Bubur Sumsum Gula Aren Gurih Enak Lembut

resep bubur sumsum gula merah
resep bubur sumsum gula merah

Bubur sumsum merupakan salah satu jajanan pasar yang banyak digemari. Bubur sumsum berwarna putih menyerupai warna tulang sumsum, terbuat dari tepung beras dan diberi siraman kuah kinco / juruh / gula merah cair. Rasanya gurih karena ada santan dan rasa manis dari siraman kinco.

Bubur sumsum disebut juga bubur lemu, bubur saring atau bubur tepung beras. Hidangan ini biasanya banyak dijumpai pada saat bulan Ramadhan dan sangat cocok dijadikan hidangan buka puasa.

Bahan Bubur Sumsum Simple

bahan bubur sumsum

Bahan-bahan untuk membuat bubur sumsum ini sangat sederhana dan mudah didapatkan baik di tukang sayur maupun minimarket terdekat. Titik kunci pembuatan bubur sumsum ini ada pada bahan santan dan gula aren.

Coba juga : Resep Puding Cokelat Nutrijel Selembut Sutra

Sebaiknya gunakan santan yang baru diperas dari parutan kelapa. Dalam resep ini gunakan setengah butir kelapa yang diperas dengan air dan menghasilkan 800 ml santan. Apabila Anda kesulitan untuk mendapatkan santan dari buah kelapa langsung, santan segar dapat diganti dengan santan instan yang dijual di toko / minimarket. Tapi, pemakaian santan instan ini tentu saja rasa dan aromanya kurang bagus dibandingkan dengan santan segar dari parutan kelapa.

santan

Pakai Gula Aren untuk Rasa Kuah Bubur Sumsum Lebih Mantap

Sekilas terlihat mirip antara gula aren, gula merah / gula jawa dan gula palem. Mungkin ada beberapa diantara kita yang kesulitan membedakannya. Perbedaan diantara ketiga jenis gula itu ada pada warnanya.

Gula Merah

Gula merah biasanya berbentuk silinder / tabung. Gula merah disebut juga dengan gula jawa karena banyak pembuat gula ini ada di Jawa. Gula merah dibuat dari nira atau sari yang keluar dari pohon kelapa atau getah palma. Warna gula merah lebih terang dibandingkan gula aren dan gula batok. Biasanya gula merah diolah menjadi sambal.

gula merah / gula jawa berwarna lebih terang
gula merah / gula jawa berwarna lebih terang

Gula Palem

Gula Palem merupakan gula yang terbuat dari nira atau sari batang palem. Aromanya lebih wangi dan khas, teksturnya lebih empuk dan menyerupai gula pasir yang dipadatkan. Gula palem disebut juga gula semut atau gula pasir coklat

Berbeda dengan gula jawa dan gula palem. Gula aren merupakan gula tradisional yang terbuat dari enau dan diolah secara tradisional yang kemudian dicetak dalam batok kelapa. Ada juga yang dicetak silinder seperti gula jawa. Perbedaannya warnanya lebih gelap. Aroma gula aren lebih kuat dan rasanya lebih manis dibanding gula merah.

Gula Aren

gula aren

Jangan Berhenti Mengaduk !

Perhatikan benar langkah-langkah membuatnya ya. Langkah penting untuk membuat bubur sumsum ini adalah menuangkan larutan tepung setelah tepung diencerkan. Tepung beras diencerkan terlebih dahulu dengan sebagian santan dan diaduk sampai benar-benar merata dan homogen tidak ada gumpalan sementara itu sebagian santan lainnya direbus terlebih dahulu. Perhatikan gambar di bawah ini larutan tepung sudah tercampur rata tidak ada gumpalan.

adonan tepung burur sumsum sudah homogen

Setelah larutan tepung homogen baru dituangkan ke dalam santan yang sudah dipanaskan. Pada saat menuangkan larutan tepung sambil terus diaduk-aduk, jangan berhenti mengaduk. Berhenti sebentar mengaduknya akan membuat tepung cepat menggumpal. Aduk terus tanpa henti sampai bubur mengental dan matang.

aduk terus bubur sumsum

Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum

Bubur Sumsum Gula Aren

5 from 1 vote
Recipe by dapurkintamani Course: Custard dan Puding, Tradisional, Video ResepCuisine: IndonesianDifficulty: Easy
Servings

4

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

5

minutes
Calories

300

kcal

Bubur sumsum merupakan salah satu jajanan pasar yang banyak digemari. Bubur sumsum berwarna putih menyerupai warna tulang sumsum, terbuat dari tepung beras dan diberi siraman kuah kinco / juruh / gula merah cair. Rasanya gurih karena ada santan dan rasa manis dari siraman kinco.

Bahan-bahan

  • Bahan Bubur
  • 100 g tepung beras

  • ½ sdt garam

  • 3 lembar daun pandan, simpulkan

  • 800 ml santan dari ½ butir kelapa

  • Bahan Kuah
  • 100 ml air

  • 200 g gula aren, iris halus ( pilih yang kualitas bagus )

  • 2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat

  • MEMBUAT BUBUR
  • larutkan tepung beras dengan sebagian santan, garam, dan sisihkanadonan tepung
  • didihkan sisa santan dan masukkan daun pandan di atas api sedang
  • tuang campuran tepung yang dibuat sebelumnya tadi, aduk terus menerus hingga terlihat matang dan kentalbubur sumsum mengental
  • MEMBUAT KUAH
  • campur semua bahan kuah dan rebus hingga larut dan kental
  • saring larutan gula
  • siram saus gula merah di atas bubur sumsumsiram gula
  • sajikanresep bubur sumsum gula merah

Video Resep