Marmer Cake 2 Telur Bahan Ekonomis Tekstur Lembut

marble cake
resep marble cake ekonomis

Marmer cake merupakan kue yang memiliki motif belang-belang atau bergaris seperti marmer. Jenis kue ini adalah campuran dari kue cokelat dan juga vanilla. Namun yang lebih dominan adalah kue vanilla, sedangkan kue cokelat berupa guratan garis untuk mempercantik tampilan kue. Selain vanilla dan cokelat, Anda juga bisa menggunakan rasa dan warna kue lainnya.

Buku pertama yang memuat tentang resep marmer cake adalah buku yang ditulis oleh Malinda Russell pada tahun 1866, berjudul “Buku Masakan Domestik”. Pada zaman Victoria, variasi kue marmer yang terkenal bernama “Harlequin Cake”. Cara memasak kue tersebut adalah dengan memanggangnya dan polanya kue berbentuk kotak-kotak.

Pada awalnya, kue marmer menggunakan rempah-rempah dan molase agar menghasilkan adonan yang berwarna gelap. Kue ini cukup populer juga di Indonesia. Karena rasanya yang manis, teksturnya lembut, dan juga cocok untuk lidah sebagian besar orang Indonesia.

Bahan Cake Marmer Ekonomis

Untuk menghasilkan suatu sajian marmer cake yang lezat dan cantik, Anda membutuhkan bahan ini. Berikut uraian singkatnya!

1. Margarin

margarin

Margarin adalah mentega buatan. Minyak hewani atau minyak nabati merupakan bahan dasar untuk membuat margarin. Terkadang dalam margarin terkandung garam, susu saringan, dan pengemulsi. Kandungan lemak pada margarin lebih sedikit, jika dibandingkan dengan mentega.

Mentega merupakan makanan produk susu yang terbuat dari krim susu. Kandungan lemak pada mentega cukup banyak, karena terbuat dari susu.

Saya pilih Blue Band karena aromanya yang sangat sedap. Blue Band sudah terkenal sejak jaman dulu kala dan direkomendasikan untuk pembuatan berbagai macam kue. Jika ingin aroma yang lebih sedap lagi, Anda dapat mencampurkannya dengan butter seperti merk Wisjman. Namun, untuk resep ini saya hanya memakai margarin Blue Band saja supaya lebih ekonomis.

2. Tepung terigu protein sedang

tepung terigu protein sedang

Ada 3 jenis tepung terigu berdasarkan kandungan proteinnya, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Untuk membuat marble cake sebaiknya Anda menggunakan tepung terigu protein sedang untuk hasil tekstur yang berisi.

3. Telur

telur

Telur merupakan salah satu jenis bahan makanan hewani. Biasanya untuk resep kue marmer, Anda harus memisahkan antara putih dan kuning telur. Dalam resep ini saya tidak memisahkan putih dan kuning telur, toh saya pikir hasilnya juga sama saja.

4. Cokelat bubuk

cokelat bubuk

Cocoa powder atau cokelat bubuk terbuat dari ampas biji buah cokelat. Ampas tersebut telah dipisahkan dari lemak cokelat. Kemudian ampas biji cokelat dikeringkan dan digiling hingga halus dan berbentuk menjadi seperti tepung cokelat.

5. Baking powder

baking powder

Baking powder atau bubuk pengembang merupakan suatu bahan pengembang yang biasanya dipakai untuk meringankan tekstur dan meningkatkan volume makanan. Khususnya jenis makanan yang cara pengolahannya dengan cara memanggang adonannya, seperti muffin, scone, bolu, dan juga biskuit.

6. Gula halus

gula halus

Gula halus merupakan gula yang memiliki butiran sangat halus. Berbentuk kristal-kristal dengan ukuran lebih kecil daripada jenis gula biasa. Gula halus ini andalan saya banget bunda, karena kandungan 100% gula tanpa tambahan tepung sehingga rasanga juga sama manisnya dengan gula pasir lainnya.

Resep Marble Cake Ekonomis 2 Telur Hemat Bahan

Marmer Cake 2 Telur Bahan Ekonomis Hasil Lembut

4 from 2 votes
Recipe by dapurkintamani Course: CakeCuisine: IndonesiaDifficulty: Easy
Servings

1

loyang
Prep time

10

minutes
Cooking time

1

hour 

30

minutes
Calories

300

kcal

Resep Marmer Cake ekonomis, mengembang dan lembut

Bahan-bahan

  • 2 butir telur

  • 90 gram gula halus

  • 1 tsp cake emulsifier

  • 1/2 tsp baking powder

  • 70 gram tepung terigu protein sedang

  • 100 gram margarin

  • 3 gram coklat bubuk

Langkah

  • Campurkan telur, gula halus dan cake emulsifier, mixer sampai putih mengembang
  • Tambahkan baking powder, mixer kembali sampai rata
  • Tuangkan margarin yang sudah dicairkan terlebih dahulu, aduk hingga setengah rata
  • Tambahkan tepung terigu dengan cara diayak, aduk balik sampai rata
  • Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu
  • Bagi 2 adonan, tambahkan coklat bubuk pada salah satu adonan, aduk rata
  • Tuangkan adonan ke dalam loyang dengan selang-seling antara adonan putih dan coklat, lakukan berulang hingga adonan habis
  • Panggang dalam oven suhu 180°C selama 40 menit

Video Resep

Catatan

  • ukuran loyang 20 x 8 x 7 cm