Brownies Amanda Kukus Lembut dan Moist

Mencoba membuat kue favorit oleh-oleh dari kota Bandung
brownies amanda resep
brownies amanda resep

Kue Brownies

Bagi Anda yang suka bepergian ke Bandung sudah pasti kenal dengan Brownies Amanda Kukus yang satu ini. Cita rasa bolu coklat yang lezat dan khas membuatnya menjadi kue favorit wisatawan.

Walaupun sekarang sudah banyak outlet kue Brownies Amanda (termasuk toko online), tetapi tetap saja membuat kangen dan menjadi favorit sebagai buah tangan.

Brownies cokelat adalah kue panggang yang berasal dari Amerika Serikat. Kue brownies berawal pada akhir abad ke-19 yang kemudian menjadi populer di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20.

Brownies tercipta dari seorang koki yang lupa memasukkan bahan kue pengembang atau baking powder dalam adonan kue bolu coklatnya. Kue bolu tersebut matang tetapi tidak mengembang seperti kue bolu coklat pada umumnya. Kue yang tercipta ini bantat, agak keras dan tidak berpori.

Di Indonesia, kue brownies yang terkenal adalah Brownies Amanda yang awalnya merupakan oleh-oleh khas kota Bandung walaupun sekarang sudah banyak outlet brownies Amanda di berbagai kota.

Sekilas Brownies Amanda Kukus

Banyak orang yang tidak tahu kalau sosok yang berada di belakang kesuksesan brownies ini ada nama almh. Ibu Sumi Wiludjeng yang merupakan pencipta resep dari kue yang awalnya bernama bolu cokelat ini.

ibu Sumi Wiludjeng
Almh. Ibu Sumi Wiludjeng

Beliau mengawali bisnis dari skala kecil pada tahun 1999 dengan menjual bolu berkeliling ke rumah tetangga, kerabat dan langganan. Kue bolu cokelat ini menjadi semakin terkenal dan akhirnya lahirlah nama Amanda. Amanda bukan nama anak perempuan melainkan sebuah singkatan dari kata Anak Menantu Damai. Nama tersebut mencerminkan keharmonisan keluarga yang meliputi anak dan menantu membangun usaha bersama.

Seiring dengan berjalannya waktu dan berbekal pengalaman usaha, Brownies Amanda semakin terkenal dan kemudian memiliki merk Brownies Amanda pada tahun 2004.

Dengan dipatenkannya merk Amanda, pasarannyapun semakin luas pada tahun 2007 hingga pasar nasional mulai dari Surabaya, Yogyakarta dan Medan. Hingga kini brownies Amanda memiliki 100 outlet di seluruh Indonesia.

Dahulu saya sudah pernah membagikan resep brownies amanda yang cukup lumer, (lihat: Brownies Amanda -takaran sendok ). Namun, hampir semua bahan menggunakan takaran sendok, sehingga menjadi sangat tidak terukur. Kali ini saya coba buat ulang Brownies Amanda Kukus Cokelat yang sangat lembut dan moist. Saya mencoba dengan menambahkan susu cair UHT pada adonan coklatnya, sehingga lebih encer.

Dari takaran 50 ml susu cair UHT ini, saya kira-kira dengan cara menuangnya perlahan, sampai adonan menjadi agak encer. Tetapi tidak terlalu encer, jadi tidak semuanya susu cair UHT saya tuang semuanya.

Hal yang Sering Ditanyakan

Apa nama coklat untuk brownies ?

Saya pakai coklat DCC merk Diamond. Menurut saya coklat diamond ini lebih enak rasanya dibandingkan merk coklat lainnya. Rasanya tidak terlalu pahit juga.

Susu cair untuk kue apa?

Saya pakai susu UHT biasa, merk apapun boleh. Kalau ada pilih yang full cream

Apa fungsi susu cair untuk kue?

Fungsi susu cair hanya sebagai pengencer saja apabila adonan terlalu padat. Dari sekitar 50 ml susu UHT tidak dipakai semua.

Berapa Ukuran Loyang Brownies Amanda?

Saya pakai loyang ukuran 20 x 8 x 7 cm. Loyangnya agak tinggi dari loyang brownies pada umumnya yang hanya tingginya 5 cm

Kalau pakai resep 4 telur bahan-bahannya bagaimana dan loyang berapa ?

Resep dengan 4 telur tinggal dikalikan saja bahan-bahannya, tetapi memakai 2 loyang. Sebaiknya tidak memakai loyang persegi karena kemungkinan matangnya tidak merata

Apakah resep ini bisa untuk dipanggang / oven ?

Belum pernah coba untuk resep diovennya, kemungkinan hasil akan beda. Resep khusus dikukus.

Berapa lama ketahanan brownies ?

Kira-kira kue brownies bisa tahan sekitar 2-3 hari dalam suhu ruang. Kalau dalam kulkas bisa sampai seminggu

Apakah ada resep brownies takaran sendok?

Klik disini saja : resep atau videonya di sini (video Youtube jadul)

Resep brownies yang saya bagikan ini adalah buah hasil dari trial error ya bund. Sebelum mencoba resepnya, perlu juga diketahui beberapa tips membuat kue brownies kukus supaya lembut dan tidak terlalu bantat hasilnya.

Tips agar Brownies Kukus Empuk dan Tidak Bantat

1. memilih kukusan dan Loyang

  • memilih kukusan yang sesuai dengan besarnya loyang dengan lubang yang tidak terlalu besar, jika kukusan terlalu besar maka uap air akan terlalu banyak dan kue menjadi basah,
  • memilih kukusan dengan penutup kaca / bentuk kerucut, supaya uap air tidak turun ke adonan brownies

2. menyiapkan kukusan

Anda harus memanaskan kukusan harus kurang lebih 10 menit, lapisi tutup kukusan dengan kain supaya air kukusan tidak jatuh ke adonan brownies. Sebaiknya pakai kain katun yang tebal dan dapat menyerap uap air serta menghindari tetesan ke atas kue.

3. mengatur suhu saat mengukus

Setelah air mendidih, kecilkan api dan pakai api sedang supaya brownies matang dengan merata, serta tidak bergelombang

4. membuka tutup kukusan apabila telah matang

Hati-hati ketika membuka tutup kukusan setelah brownies matang, karena pada tutup kukusan menempel banyak uap air, apabila menetes airnya akan membuat brownies basah dan rusak teksturnya. Caranya dengan membuka dan membalik tutup kukusan dengan cepat, sehingga air tidak sempat menetes.

Resep Brownies Amanda Ultimate – Terbukti Berhasil !

Brownies Amanda Kukus Lembut dan Moist

Brownies Amanda Kukus Lembut dan Moist

resep ultimate brownies amanda

Recipe by dapurkintamani
4 from 29 votes
Course: Cake dan KueCuisine: IndonesiaDifficulty: Easy
Servings

4

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

40

minutes
Calories

197

kcal

Ingredients

  • Bahan untuk dimixer
  • 2 butir telur

  • 1 sdt cake emulsifier

  • 50 g gula pasir

  • Bahan Kering Diayak
  • 0.5 sdt baking powder

  • 60 g tepung terigu

  • 30 g susu bubuk

  • Bahan Dilelehkan
  • 100 g margarin

  • 100 g coklat

  • 50 ml susu cair UHT

  • Bahan Lapisan Tengah
  • 10 g minyak sayur

  • 30 g susu kental manis coklat

Directions

  • Siapkan mangkok kaca bening, masukkan margarin, coklat batang dan susu cair. Panaskan di atas air mendidih sampai meleleh. Aduk rata dan sisihkan
  • Kocok telur bersama gula pasir dan SP / cake emulsifier sampai mengembang dan kental berjejak
  • Masukkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder dengan cara diayak ke dalam adonan telur. Aduk balik perlahan sampai rata
  • Masukkan campuran coklat yang sudah dilelehkan. Aduk rata kembali sampai homogen
  • Tuang sebagian adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi baking paper. Kukus selama 10 menit (api sedang cenderung kecil)
  • Ambil dua sendok sayur adonan, campurkan dengan susu kental manis coklat dan minyak sayur untuk membuat lapisan coklat tengah. Aduk sampai rata
  • Tuang ke dalam loyang dan ratakan. Kukus lagi selama 10 menit
  • Tuang adonan yang tersisa ke dalam loyang dan kukus lagi selama 20 menit
  • Lakukan tes tusuk untuk memastikan kue sudah matang sempurna
  • Angkat kue dan sajikan

Recipe Video

Notes

  • Ukuran Loyang 20 x 8 x 7 cm