Jenis-jenis Vanili dan Tips Memilih

Meski penggunaan vanili pada makanan atau minuman tergolong sedikit, ternyata manfaat kesehatan tanaman ini sangat luar biasa. Vanili diyakini kaya akan antioksidan, serta mampu berfungsi sebagai antiinflamasi. Selain itu, bahan makanan ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengatasi jerawat, dan memperbaiki kondisi rambut.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa penambahan vanili bubuk ke dalam makanan atau minuman bisa membantu mengurangi asupan gula. Jadi, Anda dapat memanfaatkannya untuk membantu mengurangi berat badan.

macam jenis vanilla
macam jenis vanilla

Memilih perisa vanili yang cocok memang gampang-gampang susah. Kebanyakan vanili yang dijual di pasaran kualitasnya tidak sebaik dan sewangi yang diharapkan. Ada beberapa ragam jenis vanili dijual di pasaran yaitu

1. Batang Vanili (vanili pod)

vanilla bean
vanilla bean

Vanili Pod merupakan jenis vanili berupa tanaman vanili yang dikeringkan. Isi atau biji-bijiannya bertekstur seperi pasir dan berminyak ketika dikeruk, memiliki rasa dan wangi yang masih alami tanpa pengolahan lebih lanjut

Vanili dijuluki sebagai ’emas hijau’ karena harganya yang mahal. Berdasarkan pantauan di beberapa platform belanja online, vanili batang dijual dengan harga bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah per kilogram.

Di Shopee misalnya, penjual menawarkan vanili dengan harga Rp33 ribu per batang. Ada juga yang menawarkan Rp2,65 juta untuk 500 gram, atau Rp4,5 juta untuk 1 kg. Sementara di Tokopedia ada vanili dijual Rp67 ribu per 10 gram. Ada juga yang menawarkan harga promosi Rp2,85 juta per 500 gram. Harga satu kilogram ditawarkan bervariasi, Rp3,2 hingga 5 juta.

Biasanya vanili batang dijual di pasaran dengan kemasan kedap udara untuk mencegah pembusukan. Jadi pilihlah produk dengan pengemasan terbaik.

2. Ekstrak Vanili

ekstrak vanili
ekstrak vanili

Ekstrak vanili merupakan jenis vanili kering yang diolah lebih lanjut dengan cara direndam dalam air dan alkohol. Varian ini paling banyak diminati untuk meningkatkan rasa dan aroma pada makanan secara maksimal.

  • Perhatikan kemurnian vanilla extract

Langkah pertama yang harus Anda ketahui soal vanilla extract adalah istilah pure vanilla extract. Produk yang termasuk dalam kategori pure vanilla extract dianggap memiliki tingkat kemurnian terbaik.

Istilah iniberawal dari ketentuan yang dibuat FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat. FDA menyatakan bahwa ekstrak vanilla murni dibuat menggunakan biji vanili asli. Setiap 3,7 liter vanilla extract harus mengandung setidaknya 378,4 gram vanili. Agar tidak salah membeli, perhatikan terlebih dahulu hal ini, ya!

  • Pilih single origin vanilla untuk rasa yang optimal

Serupa dengan kopi, setiap biji vanili punya cita rasa yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengenal dengan baik biji vanili dalam vanilla extract yang akan Anda beli. Ada vanilla extract berbahan biji vanili dari berbagai wilayah. Namun, ada juga singleorigin vanilla yang biji vanilinya dipanen dari satu lokasi saja.

Memang benar, ada produk yang menggunakan vanili Meksiko, Uganda, dan Tahiti. Namun, produk berbahan vanili Indonesia dan Madagaskar justru merupakan produk terpopuler di tanah air. Keduanya memiliki karakteristik berbeda, berikut penjelasannya:

  1. Indonesia: Cita rasa vanili Indonesia berbeda dengan negara lainnya. Rasanya lebih tajam dengan profil cita rasa seperti kayu. Karena kekuatannya, vanili asal Indonesia dapat memberikan rasa yang stabil sehingga sering dijadikan campuran vanili dari negara lain.
  2. Madagaskar: Negara yang terletak di bagian tenggara Afrika ini merupakan tempat asal biji vanili yang paling populer. Hal ini dilandasi oleh cita rasanya yang sangat khas. Vanili dari Madagaskar memiliki karakteristik rasa yang manis, creamy, dan lembut.
  • Periksa juga kadar alkohol di dalamnya

Seperti yang sudah disebutkan dalam penjelasan mengenai vanilla extract, proses pembuatannya melibatkan alkohol. Oleh karena itu, terkadang muncul pertanyaan terkait halal tidaknya penggunaan vanilla extract. Jika Anda ingin vanilla extract yang sangat minim atau bahkan bebas alkohol, pilihlah produk dengan sertifikasi halal. Anda dapat menemukannya mayoritas pada produk buatan lokal.

La Dame In Vanilla adalah salah satu UMKM yang memproduksi ekstrak vanila dan produk vanila lainnya. Bukan sekadar menghasilkan produk vanila original, La Dame In Vanilla pun menggandeng dan membina petani vanila lokal!

La Dame in Vanilla

Para bakers pemula bisa mencari vanilla extract di supermarket atau toko bahan kue. Rata-rata produk yang tersedia di supermarket atau toko bahan kue, termasuk vanilla extract, sudah disertifikasi halal.

  • Pastikan untuk berhati-hati dengan harga yang terlalu murah

Untuk mendapatkan vanilla extract dengan aroma dan rasa yang berkualitas tinggi, butuh proses yang cukup rumit. Selain itu, proses pembuatannya pun memakan waktu yang panjang. Tidak heran harga vanilla extract tergolong tinggi. Anda justru harus berhati-hati dengan vanilla extract yang harganya murah. Pasalnya, bisa jadi vanilla extract tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.

Harga memang salah satu kunci utama untuk melihat kualitas dari vanilla extract. Kualitas vanilla extract juga berperan untuk meningkatkan kualitas kue, terutama aromanya. Vanilla extract buatan lokal sendiri rata-rata memiliki harga lebih terjangkau karena bahan bakunya berasal dari dalam negeri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk membeli produk buatan lokal.

3. Pasta Vanili

Hasil olahan lebih lanjut dari campuran ekstrak vanili dan biji vanili. Jenis vanili ini bentuknya cair kental seperti lem, tidak seperti namanya pasta yang seperti pasta gigi.

4. Essens Vanili

essense vanili
essense vanili

Disebut juga artificial vanilla extract. Merupakan jenis vanili dari hasil dari proses kimiawi / sintetis, hanya memberikan aroma tapi tanpa cita rasa. Jangan terlalu banyak menggunakannya karena akan meimbulkan rasa pahit. Bentuknya lebih cair dan lebih bening dari pasta vanili.

Produk essens vanili yang pada umunya dijumpai di pasaran dan sering digunakan untuk membuat aneka kue dan makanan. Sangat praktis digunakan, tahan lama, dan cukup beraroma.

5. Vanili Bubuk

Sama seperti jenis vanili essens, bubuk vanili juga merupakan produk sintetis, hanya memberikan aroma saja, dan akan terasa pahit jika terlalu banyak menggunakan. Harganya pun paling ekonomis

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli vanili bubuk adalah memastikan kemurniannya. Umumnya, vanili bubuk yang murni memiliki label pure vanilla powder.

Sebisa mungkin, pilihlah produk yang terbuat dari biji vanili murni tanpa tambahan zat aditif. Hal tersebut bertujuan supaya Anda bisa mendapatkan rasa dan aroma vanili terbaik. Beberapa contoh bahan aditif yang biasa digunakan pada bahan makanan, antara lain pengawet, perasa, atau pewarna.

Secara umum, Anda bisa menemukan dua warna vanili bubuk di pasaran yaitu cokelat dan putih.

  • Vanili bubuk warna cokelat: Aromanya lebih kuat dengan harga lebih premium

Di pasaran, vanili bubuk dengan warna cokelat masih dibagi menjadi dua yakni cokelat tua dan cokelat muda. Vanili bubuk dengan warna cokelat tua merupakan ciri dari penggunaan biji vanili asli.

Karena itu, bubuk vanili dengan warna tersebut cenderung memiliki rasa dan aroma khas vanili yang kuat. Anda bahkan dapat mencium aromanya saat roti atau kue baru dipanggang sebentar. Tak heran jika harga jual vanili bubuk ini tergolong lebih mahal.

Di sisi lain, ada juga vanili bubuk yang berwarna cokelat muda. Vanili bubuk dengan warna cokelat muda terbuat dari vanilla extract. Hal itulah yang membedakan kedua warna vanili tersebut.

Vanilla powder dengan warna cokelat, baik tua maupun muda, tentu bubuknya akan terlihat jelas saat dituangkan pada masakan. Karena itu, vanili bubuk berwarna cokelat sebaiknya digunakan untuk taburan kue atau minuman yang memerlukan aksen mewah.

  • Vanili bubuk warna putih: Lebih mudah berbaur dengan semua jenis masakan

Vanili bubuk berwarna putih umumnya adalah hasil campuran antara biji vanili dengan pemanis buatan. Selain itu, vanili bubuk ini juga identik sebagai vanili buatan. Alhasil, rasa dan aromanya memang tidak begitu kuat. Karena itu, jenis vanili ini dipasarkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski begitu, vanili bubuk putih lebih mudah dicampurkan ke dalam berbagai jenis makanan. Pasalnya, jenis ini tidak meninggalkan warna yang mencolok ketika dimasukkan dalam berbagai masakan. Jika Anda berencana membuat masakan yang tampilannya harus clean, misalnya wedding cake, kami sarankan menggunakan jenis ini.

Karena vanili bubuk akan masuk ke dalam tubuh, kami sangat menyarankan pemilihan produk yang memiliki label organik. Label organik akan memastikan produk pilihan Anda bebas dari zat kimia selama masa penanaman.

Dengan begitu, Anda tak perlu mengkhawatirkan keberadaan pestisida dan pupuk kimia dalam vanilla powder pilihan. Anda pun bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, serta nutrisi utuh dari vanili bubuk.