Resep Cheesecake Oreo Tanpa Oven dan Tanpa Telur

cheesecake oreo
cheesecake oreo

Kini Anda dapat mempraktekkan resep cheesecake oreo dengan mudah karena resep ini menggunakan bahan-bahan yang mudah Anda dapatkan di pasaran. Cara membuat cheese cake oreo ini sangat sederhana karena tidak perlu dipanggang dalam oven. Resep ini saya peroleh dari Che Nom. Dalam resepnya tersebut Che Nom berbagi cara membuat cheesecake oreo yang mudah dan lezat tentunya, serta dapat juga sebagai cheese cake oreo untuk jualan.

Cream Cheese yang Dipakai

Cream cheese adalah bahan utama untuk membuat cheesecake. Bahan beraroma keju ini mempunyai tekstur yang lembut seperti mentega, berwarna putih dengan rasa sedikit gurih dan umumnya terbuat dari susu sapi dengan kandungan lemak susu paling sedikit 33% dengan kadar air tidak lebih dari 55%. Cream cheese merupakan bahan premium dalam resep cheesecake oreo ini.

Cream Cheese Anchor kemasan 1 kg

Ada dua opsi yang saya rekomendasikan untuk pilihan bahan cream cheese ini yaitu cream cheese Anchor dan cream cheese Yummy. Oleh karena dalam resep cheesecake oreo ini hanya membutuhkan cream cheese sebanyak 250 gram Anda dapat memakai cream cheese Yummy yang lebih ekonomis dengan harga sekitar Rp40.000 (kemasan 250 gram). Karena sifat cream cheese tidak tahan lama dalam suhu ruangan dan harus disimpan dalam freezer jadi sebaiknya membeli sesuai kebutuhan.

Cream Cheese Yummy Neufchatel

Di pasaran, cream cheese dijual dengan harga rata-rata Rp90.000-an per kg untuk merk premium seperti Anchor. Memang cream cheese Anchor mempunyai rasa lebih enak dan tekstur yang lebih creamy dibanding lainnya.

Cream cheese Anchor dapat Anda dapatkan dalam kemasan repack 250 gram di toko online. Tentunya perhatikan proses pengirimannya. Jangan sampai terlalu lama proses pengirimannya, karena akan menjadi basi saat barang diterima.

Pemakaian Mentega

Apabila ingin sesuai resep dan mendapatkan hasil terbaik Anda dapat memakai mentega / butter dari Anchor juga, pilih yang unsalted butter dengan perkiraan harga eceran Rp60.000 per 500 gram. Bagi Anda yang kesulitan mendapatkan butter dapat diganti dengan margarin yang biasa ditemui di pasaran. Penggantian butter dalam resep cheesecake oreo ini tidak telalu mengubah rasa karena butter hanya dipakai untuk campuran lapisan bawah.

Memilih Whipping Cream

Saya memakai Haan Wippy Cream, bentuknya bubuk kemasan 200 gram. Ada pula kemasan 2 x 200 gram. Untuk kemasan 200 gram bisa didapatkan dengan harga Rp26.000. Wippy cream dari Haan ini berbeda dari Anchor Wipping Cream yang bentuknya cair seperti susu cair full cream. Untuk mengencerkannya Anda harus mencampurkannya dengan 400 ml air es / air dingin kemudian dimixer sampai mengental.
Dalam resep ini hanya dibutuhkan 200 ml wipping cream, jadi perkiraan pemakaian Haan Whipping Cream hanya 100 gram ditambah dengan air es dingin 200 ml atau sesuai selera. Apabila Anda menginginkan Cheesecake dengan volume yang lebih maka bisa memodifikasi resep dengan menggunakan 200 gram whipping cream seperti yang saya coba.

Mencari Gelatin Halal

Saya memakai 10 lembar dengan berat sekitar 10 gram. Anda dapat pula memakai gelatin bubuk.

Bila membeli di toko bahan kue, gelatin sudah dikemas kembali (repack) oleh tokonya dalam ukuran yang lebih kecil seperti 50 gram atau 100 gram, karena kemasan gelatin biasanya dalam ukuran besar (karung), maka sangat disarankan untuk menanyakan kepada pihak toko gelatin tersebut merk apa, dan apakah sudah bersertifikat halal atau belum.

Baca juga : Panduan memilih gelatin

Membuat Cheesecake Oreo

Proses pembuatan cheesecake oreo ini relatif mudah, bahan-bahan hanya dicampur rata sampai komposisi menjadi homogen. Anda dapat mengaduknya menggunakan spatula maupun mixer. Apabila tidak yakin tercampur rata, opsi penggunaan mixer sangat disarankan.

cheesecake oreo

Resep Cheesecake Oreo Tanpa Oven dan Tanpa Telur

Recipe by Hani
Resep cheesecake oreo ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko kue / swalayan terdekat. Tanpa perlu dimasak dan prosesnya cukup mudah. Cocok dinikmati dalam keadaan dingin.
Prep Time :30 minutes
Cook Time :4 hours
Total Time :1 hour 10 minutes
Course :Cake dan Kue
Cuisine :Eropa

Ingredients
  

Bahan-bahan lapisan bawah / crust:
  • 12 buah biskuit Oreo (pisahkan lapisan gula)
  • 30 g unsalted butter
Bahan-bahan lapisan tengah / filling:
  • 250 g cream cheese
  • lapisan gula (dari 12 buah biskuit Oreo yang disisihkan)
  • 28 g gula
  • 1 sdt vanilla
  • 1 sdm jus lemon
  • ¾ sdm serbuk gelatin
  • 200 ml whipping cream
  • 6 buah biskut oreo (patahkan)
Bahan serbuk lapisan atas:
  • 5 buah biskut Oreo (buang lapisan gula)

Instructions
 

  • Pisahkan biskuit Oreo dengan lapisan gulanya. Sisihkan lapisan gula untuk dipakai kemudian
  • Blender / tumbuk biskuit Oreo sampai halus, tambahkan butter yang sudah dicairkan. Aduk rata sampai homogen
  • Siapkan loyang bongkar pasang, masukkan adonan biskuit dan butter. Ratakan dan bekukan dalam kulkas
  • Siapkan gelatin bubuk, tambahkan sedikit air. Sisihkan
  • Siapkan cream cheese lumat perlahan dengan spatula, tambahkan lapisan gula Oreo yang telah disisihkan
  • Tambahkan gula, jus lemon dan gelatin,
  • Siapkan whipped cream, encerkan dan aduk sebentar kemudian campurkan whipped cream
  • Masukkan biskuit Oreo yang telah dipatah-patahkan, aduk rata
  • Tuang ke dalam loyang yang sudah diberi alas biskuit Oreo
  • Blender lagi biskuit Oreo dan taburkan di atas adonan
  • Dinginkan di dalam kulkas semalaman

Video

Notes

u003cliu003ekue harus disimpan dalam kulkas semalaman sebelum dipotong. u003c/liu003eu003cliu003epastikan kue sudah kokoh teksturnya sebelum dipotongu003c/liu003e
Hai, Saya Hani suka mengumpulkan resep masakan dari berbagai media sosial. Beberapa sudah saya coba di blog saya. Semoga dapat membantu bunda memasak