CLOSE AD
Feat-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan Berserat

Resep Bakso Ayam Kenyal dan Berserat Ala Rumahan

4.8 from 195 votes

Resep bakso ayam kenyal dan berserat ini menggunakan bahan daging ayam giling yang bertekstur kenyal dan berserat. Jika dulu bakso lebih familiar dengan daging sapi, sekarang ini sudah banyak sekali varian bakso mulai dari daging ayam, udang, kepiting, dan juga ikan.

Dengan menggunakan variasi daging, Anda dapat menyesuaikan dengan selera dan budget karena tentunya daging ayam jauh lebih murah daripada daging sapi. Cara membuat bakso ayam yang kenyal dan kres ala rumahan untuk jualan tidaklah sulit. Yuk, terlebih dahulu simak cara dan tips mengolahnya di bawah ini!     

Tips Mengolah Bakso Agar Kenyal

Berikut ini ada beberapa tips membuat bakso agar kenyal yang perlu Anda lakukan dalam mengolah resep bakso ayam kenyal dan berserat dengan 1 kg daging ayam :

1. Blender Daging Ayam Sampai Lengket

Pastikan Anda menghaluskan daging ayam sampai lengket menggunakan blender. Supaya daging ayam bisa mengikat lebih banyak air yang mampu membuat tekstur bakso lebih bagus, walaupun Anda tidak memakai tepung terigu dalam jumlah banyak.

ADVERTISEMENT

Caranya, masukkan daging ayam dan bumbu pada tabung blender. Haluskan daging ayam sampai lengket, kemudian tambahkan bawang putih. Lalu, haluskan kembali daging ayam sampai benar-benar halus dan lengket.                       

2. Rebus Bakso di dalam Air Panas  

Ketika Anda selesai mencetak bakso, segera masukkan bakso ke dalam air bersuhu panas. Supaya bentuknya tidak mengalami perubahan. Oleh sebab itu, panaskan terlebih dahulu air sampai mendidih, kemudian kecilkan api saat akan memasukkan bakso yang baru selesai Anda cetak.              

3. Tambahkan Baking Powder

Pada resep Bakso Ayam kenyal dan berserat, Anda perlu menambahkan baking powder karena baking powder dapat membantu menghasilkan tekstur kenyal pada bakso. Tambahkan baking powder setelah Anda menghaluskan ayam bersama bumbu sampai lengket. Kemudian tambahkan juga putih telur, bawang goreng, dan tepung tapioka. Masukkan air es secara bertahap sedikit demi sedikit dan aduk sampai semua bahan tercampur rata.      

4. Rebus Bakso dengan Api Kecil

Setelah Anda selesai mencetak bakso, jangan langsung memasukkannya saat air sedang mendidih. Supaya bentuk bakso tidak pecah serta merusak tampilannya. Pastikan Anda memasak bakso menggunakan api kecil sampai semua bakso ayam matang.   

3 Cara Menghaluskan Daging Ayam

Img-Daging-Ayam-Giling-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan-Berserat
Daging Ayam Halus/Giling

Selain menggunakan blender saat mengolah resep Bakso Ayam kenyal dan berserat, ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Gunakan Pisau

ADVERTISEMENT

Pastikan Anda memakai talenan sebagai alas dan pisau tajam untuk menghaluskan daging ayam. Sebaiknya campurkan terlebih dahulu potongan daging ayam dengan serpihan batu es berukuran kecil. Lalu, iris daging ayam dalam ukuran yang tipis memakai gerakan satu arah. Jangan lupa untuk membalik hasil irisan daging supaya hasil cincangannya lebih merata.

2. Gunakan Food Processor

Menghaluskan atau mencincang daging ayam menggunakan food processor tidak jauh berbeda dengan menggunakan blender. Anda hanya perlu mencampurkan daging ayam dengan es batu, kemudian nyalakan mesin food processor. Keunggulan dari alat ini, Anda dapat menghaluskan daging ayam tanpa harus menghancurkan es batu terlebih dahulu.

Sangat penting untuk Anda selalu memakai es batu saat menghaluskan daging dengan cara apapun. Agar menjaga suhu daging ayam tetap stabil dan proses pemotongannya juga jadi lebih mudah. Karena faktanya menghaluskan daging ayam yang bersuhu dingin jauh lebih mudah daripada daging ayam yang bersuhu ruang atau hangat. Selain itu, es batu juga berperan untuk menjaga tekstur daging supaya tidak lembek.

3. Gunakan Blender

Ketika menghaluskan daging ayam menggunakan blender, Anda harus sering memantau proses penggilingannya. Supaya daging ayam tidak terlalu halus teksturnya nanti. Sebelumnya Anda hancurkan dulu es batu, kemudian masukkan ke dalam tabung blender dan masukkan juga potongan daging ayam tanpa tulang.

Nyalakan mesin blender selama 8-10 detik atau sampai daging ayam sudah tampak kasar. Matikan blender, kemudian aduk daging ayam menggunakan sendok. Jika Anda mengalami masalah ketika blender tidak berfungsi dengan baik atau susah untuk memutar mata pisaunya.                                            

Resep Bakso Ayam Kenyal Dan Berserat Ala Rumahan

Resep Bakso Ayam Kenyal dan Berserat Ala Rumahan

Recipe by Dapur Mommy siani
4.8 from 195 votes
ADVERTISEMENT

Resep bakso ayam dengan tekstur yang kenyal dan berserat. Dengan menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas, seperti daging ayam pilihan yang kaya protein, menghasilkan bakso yang tidak hanya enak namun juga bergizi. Dikombinasikan dengan bumbu-bumbu pilihan yang telah disesuaikan untuk selera rumahan, membuat bakso ayam ini memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera.

Course: Indonesian CulinaryCuisine: IndonesiaDifficulty: Easy
Servings

1

mangkuk
Prep time

30

minutes
Cooking time

30

minutes
Calories

1832

kcal
Cook Mode

Keep the screen of your device on

Ingredients (Shop in the Green Link)

  • 400 g dada ayam, potong-potong

  • 5 sdm tepung tapioka

  • 8 buah es batu

  • 1/4 sdt lada bubuk

  • 1/2 sdt baking powder

  • 1 butir putih telur

  • 1 sdt kaldu ayam bubuk

  • 1 sdm bawang merah goreng

  • 1 sdt bawang putih goreng

  • 1 sdt garam

Directions

  • Panaskan air di dalam panci.Step-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan-Berserat-01
  • Haluskan daging ayam dan es batu menggunakan food processor sampai lembut.Step-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan-Berserat-02
  • Masukkan garam, kaldu ayam, bawang merah goreng, bawang putih goreng, baking powder, lada bubuk, dan putih telur. Mikser semua bahan menggunakan food processor sampai tercampur rata.Step-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan-Berserat-03
  • Masukkan tepung tapioka, mikser kembali sampai tepung tercampur rata.Step-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan-Berserat-04
  • Pindahkan adonan ke dalam mangkuk berukuran agak besar.Step-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan-Berserat-05
  • Matikan api kompor yang tadi merebus air. Kemudian cetak bakso menggunakan tangan dengan bantuan sendok. Setelah mencetak bakso, langsung masukkan ke dalam air panas.Step-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan-Berserat-06
  • Masak kembali bakso selama 10 menit atau sampai matang menggunakan api kecil.Step-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan-Berserat-07
  • Angkat dan tiriskan bakso. Sajikan atau simpan ke dalam freezer setelah bersuhu ruang.Step-Resep-Bakso-Ayam-Kenyal-Dan-Berserat-08

Recipe Video

Nutrition Facts

1 servings per container

Serving Size1 mangkuk


  • Amount Per ServingCalories1832
  • % Daily Value *
  • Total Fat 63.3g 97%
    • Saturated Fat 17.5g 85%
  • Cholesterol 348mg 116%
  • Sodium 3272mg 137%
  • Potassium 1070mg 31%
  • Total Carbohydrate 172.6g 58%
    • Dietary Fiber 1.3g 4%
    • Sugars 56.3g
  • Protein 128g 256%

  • Calcium 13%
  • Iron 38%

* The % Daily Value tells you how much a nutrient in a serving of food contributes to a daily diet. 2,000 calories a day is used for general nutrition advice.

Mengapa bakso ayam saya tidak kenyal?

Bakso mungkin kurang kenyal karena teknik penggilingan daging yang kurang tepat, kurangnya putih telur atau baking powder, atau adonan terlalu banyak diaduk. Pastikan mengikuti langkah penggilingan daging dengan benar dan menambahkan komponen pengikat seperti putih telur.

Bisakah saya mengganti daging ayam dengan jenis daging lain?

Ya, Anda bisa mengganti daging ayam dengan daging lain seperti sapi atau ikan. Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis daging memiliki tekstur dan cara pengolahan yang berbeda.

Apakah penting menggunakan es batu saat menggiling daging?

Ya, sangat penting. Es batu membantu menjaga suhu daging tetap dingin selama proses penggilingan, sehingga tekstur daging tetap terjaga dan tidak menjadi terlalu lembek.

Bagaimana cara menghindari bakso yang pecah saat direbus?

ADVERTISEMENT

Pastikan untuk merebus bakso dengan api kecil dan jangan memasukkan bakso ke dalam air yang mendidih. Anda juga bisa mengukus bakso terlebih dahulu sebelum merebusnya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merebus bakso?

Waktu perebusan bakso biasanya berkisar antara 15-20 menit, tergantung pada ukuran bakso. Bakso biasanya dianggap matang ketika sudah mengapung ke permukaan air.

Apa fungsi baking powder dalam pembuatan bakso?

Baking powder berfungsi sebagai agen pengembang yang membantu menciptakan tekstur bakso yang lebih kenyal dan berserat.

Bagaimana cara menyimpan bakso yang sudah dibuat?

Bakso yang sudah matang bisa disimpan dalam freezer. Pastikan untuk membungkusnya dengan baik atau menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Bisakah saya menambahkan bumbu lain ke dalam adonan bakso?

Tentu, Anda bisa menambahkan bumbu lain sesuai selera untuk menambahkan rasa pada bakso, seperti merica, ketumbar, atau bumbu lainnya.

Apakah saya bisa membuat bakso tanpa menggunakan mesin giling daging?

ADVERTISEMENT

Ya, Anda bisa menggiling daging dengan blender atau food processor, namun pastikan tekstur daging tidak terlalu halus atau kasar.

Bagaimana cara membuat bakso agar memiliki tekstur yang berserat?

Tekstur berserat pada bakso dapat dicapai dengan menggiling daging hingga mencapai konsistensi yang tepat dan tidak mengaduk adonan terlalu lama atau keras. Penggunaan putih telur dan baking powder juga membantu menciptakan tekstur tersebut.