Martabak Manis Tanpa Telur Bersarang

martabak manis tanpa telur
martabak manis tanpa telur

Siapa sih yang tidak suka dengan kue martabak manis ini ? Martabak dalam bahasa arab disebut muttabak, matabbak, metabbak, mutabbaq yang artinya berlipat merupakan sajian yang biasa ditemui di Arab Saudi, Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Bruneri. Bergantung pada lokasinya nama dan komposisi martabak dapat bervariasi (wikipedia).

Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin/telur yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis atau yang dahulu disebut kue terang bulan.

Martabak adalah sejenis panekuk yang biasanya diberi topping dan isian coklat dan keju. Teksturnya berlubang-lubang seperti permukaan bulan. Di Malaysia disebut juga apam balik sering dihidangkan sebagai hidangan sarapan ditemani segelas teh tarik.

Di jalan-jalan sering kita lihat penjual Martabak Bangka. Martabak yang aslinya bernama Hok Lo Pan awalnya adalah makanan khas Bangka Belitung. Martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka Bangka sehingga dinamakan Hok Lo Pan yang artinya kue orang Hok Lo.

Yuk, kita coba buat martabak manis ala dapurkintamani. Resep yang akan kita buat ini tidak pakai atau tanpa telur, jadi mungkin teksturnya beda dengan martabak manis yang dijual abang-abang itu. Walaupun tanpa telur tetap dapat menghasilkan kue martabak yang bersarang. Resep ini telah melalui trial error di dapur kami. Beberapa gagal dan beberapa berhasil.

Untuk mengurangi kegagalan sebaiknya gunakan baking soda yang benar-benar fresh. Beberapa kali membuat kue martabak dengan baking soda yang tersisa hasilnya selalu bantat dan tidak bersarang. Namun, setelah diganti dengan baking soda yang baru kue martabak menjadi bersarang.

Cobain juga : Banana Crepes, Jajanan Mall yang Wangi Banget !

Martabak Manis Tanpa Telur

Martabak Manis Tanpa Telur

Martabak manis ini bisa dibuat tanpa menggunakan telur, walaupum begitu tetap bersarang

Recipe by dapurkintamani
3 from 1 vote
Course: Cake dan KueCuisine: IndonesianDifficulty: Medium
Servings

4

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

40

minutes
Calories

300

kcal

Bahan-bahan

Cara Membuat

  • campurkan semua tepung, gula, garam, margarin leleh, baking powder, baking soda, air
  • aduk sampai rata dengan menggunakan whisk, diamkan selama 4 jam lebih
  • panaskan loyang martabak
  • tuang adonan ke dalam loyang yang telah panas dan tunggu sampai keluar gelembung udara dan berlubang
  • setelah terlihat lubang-lubang kecil taburkan gula di atasnya
  • angkat martabak dan olesi dengan mentega selagi masih panas
  • beri topping sesuai selera (keju parut)

Video Resep