil atau freezer terisi terlalu penuh dengan berbagai bahan minuman atau makanan. Sehingga, membuat suhu dingin pada freezer tidak sampai pada daging ayam yang mengakibatkannya tidak bisa membeku.

5. Membekukan Daging Ayam yang Pernah Anda Cairkan

Terkadang jika jumlah daging ayam yang akan Anda cairkan terlalu banyak, maka Anda cenderung memasukkan kembali sisanya ke dalam freezer. Padahal tindakan tersebut bisa menyebabkan daging ayam lebih cepat busuk, basi, dan tidak dapat Anda gunakan kembali.

Hal tersebut karena daging ayam yang telah Anda letakkan pada suhu ruang telah ditumbuhi oleh banyak bakteri di permukaan dagingnya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda membagi daging ayam saat penyimpanan sesuai keperluan. Selain itu cairkan daging ayam sesuai porsi yang Anda butuhkan untuk mengolah resep Nugget Ayam Keju.

Parutan Keju

img-parutan-keju-resep-nugget-ayam-keju
Parutan Keju

Sebelum memasukkan keju ke dalam adonan Nugget Ayam Keju, tentunya Anda harus memarutnya terlebih dahulu. Nah, ketika akan memarut keju Anda pasti membutuhkan sebuah parutan khusus keju bukan parutan kelapa. Parutan keju biasanya terdiri atas berbagai jenis dan bentuk. Jenis parutan keju tangan lebih umum orang gunakan. Karena ukurannya tidak terlalu besar dan penggunaannya juga cukup mudah. Harga 1 pcs parutan keju tangan biasa harganya mulai dari Rp 6.000 saja.                                                         

Resep Nugget Ayam Keju

feat-resep-nugget-ayam-keju

Resep Nugget Ayam Keju ala Rumahan Spesial yang Enak

Recipe by Caria
Resep Nugget Ayam Keju ala Rumahan Spesial yang Enak
Prep Time :30 minutes
Cook Time :50 minutes
Total Time :1 hour 20 minutes
Course :Indonesian Culinary
Cuisine :Indonesia

Ingredients
  

Bahan Utama
  • 500 g daging ayam
  • 100 g wortel parut
  • 100 g keju parut
  • 2 butir telur
  • 1 batang daun bawang
  • 4 sdm tepung terigu
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1,5 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
Bahan Baluran
  • 100 g tepung terigu
  • 170 ml air
  • 1/4 sdt garam
  • 150 g tepung panir

Instructions
 

  • Haluskan ayam, bawang merah, bawang putih, dan telur menggunakan chopper.
    step-resep-nugget-ayam-keju-001
  • Pindahkan daging ayam yang sudah Anda haluskan tadi ke dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka, tepung terigu, wortel, daun bawang, garam, gula pasir, merica bubuk, kaldu ayam bubuk, dan keju cheddar parut. Aduk sampai rata dan semua bahan menyatu.
    step-resep-nugget-ayam-keju-002
  • Olesi loyang menggunakan sedikit minyak sayur dan alasi dengan baking paper.
    step-resep-nugget-ayam-keju-003
  • Masukkan adonan ke dalam loyang dan ratakan.
    step-resep-nugget-ayam-keju-004
  • Panaskan panci kukusan terlebih dahulu, jika sudah panas masukkan adonan nugget. Jangan lupa untuk mengalasi tutup panci dengan kain bersih agar uapnya tidak menetes. Kukus nugget selama 30 menit dengan api sedang.
    step-resep-nugget-ayam-keju-005
  • Sambil menunggu adonan nugget matang, campurkan tepung terigu, garam, dan air di dalam mangkuk. Aduk rata.
    step-resep-nugget-ayam-keju-006
  • Angkat nugget yang sudah matang dan tunggu sampai bersuhu ruang. Kemudian potong-potong sesuai selera.
    step-resep-nugget-ayam-keju-007
  • Celupkan nugget ke dalam adonan tepung, kemudian balur dengan tepung panir sampai rata. Lakukan hingga nugget habis.
    step-resep-nugget-ayam-keju-008
  • Panaskan minyak yang cukup banyak di dalam teflon, masukkan nugget. Goreng dengan api sedang cenderung kecil hingga nugget berwarna kuning kecokelatan.
    step-resep-nugget-ayam-keju-009
  • Angkat, tiriskan dan sajikan Nugget Ayam Keju.
    step-resep-nugget-ayam-keju-010

Video