Resep Ikan Bakar Rica Manado Spesial

Resep Ikan Bakar Rica Manado merupakan cara membuat ikan bakar dengan tambahan bumbu rica rica spesial khas Manado. Cita rasa sajian ini cenderung pedas karena menggunakan cabai rawit dan cabai merah di dalam bumbu rica.

Bumbu rica terbuat dari bahan bawang merah, jahe, gula pasir, cabai, bawang putih, dan juga garam. Biasanya bumbu rica dimasak dengan campuran minyak goreng, serai, daun jeruk, dan juga air perasan jeruk nipis. Sehingga menghasilkan cita rasa yang segar.

Ikan Layang Biru

Bahan utama dalam resep Ikan Bakar Rica Manado ini adalah ikan layang biru atau ikan Malalugis. Ikan ini masuk ke dalam jenis ikan laut yang bentuknya hapir mirip dengan makerel. Tubuh ikan memiliki ukuran kecil hingga sedang, berbentuk ramping memanjang yang menyerupai cerutu.

img-ikan-layang-biru-resep-ikan-bakar-rica-manado
Ikan Layang Biru

Maksimal panjang tubuh ikan ini sekitar 32 cm secara keseluruhan, tetapi biasanya hanya sekitar 26 cm saja. Mata ikan terlindung dengan pelupuk lemak berwarna bening yang mampu mengembang sempurna untuk menutup semua bagian mata. Kecuali pada celah vertikal yang memiliki pusat di pupil mata.

Sisik-sisik terdapat pada bagian tubuh hingga di atas kepalanya. Dalam kondisi hidup, punggung ikan akan memiliki warna hijau kebiruan. Sedangkan bagian bawah tubuhnya memiliki warna keperakan. Terdapat bintik hitam pada bagian atas di belakang penutup insang. Harga 1 kg ikan layang biru segar sekitar Rp 40.000.        

Jenis-jenis Alat Pemanggang

Ketika mempraktikkan resep Ikan Bakar Rica Manado, tentunya Anda membutuhkan alat untuk membakar atau memanggang ikan. Berikut ini ada beberapa jenis alat pemanggang yang perlu Anda ketahui:    

1. Panggangan Arang

Jenis panggangan ini cukup klasik, namun sangat sering Anda temui di pasaran. Nama lainnya adalah chacoal grill yang menggunakan bahan bakar arang. Arang adalah bahan bakar yang terbuat dari batok kelapa atau potongan kayu.

Supaya tidak begitu repot, Anda dapat membeli arang ketika hendak membakar ikan. Aroma ikan bakar yang dihasilkan ketika Anda memakai alat pemanggang ini akan sangat khas. Sebab aromanya berasal dari asap arang.                                

2. Panggangan Listrik  

Bentuk alat pemanggang ini sangat sederhana, mudah untuk Anda bawa kemana saja, dan bobotnya juga ringan. Anda hanya membutuhkan energi listrik untuk menghidupkannya. Karena tidak memakai arang, aroma yang dihasilkan masakan yang dipanggang dengan alat ini kurang kuat.       

3. Rotisserie Oven

Umumnya, alat pemanggang ini untuk memanggang bebek atau ayam dalam kondisi utuh. Namun, Anda juga bisa menggunakannya pada resep Ikan Bakar Rica Manado. Oven ini mempunyai tongkat yang akan Anda gunakan untuk menusuk bagian tengah bebek atau ayam.

Tongkat tersebutlah yang akan tersambung ke mesin oven. Daging ayam atau bebek akan terpanggang secara merata, karena tongkat terus berputar selama proses pemanggangan. Cukup praktis dan hemat tenaga.

4. Panggangan Gas

Bentuk alat pemanggang jenis ini mirip dengan kompor gas portabel yang menggunakan bahan bakar gas dan mudah untuk Anda bawa kemana saja. Kompor ini identik dengan bentuk persegi panjang yang dilengkapi bilah-bilah pipa pada bagian atasnya.

Alat ini akan menimbulkan api apabila terkena lemak dari bahan makanan. Suhunya bisa Anda atur sendiri susuai kebutuhan dan bisa menyebarkan panas secara merata. Tanpa harus Anda kipas-kipas secara manual. Umumnya panggangan gas dipakai untuk membakar sate bakso atau sate sosis.

5. Grill Pan

Panggangan ini berbentuk seperti wajan yang menggunakan lapisan anti lengket atau material baja berlapis marble. Cara membersihkannya sangat mudah karena memiliki lapisan anti lengket. Alat ini cocok untuk Anda yang alergi asap dan sangat praktis Anda bawa kemana saja.

Cara penggunaannya pun tidak jauh berbeda dengan wajan biasa. Anda hanya perlu menaruhnya di atas kompor, baik itu kompor gas, kompor listrik, maupun kompor minyak tanah. Perbedaan grill pan dengan wajan biasa adalah tipe alas grill pan yang cukup bervariasi. Mulai dari datar, bergaris, maupun kombinasi keduanya. Alat panggangan ini juga mempunyai lekukan kecil pada tepian pan untuk menampung lemak hasil pemanggangan bahan masakan.                                                               

Resep Ikan Bakar Rica Manado

Resep Ikan Bakar Rica Manado Spesial

4 from 196 votes
Recipe by Sintha Gantare Course: TradisionalCuisine: Manado, IndonesiaDifficulty: Easy
Cook Mode

Keep the screen of your device on

Servings

4

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

30

minutes
Calories

853

kcal

Resep Ikan Bakar Rica Manado Spesial

Ingredients

  • 4 ekor ikan malalugis atau ikan layang biru, lumuri air perasan jeruk dan garam, diamkan 15 menit

  • 200 g bawang merah

  • 2 cm jahe

  • 2 buah jeruk nipis

  • 150 g cabai rawit

  • 200 ml minyak goreng

  • 2 sdm garam

Directions

  • Haluskan bawang merah, jahe, dan cabai. Tambahkan minyak goreng, air perasan jeruk nipis dan garam. Aduk rata.step-resep-ikan-bakar-rica-manado-01
  • Baluri ikan dengan bumbu rica hingga merata dan masukkan juga sebagian bumbu ke dalam tubuh ikan.step-resep-ikan-bakar-rica-manado-02
  • Panggang ikan menggunakan panggangan arang sambil dioles sisa bumbu dan jangan lupa dibalik.step-resep-ikan-bakar-rica-manado-03
  • Bila ikan sudah matang, angkat dan sajikan.step-resep-ikan-bakar-rica-manado-04

Recipe Video

Share to Instagram

Tag @resep.dapurkintamani on Instagram and hashtag it #dapurkintamani

Share to Facebook

Like us on Facebook

Nutrition Facts

4 servings per container

Serving Size4 servings


  • Amount Per ServingCalories853
  • % Daily Value *
  • Total Fat 61.8g 96%
    • Saturated Fat 29.7g 149%
  • Cholesterol 34mg 12%
  • Sodium 3836mg 160%
  • Potassium 963mg 28%
  • Total Carbohydrate 33.5g 12%
    • Dietary Fiber 11.2g 45%
    • Sugars 4.5g
  • Protein 16g 32%

  • Calcium 13%
  • Iron 54%

* The % Daily Value tells you how much a nutrient in a serving of food contributes to a daily diet. 2,000 calories a day is used for general nutrition advice.