Perbedaan Gula Merah : Gula Aren, Gula Jawa dan Gula Palem

Sekilas terlihat mirip antara gula aren, gula merah / gula jawa dan gula palem. Mungkin ada beberapa diantara kita yang kesulitan membedakannya. Perbedaan diantara ketiga jenis gula itu ada pada warnanya.

Gula Aren

gula aren
gula aren warnanya lebih gelap

Gula aren dibuat dari nira pohon aren dan warnanya lebih gelap. Seperti diketahui, nira merupakan cairan manis yang didapat dari proses sadapan batang tanaman atau tandan bunga tumbuhan palem; seperti kelapa, aren, kurma atau sagu.

Gula aren biasanya dicetak menggunakan batok kelapa dengan bentuk yang pipih dan bundar; serta biasanya gula ini mendapatkan penambahan bahan lain seperti gula pasir.

proses pembuatan gula aren

Gula aren versi bubuk sering pula disebut sebagai Gula semut atau Gula Kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah.

Gula Merah

gula merah / gula jawa berwarna lebih terang
gula merah / gula jawa berwarna lebih terang

Gula merah biasanya berbentuk silinder / tabung. Gula merah disebut juga dengan gula jawa karena banyak pembuat gula ini ada di Jawa. Gula merah dibuat dari nira atau sari yang keluar dari pohon kelapa atau getah palma. Warna gula merah lebih terang dibandingkan gula aren dan gula batok. Biasanya gula merah diolah menjadi sambal.

Gula Palem

Gula Palem merupakan gula yang terbuat dari nira atau sari batang palem. Aromanya lebih wangi dan khas, teksturnya lebih empuk dan menyerupai gula pasir yang dipadatkan. Gula palem disebut juga gula semut atau gula pasir coklat

Berbeda dengan gula jawa dan gula palem. Gula aren merupakan gula tradisional yang terbuat dari enau dan diolah secara tradisional yang kemudian dicetak dalam batok kelapa. Ada juga yang dicetak silinder seperti gula jawa. Perbedaannya warnanya lebih gelap. Aroma gula aren lebih kuat dan rasanya lebih manis dibanding gula merah.