Resep Ayam Goreng Tepung Crispy, Empuk dan Renyah Hanya 1 Jam Marinasi

resep ayam goreng tepung
resep ayam goreng tepung

Resep ayam goreng tepung ini menggunakan adonan tepung bumbu basah dan adonan tepung bumbu kering dengan proses marinasi yang tidak memakan waktu lama yaitu hanya sekitar 1-2 jam, namun walaupun marinasinya sebentar bumbunya tetap dapat meresap. Cara memasaknya melalui proses penggorengan dalam minyak panas sampai ayam tenggelam. Proses penepungan bertujuan untuk membuat lapisan yang renyah pada bagian luar ayam serta mempertahankan kadar air dan kelembutan daging ayam.

Daging ayam broiler dipakai sebagai bahan utama. Cita rasa sajian ini gurih dan bertekstur renyah di luar serta empuk pada bagian dalam daging ayamnya. Masyarakat Indonesia mungkin tak asing dengan sajian yang satu ini, karena menjadi lauk favorit dari anak-anak hingga orang dewasa.

Asal-ulul Ayam Goreng Tepung

Ternyata, hidangan ini sudah ada sejak abad pertengahan di Eropa. Orang Skotlandia adalah yang pertama di Eropa yang menggoreng ayam bersama lemaknya tanpa menggunakan bumbu.

Sedangkan warga Afrika Barat menggoreng ayam yang telah dibalut adonan bumbu serta memasaknya dengan minyak kelapa sawit. Kedua teknik menggoreng ayam dari orang Afrika Barat dan Skotlandia dipadukan oleh orang Afrika-Amerika dan orang Afrika yang menjadi budak di kawasan selatan Amerika Serikat.

ayam goreng tepung
ayam goreng tepung

Tips Cara Membuat Resep Ayam Goreng Tepung Empuk dan Renyah

Anda pasti ingin olahan ayam goreng tepung bertekstur empuk dan juga renyah serta tidak alot. Berikut beberapa tips ketika membuat resep ayam goreng tepung supaya renyah :  

1. Bersihkan Ayam Utuh dan Potong-potong

Dalam resep ini, kita memakai sekitar 1-2 kg daging ayam. Apabila Anda membeli satu ekor ayam utuh, bersihkan terlebih dahulu menggunakan air mengalir, kemudian potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai selera (resep ayam goreng tepung renyah ini menghasilkan 10 potong ayam goreng yang crispy). Berikutnya bersihkan lagi semua potongan ayam untuk menghilangkan lendir atau lemak yang masih menempel pada daging ayam. Lakukan dengan menggosoknya secara perlahan.                         

2. Keluarkan Daging Ayam Beku dari Dalam Kulkas  

Jika Anda memiliki simpanan daging ayam mentah di dalam freezer yang sudah membeku, pindahkan terlebih dahulu pada rak bagian bawah freezer. Kemudian diamkan sampai daging ayam melunak, lalu keluarkan dari kulkas.

3. Proses Marinasi

Marinasi atau pemarinadean adalah proses merendamkan makanan dalam cairan bumbu, sering kali asam, sebelum dimasak. Cikal bakal kata tersebut bermula dari pemakaian air garam dalam proses pengasaman, yang berujung pada teknik penambahan rasa dengan perendaman ke dalam cairan.

Bumbu-bumbu yang dipakai dalam resep di bawah ini adalah bumbu khas Italia / Italian Mix Herbs yang terdiri dari beberapa macam bumbu dan penyedap masakan seperti parsley, oregano rosemary, thyme, dan basil. Sebelum digoreng, daging ayam dilakukan perendaman larutan bumbu terlebih dahulu supaya bumbu meresap dan teksturnya juicy.

Italian mix herbs

Italian Mix Herbs

Jika Anda tidak mau repot, maka Anda dapat menggunakan tepung bumbu instan seperti tepung bumbu sajiku untuk membuat resep ayam goreng tepung sajiku yang pastinya lebih praktis dan lebih cepat.

Pada umumnya dalam proses pembuatan ayam goreng tepung crispy ini dikenal teknik brine yaitu adalah proses merendam daging dalam larutan gula dan garam selama 24-48 jam agar daging terasa empuk, juicy dan rasa lebih kuat. Dengan menggunakan teknik brining, air garam atau larutan brine akan diserap ayam melalui proses osmosis sehingga hasil akhir masakan menjadi lebih juicy dan empuk Namun, dalam resep ini, kita mencoba merendamnya hanya selama 1-2 jam namun bumbu tetap dapat meresap dengan baik

4. Tusuk-tusuk Sejumlah Bagian Daging Ayam dengan Tusuk Gigi atau Garpu  

Lakukan penusukan pada beberapa bagian daging ayam dengan memakai garpu atau tusuk gigi. Secukupnya saja, jangan semua bagian daging ayam Anda tusuk. Karena akan membuat bentuk ayam menjadi hancur. Tips ini bertujuan agar daging ayam bisa menyerap bumbu lebih dalam dan teksturnya lebih empuk ketika Anda goreng.

5. Pastikan Takaran Tepung Maizena dan Baking Powder Pas dan Sesuai Resep

Fungsi tepung maizena dalam resep ayam goreng tepung ini membuat tepung menjadi renyah, sedangkan fungsi baking powder membuat tepung menjadi mengembang, ringan bergelembung ketika digoreng. Jika tepung maizena atau baking powder kurang, maka tepung akan menjadi bantat dan jika berlebihan akan membuat tepung lepas. Oleh karena itu, kedua bahan tersebut harus dipastikan pas takarannya.

6. Goreng dengan Minyak Panas dan Api Kecil

Ketika menggoreng ayam, pastikan terlebih dahulu minyak benar-benar sudah panas. Kemudian masukkan daging ayam yang sudah dibalur tepung, masak ayam dengan api kecil. Karena api besar bisa membuat tepung bagian luarnya cepat gosong dan tekstur daging ayam menjadi alot atau keras. Walaupun terkesan sedikit lebih lama jika menggunakan api kecil, namun hasilnya tidak akan mengecewakan.

7. Pakai Minyak Goreng Baru dalam Jumlah Banyak (Deep Fry)

Gunakanlah minyak goreng yang banyak agar daging ayam bisa tenggelam dalam minyak (deep fry) ketika Anda menggorengnya supaya ayam matang secara merata. Pastikan juga Anda memakai minyak yang masih baru, bukan minyak bekas menggoreng bahan makanan lain demi menjaga kerenyahan dan cita rasa gurih pada daging ayam.

8. Bila Kebanyakan Simpan ke dalam Kulkas

Apabila tepung bumbu sudag berwarna kuning keemasan atau ayam matang, segera angkat dan tiriskan. Jika Anda menggoreng ayam kebanyakan dan tidak dapat habis dalam satu kali makan, sebaiknya simpan ke dalam kulkas. Ketika nanti ingin memakannya, Anda bisa menghangatkannya terlebih dahulu menggunakan microwave atau oven. Namun, biasanya tekstur renyah pada tepung bumbu akan sedikit berkurang.

Berikut resep ayam goreng krispi yang sudah saya sarikan dari Youtube Chef Devina Hermawan. Semoga membantu bunda memasak.

resep ayam goreng tepung

Resep Ayam Goreng Tepung Crispy, Empuk dan Renyah

Recipe by Caria
Resep ayam goreng tepung crispy, empuk dan renyah
Prep Time :30 minutes
Cook Time :30 minutes
Total Time :1 hour
Course :Main Course
Cuisine :Europe

Ingredients
  

Bumbu halus:
  • 10 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombai
  • 150 ml air
Marinasi ayam:
  • 1 ekor ayam
  • 4 sdm bumbu halus
  • 8 sdm santan kental
  • 2 sdm cuka beras atau 1 sdm cuka biasa
  • 1 sdm bubuk kaldu ayam
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm gula
  • 0.5 sdm merica
  • 1 sdm italian mixed herbs
Adonan tepung kering:
  • 300 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr maizena
  • 2 sdm baking powder
  • 0.5 sdm merica
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm paprika bubuk (opsional)
  • 1 sdm bubuk kaldu ayam
Adonan tepung basah:
  • 6 sdm adonan tepung kering
  • 2 sdm bumbu halus
  • 150 ml air
Lainnya:
  • minyak untuk menggoreng

Instructions
 

  • Blender bawang bombai, bawang putih, dan air hingga halus lalu sisihkan
  • Cuci bersih ayam, potong ayam menjadi 8-10 bagian
  • Blender italian mixed herbs supaya lebih halus, sisihkan
  • Campurkan semua bahan bumbu rendaman ayam, aduk rata lalu masukkan ayam dan tutup dengan cling wrap kemudian diamkan minimal 1-2 jam di suhu ruang atau semalaman di dalam kulkas
  • Campurkan semua bahan tepung kering, sisihkan
  • Untuk adonan tepung basah, ambil 6 sdm adonan tepung kering lalu campurkan dengan bumbu halus dan air lalu aduk rata
  • Tiriskan ayam dari bumbu marinasi, celupkan kedalam tepung basah lalu gulingkan kedalam tepung kering, tepuk-tepuk supaya keriting. Setiap akan menggulingkan ayam kedalam tepung kering pastikan tidak ada gumpalan di dalam tepung kering
  • Masukkan ayam ke minyak dan goyang-goyang sebentar lalu goreng dengan minyak panas, gunakan api sedang hingga ayam berwarna kuning keemasan lalu kecilkan api dan goreng ayam hingga cokelat keemasan dan tiriskan
  • Fried chicken siap disajikan

Video

Notes

 
– Gunakan bawang yang sudah dihaluskan untuk marinasi ayam, dan sebagian lagi untuk membuat tepung basah.
– Minimal marinasi 1-2 jam, sebaiknya masukkan ke kulkas semalaman.
Santan dapat diganti dengan larutan berlemak lainnya seperti whipped cream.
– Untuk rasa pedas, dapat ditambahkan saus sambal atau cabai bubuk pada larutan tepung.
– Gunakan bawang putih bubuk atau bawang bombai bubuk sebagai pengganti bumbu bawang halus.
– Gunakan minyak secukupnya untuk deep fry agar tepung mengembang dengan baik.
– Goreng ayam dalam minyak panas hingga mengembang lalu kecilkan api dan goreng hingga matang sempurna. Jika daging ayam baru dikeluarkan dari kulkas, butuh waktu lebih untuk membuat ayam matang sempurna.
– Ratakan tepung yang menggumpal dengan menggunakan jari agar tidak membuat ayam menjadi keras.
– Larutan marinasi jangan terbawa banyak sebelum ayam dicelupkan ke adonan basah, kemudian setelah itu pastikan tepung kering menempel banyak.