Klepon Ubi Jalar, Resep Praktis, Lembut, Anti Gagal

klepon ubi jalar

Klepon ubi jalar merupakan olahan klepon berbahan utama ubi jalar kuning. Klepon adalah kue tradisional atau makanan tradisional asli Indonesia yang masuk ke dalam kategori jajanan pasar. Kue tradisional ini terbuat dari bahan tepung beras ketan yang berbentuk bola-bola kecil berisi potongan gula merah. Cara memasak klepon adalah dengan merebusnya pada air mendidih hingga matang atau mengapung.

Biasanya klepon disajikan dengan balutan parutan kelapa. Selain ubi jalar, klepon juga dapat menggunakan bahan tambahan seperti pasta pandan, ubi ungu, labu kuning, pewarna makanan, dan lain-lain. Bahan-bahan tambahan tersebut membuat warna klepon berwarna-warni dan sangat cantik. Sebagai salah satu jenis kue jajanan pasar, klepon pasti akan sering Anda temui pada pasar-pasar tradisional atau festival Ramadhan.

4 Tips Membuat Klepon Ubi Jalar Legit

Membuat klepon susah-susah gampang, sehingga Anda harus cukup sabar ketika proses pengolahannya. Berikut ini ada 4 tips cara membuat klepon yang legit dan anti gagal.

1. Persiapkan bahan-bahan

Siapkan bahan-bahan untuk membuat klepon seperti ubi jalar, tepung tapioka atau tepung kanji, gula merah, dan kelapa parut. Sedangkan untuk bahan pelengkapnya adalah air dan garam.

2. Pilih dan masak parutan kelapa dengan tepat

Pilihlah kelapa yang masih muda, agar menghasilkan tekstur lembut dan rasa yang gurih saat Anda memakannya. Jangan lupa untuk mengukus kelapa terlebih dahulu sebelum Anda sajikan dengan klepon. Kukus kelapa dengan sedikit garam kurang lebih selama 15 menit.

3. Jangan terlalu banyak memasukkan potongan gula merah

Klepon mempunyai sensasi lelehan gula merah yang keluar saat Anda menggigitnya. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak atau terlalu besar memasukkan potongan gula merah. Agar tidak mengganggu Anda saat sedang menyantapnya. Potong gula merah berukuran kecil sekitar 1 cm berbentuk dadu.

4. Jangan merebus terlalu lama

Setelah Anda selesai membentuk semua adonan berbentuk bola-bola kecil lengkap dengan isian gula merah, rebus klepon pada air mendidih. Rebus hingga klepon mengambang dan juga matang. Supaya klepon tidak terlalu lembek dan hancur, pastikan Anda memasukkannya pada saat air sudah mendidih. Waktu merebusnya juga jangan terlalu lama, maksimal 5 menit saja. Kemudian Anda tiriskan dan balut dengan parutan kelapa muda.

Klepon Ubi Jalar, Resep Praktis, Lembut, Anti Gagal

Klepon Ubi Jalar, Resep Praktis, Lembut, Anti Gagal

Resep Klepon Ubi Jalar, Resep Praktis, Lembut, Anti Gagal

Recipe by Resep Mamah Nizar
5 from 1 vote
Course: SnacksCuisine: IndonesiaDifficulty: Easy
Servings

6

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

1

hour 

30

minutes
Calories

300

kcal

Bahan-bahan

  • 1 kg ubi jalar kuning, kupas kulitnya, cuci bersih

  • 200 g tepung kanji atau tepung tapioka

  • 200 g kelapa parut

  • 100 g gula merah, potong dadu kecil

  • 1/2 sdt garam

  • garam secukupnya untuk mengukus kelapa parut

Cara Membuat

  • Rebus ubi sampai empuk selama kurang lebih 30 menit. Kemudian haluskan.
  • Kukus kelapa parut dengan garam secukupnya selama kurang lebih 5 menit. Supaya kelapa tidak mudah basi.
  • Campurkan ubi jalar kuning yang sudah di haluskan dengan tepung kanji dan garam ( kalau suka manis, boleh tambah gula pasir secukupnya). Kemudian uleni sampai bisa di bentuk.
  • Ambil secukupnya adonan dan bulatkan. Kemudian beri lubang tengahnya, masukan gula merah. Lalu bulatkan kembali, begitu seterusnya sampai adonan habis.
  • Setelah di bentuk semua, lalu rebus selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang. Tandanya sudah matang, ketika klepon mengapung.
  • Angkat dan masukan klepon ke dalam wadah. Lalu ambil satu persatu dan gulingkan ke dalam kelapa parut. Lakukan sampai habis. Sajikan.

Video Resep