Kue Semprit Sagu Gluten Free Lembut dan Renyah dan Berkhasiat untuk Penderita Asam Lambung

Kue Semprit Sagu
Kue Semprit Sagu (image by Canva)

Kue semprit sagu gluten free merupakan olahan kue kering berbahan utama tepung sagu larut / tepung garut / tepung irut dan juga bahan-bahan lainnya. Rasanya manis, lembut, dan renyah. Kue kering yang satu ini adalah sajian kue lebaran favorit dan hampir tersaji di setiap rumah. Setiap toko dan swalayan pun sering menjual kue semprit sagu setiap bulan Ramadhan.

4 Tips Membuat Kue Semprit Sagu Lembut dan Renyah

Untuk menghasilkan kue semprit sagu bertekstur lembut dan renyah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Terutama masalah pemilihan tepung dan juga pengolahannya. Mari simak tipsnya berikut ini!

Kue Semprit Sagu (image by Canva)
Kue Semprit Sagu (image by Canva)

1. Menggunakan Tepung Sagu Larut atau Tepung Garut / Tepung Irut

Tepung sagu larut atau tepung garut merupakan tepung yang bebas gluten / gluten free. Tepung ini mengandung karbohidrat alami terbaik yang cukup banyak. Tepung garut atau tepung irut berkhasiat untuk penderita penyakit maag atau asam lambung. Garut bukanlah nama kota melainkan nama suatu tanaman yang biasanya tumbuh dengan rimpang. Tanaman ini kaya akan kandungan patinya dan cukup banyak tumbuh di negara asalnya, yaitu Amerika. Penggunaan tepung sagu larut atau tepung garut pada adonan kue kering ini, akan membuat tekstur kue lembut dan lumer saat masuk ke mulut dan juga bisa digunakan untuk menggantikan tepung jagung atau maizena sebagai bahan pengental sup, fla, dan lainnya.

2. Sangrai Tepung Sagu

Untuk menghasilkan kue kering sagu yang lumer, sebelum mencampurkan tepung sagu ke dalam adonan, tepung harus disangrai terlebih dahulu. Caranya, pertama masukkan daun pandan ke dalam wajan tanpa minyak, kemudian tuangkan tepung sagu di atasnya, lalu sangrai tepung dengan api kecil. Aduk tepung dengan menggunakan spatula hingga teksturnya menjadi lebih ringan. Selanjutnya tunggu hingga uap panas pada tepung hilang.

3. Ayak Tepung Sagu

Setelah uap panas pada tepung yang telah disangrai menghilang, ayak tepung sagu. Tujuannya adalah untuk memudahkan pada saat proses pengadukan adonan dan juga pencetakan. Karena tepung sagu setelah diayak tidak akan mudah bergerindil atau menggumpal saat dicampurkan dengan bahan lainnya. Tekstur kue kering sagu pun nantinya akan lebih lembut dan juga renyah.

4. Perhatikan Tekstur Adonan

Saat membuat adonan kue kering sagu pastikan adonannya mudah untuk dicetak menggunakan spuit, tidak terlalu keras dan tidak terlalu encer. Sehingga dapat menghasilkan bentuk kue kering sagu yang cantik.

Kue Semprit Sagu

Kue Semprit Sagu Tepung Larut, Lembut dan Renyah

Recipe by Caria
Resep Kue Semprit Sagu Tepung Larut, Lembut dan Renyah
Prep Time :10 minutes
Cook Time :1 hour 20 minutes
Total Time :1 hour 30 minutes
Course :Cookies, Snacks
Cuisine :Indonesia

Ingredients
  

  • 100 g margarin Blueband
  • 100 g gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 65 ml santan kental kemasan
  • 300 g tepung irut atau tepung garut

Instructions
 

  • Sangrai tepung irut dengan daun pandan, lalu timbang 300 gram berat akhirnya. Sisihkan
  • Aduk margarin menggunakan whisk sebentar, lalu tambahkan gula halus sambil di ayak, aduk rata.
  • Masukkan kuning telur, aduk rata.
  • Masukkan santan kental, aduk rata.
  • Masukkan sambil di ayak tepung larut, aduk sampai terbentuk adonan.
  • Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, cetak sesuai selera.
  • Panggang adonan kue ke dalam oven dengan suhu 150-160 derajat celcius, sekitar 20 menit atau sampai matang (bagian bawah kecoklatan), beda oven beda pengaturan.
  • Jika sudah matang, keluarkan cookies dari oven. Tunggu hingga suhu ruang, simpan ke dalam toples.

Video