Resep Banoffee Dessert dari Pisang dan Kopi

coffee banana dessert
coffee banana dessert

Bagaimana tampilan Banoffee Dessert yang satu ini ? Kelihatan cantik bukan ? Banoffe atau Banana Toffee Desert ini adalah dessert yang disajikan dalam keadaan dingin atau setengah beku. Bahan-bahan dan cara membuat nya sangat mudah. Bahan isian utama terdiri dari pisang dan remahan biskuit coklat kemudian dipadukan dengan saus vla kopi dan topping krim.

coffee banana dessert bahan

Asal-usul Banoffee

Banoffee atau singkatan Banana dan Toffee adalah dessert khas yang pertama kali populer di Britania Raya. Konon dipopulerkan oleh Nigel Mackenzie dan Iam Dowding yang merupakan pemilik restaurant The Hungry Monk di Jevington, Inggris pada tahun 1971. Wah, jadi sebenarnya sudah lama sekali ya Banoffee ini. Namun, Postingan Banoffee ini mulai wara-wiri dan viral di Indonesia akhir-akhir ini. Kepingin deh langsung membuatnya.

Konon katanya resep klasik Banoffee ini memadukan legitnya buah pisang dan manisnya karamel yang dibentuk menjadi semacam kue pai. Kemudian resep ini menyebar ke berbagai negara dan mengalami modifikasi menjadi dessert, cake, cupcake, dll

Kali ini yang resep yang saya coba ini adalah Banoffee Dessert, yang ditata dalam gelas dengan susunan dari bawah ada biskuit, coffee vla, irisan pisang, coffee vla lagi, dan diberi topping whip cream tabur dengan chocochip atau coklat.

coffee banana dessert vla

O iya, ketika membuat Coffee Vla sebaiknya pakai api sedang ya. Kemudian pada saat vla sudah mengental langsung matikan api supaya vla nya tidak dehidrasi jadi agak keras. Mungkin bisa ditambah dengan susu cair apabila vla-nya keras.

coffee banana dessert

Resep Banoffee Dessert

Recipe by Hani
Banoffee, atau Banana Toffee Dessert, merupakan hidangan pencuci mulut yang dihidangkan dalam keadaan dingin atau setengah beku. Kombinasi lezat antara potongan-potongan pisang yang segar dengan lapisan toffee yang kaya rasa menjadi ciri khas utama dari hidangan ini. Setiap suapan menghadirkan harmoni antara manisnya toffee dengan kelezatan serta kesegaran pisang, menciptakan sensasi menyegarkan yang nikmat di setiap gigitannya.
Prep Time :10 minutes
Cook Time :10 minutes
Total Time :1 hour 10 minutes
Course :Custard dan Puding, Dessert Beku, Video Resep
Cuisine :European

Ingredients
  

Bahan Lapisan
  • 1 bungkus biskuit, haluskan dengan grinder
  • 80 g pisang kupas, potong kecil
  • 50 g whip krim kocok
  • Choco chip untuk taburan
Bahan coffee vla :
  • 120 g susu
  • 50 g whip krim cair
  • 1 kuning telur
  • 25 g maizena
  • 40 g gula pasir
  • 25 g mentega tawar
  • 2 g kopi instan

Instructions
 

  • Campur semua adonan coffee vla lalu masak diapi kecil sampai menjadi adonan vla
  • Tata biskuit dibagian bawah, lalu beri adonan coffee vla, beri pisang, lalu beri coffe vla lagi dan terakhir tambahkan whip krim kocok dan hias dengan choco chips
  • Dinginkan dalam kulkas sebelum disajikan

Video

Pisang Uli: Bahan Utama Banoffee Dessert

Dalam menciptakan Banoffee Dessert yang menggoda ini, saya memanfaatkan stok pisang Uli di rumah. Pisang Uli menjadi pilihan utama karena rasanya yang manis legit, cocok sekali untuk olahan kue. Di sini, pisang Uli menghadirkan sentuhan manis yang khas dan memberikan dimensi rasa yang istimewa pada dessert ini. Biasanya, pisang ini juga sering saya gunakan untuk kue Nagasari, dan hasilnya selalu memuaskan.

Ragam Biskuit yang Cocok

Pemilihan biskuit untuk dessert ini sangat fleksibel. Mulai dari biskuit Oreo, Marie, hingga biskuit dengan tambahan chocochip bisa digunakan. Pada resep Banoffee Dessert, saya memilih biskuit Goodtime sebagai dasar lapisannya. Konsep dasarnya mirip dengan kue cheesecake, di mana bagian dasar menghadirkan tekstur yang pas dengan campuran rasa.

Whip Cream dan Keterbatasan Bahan

Saat membuat dessert ini, rekomendasi whip cream dari Anchor memang memastikan kualitas yang prima. Namun, dengan keterbatasan stok, saya menggunakan whip cream dari Haan. Kendati agak sulit dalam penakarannya karena bentuknya berupa bubuk, sementara yang dibutuhkan adalah whip cream cair, saya mencoba untuk mendapat hasil yang terbaik dengan perkiraan dalam penggunaannya.

Tantangan dalam Pembuatan Coffee Vla

Proses pembuatan coffee vla menjadi tantangan tersendiri. Penggunaan whip cream dari Haan ternyata menghasilkan konsistensi yang berbeda dari yang diharapkan. Adonan coffee vla menjadi lebih kental dan kurang encer, menyerupai adonan tepung hungkuwe. Meski begitu, hasil akhirnya tetap menawarkan cita rasa yang memikat dan menggugah selera, meskipun tidak sesuai dengan ekspektasi awal.

Hai, Saya Hani suka mengumpulkan resep masakan dari berbagai media sosial. Beberapa sudah saya coba di blog saya. Semoga dapat membantu bunda memasak