15 Resep Soto Nusantara Bercita Rasa Khas

feat-15-resep-soto

Nama soto berasal dari “caudo” , makanan khas dari Tiongkok yang mirip sekali dengan soto. Caudo yang dibawa oleh masyarakat Tiongkok ke Indonesia, kemudian berubah namanya menjadi soto. Jika caudo menggunakan bumbu-bumbu khas Tiongkok, maka 15 resep soto ini menggunakan bumbu-bumbu yang khas nusantara. Hal ini dilakukan agar orang Indonesia dapat menikmati soto yang sesuai dengan selera masyarakat pada masing-masing daerah.

Soto biasanya terbuat dari kuah kaldu, baik itu ayam, bebek, sapi, maupun kambing dengan tambahan bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya. Cara pengolahannya sangatlah mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bebas menentukan bahan tambahan saat penyajian soto, seperti telur rebus, irisan tomat, perkedel, bawang goreng, dan lain-lain.

Jika Anda sedang rindu cita rasa varian soto dari kampung halaman atau ingin mencicipi kuliner soto dari daerah lain di Indonesia. Mungkin Anda bisa mempraktikkan salah satu dari 15 resep soto di bawah ini!

Sponsored Link body shop promo

15 Variasi Resep Soto Nusantara Bercita Rasa Khas

1. Soto Ayam Boyolali

Soto Ayam Boyolali adalah salah satu jenis soto berkuah bening dengan cita rasa segar yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Varian soto ayam yang satu ini bahan-bahannya sangat simple dan kuahnya sangat ringan. Sehingga, cocok untuk dikonsumsi anak-anak hingga orang tua dengan aroma yang segar dan sesuai dengan lidah orang Indonesia.

2. Soto Ayam Madura

Soto Ayam Madura dengan bubuk koya memang paling enak dan menjadi incaran banyak orang. Apalagi varian soto yang satu ini tidak menambahkan santan saat proses pengolahan kuahnya, sehingga tekstur kuahnya terasa lebih ringan. Soto Madura merupakan hidangan soto dari Madura, Jawa Timur. Bahan-bahan dasar sajian soto ini mulai dari daging ayam, kentang goreng, bumbu ketumbar, bawang putih, kunir, kemiri, garam, dan lain-lain.

3. Soto Ayam Lamongan

Soto Ayam Lamongan merupakan salah satu varian soto yang berasal dari Lamongan, Indonesia. Varian soto ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kuah bening dan kuah santan. Soto Ayam Lamongan kuah bening asli tanpa menggunakan santan dengan tambahan koya soto gurih yang menghasilkan cita rasa sedap.

4. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro Yogyakarta merupakan salah satu dari jenis soto nusantara. Kuliner ini berasal dari Yogyakarta dan sudah berumur 90 tahun lebih. Bahan utama dalam membuat soto ini adalah ayam kampung. Kaldu dari kuah sotonya juga merupakan ciri khas yang begitu melekat pada soto ini. Katanya, makin banyak ayam, makin enak juga kaldunya.

  • soto kadipiro

    Soto Kadipiro

    Cooks in 70 minutesDifficulty: Medium

    Resep Soto Kadipiro khas Yogyakarta

5. Soto Tauto

Soto Tauto Pekalongan atau Tauto adalah soto yang berasal dari Pekalongan. Kuliner ini merupakan perpaduan dari dua kebudayaan, yaitu Tionghoa dan India. Nama Tauto berasal dari Caudo yaitu salah satu soto kuliner khas Tingkok. Sedangkan Tauco merupakan bumbu khas dari negara India yang berbahan dasar kacang kedelai.

  • soto tauto pekalongan

    Soto Tauto Khas Pekalongan

    Cooks in 70 minutesDifficulty: Medium

    Resep Soto Tauto khas Pekalongan

6. Soto Bebek

Jika biasanya soto menggunakan daging sapi, kerbau, atau ayam. Maka soto bebek khas Klaten ini menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya. Cara mengolahnya adalah dengan cara mengungkep daging bebek dengan bumbu, kemudian suwir-suwir daging bebek. Racikan soto ini menambahkan soun, kol, dan juga telur rebus.

  • Soto Bebek Khas Klaten

    Cooks in 70 minutesDifficulty: Hard

    Resep Soto Bebek khas Klaten

7. Soto Babat Sapi

Soto Babat Sapi khas Madiun merupakan olahan soto berbahan dasar jeroan sapi, yaitu babat. Babat sapi merupakan daging yang berasal dari lambung sapi. Makanan berkuah ini menjadi ciri khas kuliner kota Madiun, Jawa Timur. Memiliki bahan dasar yang berbeda dari kebanyakan soto di Indonesia, menjadi keunikan sendiri untuk kuliner yang satu ini. Jika kamu pecinta makanan berbahan dasar babat sapi, kamu harus coba untuk mencicipinya.

  • soto babat

    Soto Babat Sapi khas Madiun

    Cooks in 70 minutesDifficulty: Medium

    Resep Soto Babat Sapi khas Madiun

8. Soto Kudus Bening

Soto Kudus Bening merupakan sajian soto yang berasal dari kota Kudus dengan kuah bening. Sajian soto ini memiliki ciri khas menggunakan mangkuk kecil dengan air asam jawa. Untuk menikmatinya, kamu bisa menambahkan nasi, tauge, dan juga suwiran daging ayam. Rasanya sudah tidak diragukan lagi, pastinya enak, nikmat, dan membuat badan menjadi hangat.

Sponsored Link skintific promo
  • Soto Kudus Bening

    Cooks in 70 minutesDifficulty: Easy

    Resep Soto Kudus Kuah Bening

9. Soto Ambengan

Soto ayam ambengan merupakan salah satu kuliner soto nusantara yang berasal dari Surabaya. Soto ayam ini memiliki ciri khas kuahnya yang kuning pekat karena efek dari kunir. Selain dari warna kuahnya, soto ini juga memiliki ciri khas lain yaitu koya sotonya yang gurih. Nama ambengan berasal dari nama lokasi depot soto pertama yang menjual soto ini.

10. Soto Ayam Bandung Bening

Soto ayam Bandung merupakan olahan soto yang unik. Umumnya soto menggunakan kuah dengan warna keruh, kuning, dan menggunakan campuran kunyit atau santan. Namun, sajian soto yang satu ini tampil dengan kuah bening yang segar. Soto ini menambahkan potongan lobak dan taburan kacang kedelai goreng sebagai pelengkap.

Sponsored Link tiket-com

11. Soto Bandung Daging

Soto Bandung merupakan soto khas Sunda, Jawa Barat. Resep Soto Bandung berbahan daging sapi atau ayam. Bedanya sajian soto ini dengan soto lainnya adalah adanya lobak, kacang kedelai goreng, dan tomat pada soto. Kuah sotonya juga sangat bening, tanpa menggunakan santan. Anda dapat menikmati soto ini bersama kerupuk dan nasi hangat.

12. Soto Tangkar Khas Betawi

Soto Tangkar merupakan olahan soto dengan isian iga sapi berkuah segar dan gurih khas Betawi. Arti kata Tangkar dalam bahasa Betawi, yaitu tulang iga. Hidangan tradisional ini memiliki sejarah panjang sebagai makanan untuk masyarakat kelas bawah Betawi. Khususnya ketika zaman penjajahan Belanda.

Sponsored Link nastar-lembang

13. Soto Betawi

Soto Betawi adalah hidangan soto khas kota Jakarta yang identik dengan kuah santan dengan campuran susu cair. Kedua bahan tersebut yang menghasilkan citarasa soto menjadi gurih dank has. Hidangan soto ini biasanya menggunakan jeroan, torpedo, mata, hati, dan juga daging sapi. Istilah Soto Betawi telah ada sejak tahun 1977-1978 di Indonesia yang dipopulerkan oleh Lie Boen Po, seorang penjual soto.

14. Soto Padang

Soto Padang bumbu asli merupakan olahan hidangan berkuah kaldu sapi, irisan daging sapi goreng kering, perkedel kentang, dan juga bihun. Cita rasa Soto Padang akan semakin enak jika Anda menyajikannya dalam keadaan masih panas. Cara pengolahannya sangat mudah dan praktis. Hidangan Soto Padang saat ini juga bisa Anda nikmati di berbagai rumah makan Padang di penjuru dunia.

15. Soto Medan Daging

Soto Medan Daging merupakan olahan makanan khas Sumatera Utara berbahan dasar daging sapi. Soto Medan mempunyai aroma yang khas dan juga unik, karena terbuat dari santan kental dan juga rempah-rempah khusus. Kuah soto identik dengan warna kuning dan juga rasa yang lezat.

Tips Membuat Soto Ayam

Sebagian besar dari 15 resep soto di atas menggunakan ayam sebagai bahan utama dalam pengolahan kuah kaldu soto. Nah, untuk menghasilkan sajian soto ayam yang gurih dan segar, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan. Mari simak tipsnya berikut ini!

1. Menggunakan ayam kampung

Daging ayam kampung dapat memberikan rasa yang gurih dan juga nikmat pada kuah soto jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

2. Rebus ayam dengan air biasa

Saat sedang merebus ayam, gunakan air biasa atau air dingin. Hal ini bertujuan untuk proses pematangan daging ayam agar lebih sempurna dan lemak bisa keluar dalam jumlah yang lebih banyak.

3. Gunakan kaldu dari ayam

Jangan menggunakan bahan kaldu bubuk atau instant ketika membuat 15 resep soto di atas! Karena akan menghasilkan rasa yang tidak sedap dan aromanya juga cukup berbeda. Oleh sebab itu, gunakanlah kaldu yang berasal dari rebusan daging ayam.

4. Jangan menggunakan bumbu instan

Bumbu soto instan akan membuat sajian soto ayam Anda mempunyai kuah yang sangat encer. Meskipun terkesan sangat praktis dan mudah, sebaiknya Anda hindari. Buatlah bumbu soto ayam dengan meraciknya langsung dari bahan-bahan yang tertera pada resep!

5. Tambahkan minyak saat menghaluskan bumbu

Ketika Anda sedang menghaluskan bahan bumbu soto, tambahkan minyak ke dalam blender. Minyak berfungsi membuat bumbu agar tercampur rata dan memiliki tekstur yang lebih lembut.

6. Jangan tambahkan air pada tumisan bumbu

Saat Anda sedang menumis bumbu soto, jangan menambahkan air! Karena sudah ada minyak pada saat Anda menghaluskan bumbu tersebut. Menambahkan air hanya akan membuat bumbu menjadi langu.

7. Rebus daging ayam bersama bumbu

Untuk menghasilkan kuah soto yang lebih nikmat ketika mempraktikkan 15 resep soto si atas, rebus daging ayam dan bumbu secara bersamaan. Agar bumbu bisa lebih meresap ke dalam daging ayam.

8. Menambahkan perasan jeruk nipis

Jika kuah soto Anda terlihat sangat berminyak, beri air perasan jeruk nipis secukupnya. Tapi jangan berlebihan, agar kuah soto tidak terasa sangat asam.

Rekomendasi Bawang Goreng Kemasan

Bawang goreng biasanya terbuat dari irisan bawang merah atau bawang putih yang digoreng dengan minyak panas. Umumnya digunakan sebagai topping makanan seperti soto Medan , nasi uduk, lontong sayur, ketupat, dan lain-lain. Teksturnya renyah, beraroma harum, dan bercita rasa gurih.

Ketika menyajikan 15 resep soto di atas, tidak akan lengkap tanpa taburan bawang goreng. Karena bawang goreng bisa menambah cita rasa soto menjadi lebih nikmat. Selain itu, bawang goreng ternyata juga bisa melancarkan sistem pencernaan, memperkuat sistem imun tubuh, meningkatkan kualitas tidur, serta membantu proses penyembuhan gangguan pernapasan.

img-bawang-goreng-renyah
Bawang Merah Goreng

Jika Anda tidak mau repot menggoreng bawang sendiri sebagai topping 15 resep soto di atas, Anda bisa membeli salah satu produk bawang goreng kemasan berikut ini:

1. Bawang Putih Goreng – RASA

2. Bawang Goreng Pedas – Cap Mertua

3. Bawang Merah Goreng Palu – Mbok Sri

4. Bawang Merah Goreng – Mezzaluna

5. Bawang Putih Goreng – Bu Broto

Itulah tadi 15 resep soto nusantara yang bercita rasa khas lokal masing-masing daerah di Indonesia. Jadi, sekarang Anda bisa mencicipi berbagai kuliner soto dari berbagai daerah di rumah tanpa harus terbang jauh ke daerah asal kuliner tersebut. Selamat mencoba!