Es Sekoteng Singapore

es sekoteng
es sekoteng

Es Sekoteng Singapore adalah kuliner khas daerah Sukabumi, Jawa Barat. Karena ada nama negara Singapore pada nama kuliner ini, tidak berarti kuliner ini berasal dari negara tersebut. Tetapi ada sedikit mirip dengan kuliner asal Singapore yaitu Cheng Teng. Kalian bisa menemukan kuliner ini di alamat Jl. Ahmad Yani (perempatan jalan gudang – otista).

Fakta Tentang Sekoteng Singapore

Sekoteng berasal dari negara Tiongkok. Orang Tiongkok sudah mengonsumsi sekuteng sejak masa pemerintahan Dinasti Qin sekitar tahu 221 – 206 sebelum Masehi. Namanya adalah sukothung dalam bahasa Hokkian. Arti dari sukothung adalah sup 4 buah-buahan. Bahan untuk membuat sukhotung adalah 4 buah yang sudah dikeringkan, yaitu kacang amandel, biji jali, biji teratai, dan lengkeng.

Ada satu lagi nama lain dari sekoteng, yaitu shiguoteng dalam bahasa Tiongkok. Nama ini terdiri dari 3 suku kata yang menjadi satu, yaitu Shi Guo Teng. Shi artinya 10, guo artinya buah, dan teng artinya kuah. Jangan mengartikan bahwa buah yang ada dalam sekoteng adalah sepuluh macam buah. Karena arti dari sepuluh adalah bermakna banyak macam buah.

Oleh orang Indonesia, sukothung atau shiguoteng dilafalkan menjadi sekuteng. Sekuteng khas Indonesia juga memiliki perbedaan dengan bahan sekoteng asli Tiongkok. Sesuai dengan bahan-bahan yang tersedia di Indonesia. Ternyata, dalam bahasa Jawa sekuteng merupakan singkatan dari nyokot weteng. Artinya adalah menggigit perut.

Sedangkan di Sukabumi, sekoteng terkenal dengan nama Es Sekoteng Singapore. Jika kamu berkunjung ke Sukabumi, wajib sekali untuk mencoba kuliner ini. Sekoteng di Sukabumi sudah ada sejak tahun 2002 dan kedai yang menjual makanan ini selalu ramai pembeli, baik dari masyarakat sekitar maupun dari luar kota.

Bahan-bahan untuk membuat sekoteng khas Sukabumi ini adalah kacang hijau, kolang kaling, pacar cina, dan jenis kacang-kacangan lain. Cara penyajian makanan ini biasanya dengan kuah jahe hangat campuran gula, dan juga susu kental manis dalam sebuah mangkuk. Ada tambahan roti berbentuk bulat panjang dan juga biskuit. Menyajikannya bisa hangat atau dengan tambahan es batu.

Es Sekoteng Singapore

4 from 1 vote
Recipe by lisna_lisnawati71 Course: Minuman, DessertCuisine: Sukabumi, IndonesiaDifficulty: Easy
Servings

3

servings
Prep time

1

hour 

10

minutes
Cooking time

50

minutes
Calories

300

kcal

Resep Es Sekoteng Singapore yang segar, hangat, dan menyehatkan

Ingredients

  • 2 bh Jamur bokji putih (50gr)

  • 50 gr Kacang hijau yang sudah direbus selama kurang lebih 40 menit

  • 50 gr Sagu mutiara yang sudah direbus selama kurang lebih 25 menit

  • 3 ruas Jahe (2gr) yang sudah dikupas dan iris tipis

  • 100 gr Gula batu

  • Susu kental manis putih secukupnya

  • 1000 ml Air

Directions

  • Siram jamur bokji putih dengan air panas, tunggu hingga lunak, kurang lebih 15 menit. Potong-potong dan buang bongolnya yang keras.
  • Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan irisan jahe dan gula batu. Aduk hingga gula larut.
  • Masukkan jamur bokji putih, aduk dan masak hingga mendidih kurang lebih 15 menit.
  • Matikan api.
  • Tata dalam mangkuk, sagu mutiara, kacang hijau, kemudian siram dengan kuah bokji putih. Tambahkan susu kental manis secukupnya.
  • Tambahkan es batu secukupnya.

Recipe Video