10 Resep Nasi Goreng Rumahan ini akan Menjadikan Makan Malam Anda Istimewa!

cara membuat dan resep nasi goreng rumahan yang sederhana danenak
membuat nasi goreng spesial rumahan yang enak

Nasi goreng merupakan makanan hasil akulturasi budaya Indonesia dan Tiongkok. Makanan berbahan dasar nasi atau yang lazim disebut hanzi (dalam bahasa Cina) ini sudah ada di Tiongkok sekitar tahun 4.000 SM. Konon, nasi goreng dibawa oleh pedagang Tiongkok yang singgah di kerajaan Sriwijaya sekitar abad ke-10 Masehi. Dengan cepat nasi goreng tersebar dan menjadi populer karena bahan baku nasi goreng berupa nasi juga merupakan makanan utama rakyat Sriwijaya. Cara membuatnyapun sangat mudah hanya dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan garam kita dapat membuat nasi goreng yang lezat.

bumbu nasi goreng sederhana

Apabila Anda bosan dengan menu makan malam atau bahkan bingung mau makan apa, coba kreasikan menu makan malam Anda dengan beragam variasi resep nasi goreng berikut ini. Tinggal dipilih resepnya dan susun menunya, dijamin makan malam Anda akan menjadi istimewa.

10 Variasi Resep Nasi Goreng Rumahan yang Lezat

1. Nasi Goreng Gila

Nasi Goreng Gila adalah salah satu variasi nasi goreng yang menggunakan banyak bahan campuran. Bahan-bahannya menggunakan banyak sekali topping, seperti bakso, sosis, ampela, ikan asin, telur, hati, suwiran ayam, sampai petai. Karena banyaknya bahan-bahan topping pada nasi goreng, maka makanan ini mendapatkan julukan “gila”.

2. Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng dengan tambahan daging kambing merupakan variasi nasi goreng yang berasal dari Jakarta. Bahan bahan masakan nasi goreng ini hampir sama dengan olahan nasi goreng lainnya, bedanya hanya terletak pada penambahan daging kambing dan rempah khusus.

3. Nasi Goreng Seafood

Coba juga resep nasi goreng seafood cumi oriental spesial ala restoran Chinese Food. Bagi Anda penggemar masakan chinese, nasi goreng ini patut Anda coba sendiri di rumah. Nasi goreng dengan tambahan cumi, bakso ikan dan udang.

4. Nasi Goreng Padang

Tak hanya nasi padang yang terkenal, nasi goreng padang ini juga sangat disarankan untuk Anda coba. Nasi goreng padang memiliki cita rasa yang pedas dan asin karena bumbunya tidak jauh beda dengan masakan khas Padang lainnya.

5. Nasi Goreng Korea

Salah satu sajian nasi goreng mancanegara dari negeri ginseng Korea dengan penambahan kimchi sebagai bahan dasar pembuatnya. Kimchi dikenal sebagai makanan paling sehat di dunia!

6. Nasi Goreng Jawa

Resep Nasi Goreng Jawa merupakan olahan nasi goreng dengan bumbu khas. Bahan-bahan bumbunya adalah cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, dan kemiri. Semua bahan bumbu tersebut, dihaluskan dengan blender atau diulek. Nasi goreng ini memiliki rasa pedas dan juga aroma khas dari terasi. Cara memasaknya adalah dengan memakai kayu atau anglo.

  • nasi goreng jawa

    Nasi Goreng Jawa

    Cooks in 70 minutesDifficulty: Easy

    Resep Nasi Goreng Jawa

7. Nasi Goreng Hongkong

Nasi Goreng Hongkong memiliki nama lain Nasi goreng Yang Chow yang berasal dari China dengan cita rasa khas. Masakan Nasi Goreng Hongkong ini identik dengan penambahan pipilan jagung manis, wortel, bakso, dan udang. Bumbu nasi goreng ini tidaklah jauh berbeda dengan resep nasi goreng enak pada umumnya.

8. Nasi Goreng Mawut

Nasi Goreng Mawut atau Nasi Goreng Maut merupakan hidangan nasi goreng yang berasal dari pulau Jawa, antara kota Malang atau Magelang. Hidangan ini menambahkan mie basah sebagai bahan utama, yang membuatnya unik. Bahan bumbu resep nasi goreng mawut antara lain bawang putih, cabai, bawang merah, dan juga terasi. Cara membuat Nasi Goreng Mawut mie yang enak sangatlah mudah

9. Nasi Goreng Spesial Tanpa Minyak

Nasi goreng tanpa minyak spesial merupakan olahan nasi goreng spesial tanpa cooking oil saat proses pemasakan. Resep nasi goreng spesial palm oil free ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat. Karena mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih sangat tidak baik untuk tubuh.

10. Nasi Goreng Merah

Nasi Goreng Merah merupakan makanan nasi goreng khas dari Kota Makasaar dengan warna merah mencolok. Warna merah pada nasi goreng berasal dari penambahan bumbu dasar saus tomat untuk membuat tampilannya lebih menarik.

Beberapa Tips Membuat Nasi Goreng

Sebelum Anda mencoba resep nasi goreng di atas sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips-tips membuat nasi goreng berikut ini agar hasil dan rasanya memuaskan.

  1. Memilih jenis beras yang sesuai

Beras yang dipakai untuk membuat nasi goreng adalah beras jenis pera bukan jenis pulen. Nasi dari beras pera cenderung agak keras dan tidak lembek sehingga cocok untuk bahan nasi goreng.

Harga beras pera umumnya lebih mahal daripada beras pulen biasa. Namun, kita dapat mengkombinasikan beras pera dan pulen dengan perbandingan 3:1.

  1. Perhatikan cara menanak nasi

Pada saat menanak nasi, gunakan takaran air yang pas. Untuk menghasilkan nasi yang pera, kurangi takaran air dari takaran menanak beras biasa. Untuk 1 kg beras pera gunakan 1,5 liter air.

Setelah beberapa saat pastikan nasinya matang tanak, atau Anda dapat memberi tambahan waktu sekitar 10-15 menit. Setelah itu, diamkan dalam suhu ruang dengan cara diangin-anginkan sampai uap air hilang.

  1. Usahakan nasi bersuhu ruang

Mengkondisikan nasi terlebih dahulu dalam suhu ruang merupakan kunci utama membuat nasi goreng agar hasilnya tidak basah. Apabila nasi dimasak dengan magic com, keluarkan nasi terlebih dahulu dengan cara meratakannya di atas nampan, supaya nasi agak dingin dan uap air menguap. Dengan kondisi nasi yang agak dingin maka tekstur nasi goreng nantinya tidak lembek

Apabila Anda masih memiliki nasi sisa kemarin dapat juga dibuat menjadi nasi goreng. Nasi sisa kemarin cenderung memiliki tekstur yang relatif kering dibandingkan dengan nasi yang baru masak dan hal ini cocok sekali untuk bahan nasi goreng.

  1. Gunakan wajan wok

Sebaiknya menggunakan wajan jenis wok atau wajan yang cukup lebar dan cekung. Jenis wajan ini mencegah nasi goreng tumpah saat mengaduk

  1. Pakai minyak secukupnya

Sebaiknya tidak menuang terlalu banyak minyak ke wajan penggorengan. Gunakan minyak secukupnya untuk menumis bawang dan bumbu lainnya saja. Sesuaikan jumlah minyak untuk menumis dengan banyaknya bawang dan bumbu. Dua atau tiga siung bawang biasanya membutuhkan minyak cukup dua sendok makan saja.

  1. Gunakan api besar

Para penjual nasi goreng biasanya menggunakan kompor gas dengan api besar maksimal untuk memasak nasi goreng. Memakai api besar akan membuat wajan menjadi sangat panas dan mencegah nasi menempel

  1. Aduk nasi goreng secara merata dan agak lama

Setelah menumis bumbu-bumbu sampai harum, kemudian masukkan nasi ke dalam tumisan bumbu. Agar nasi tidak lengket lakukan pengadukan nasi yang agak lama. Sebaiknya terus mengaduk dan jangan terlalu banyak berhenti ketika wajan di atas api.

Usahakan bumbu dan nasi tercampur rata dan homogen. Salah satu tips agar nasi goreng menjadi harum adalah dengan cara mengaduk kecap dan saus agak lama. Dengan mengaduk lama akan terbentuk karamel kecap dan saus yang membuat nasi menjadi harum.

  1. Goreng telur terpisah dari nasi

Telur merupakan bahan tambahan favorit nasi goreng. Dengan tambahan telur ini maka terdapat istilah ‘nasi goreng spesial pakai telur‘.

Apabila hendak menambahkan telur, usahakan telur tidak tercampur dengan nasi sebelum telur matang atau dapat juga memasak telur dalam penggorengan lain sebelum dicampurkan ke dalam nasi goreng. Hindari menambahkan langsung telur yang masih mentah ke dalam nasi goreng karena akan membuat nasi goreng menjadi menggumpal.

  1. Cara menyajikan nasi goreng

Nasi goreng yang sudah matang dapat disajikan dengan menaburinya dengan bawang goreng dan acar mentimun. Pelengkap tersebut akan menambahkan rasa segar pada nasi goreng.

Rekomendasi Merk Kecap untuk Nasi Goreng yang Lezat

Kecap merupakan salah satu penambah cita rasa pada nasi goreng. Masyarakat Jawa sangat akrab dengan kecap dan menjadikannya pelengkap wajib dalam setiap hidangan tak terkecuali dalam resep nasi goreng.

Sebagai bahan tambahan, kecap memberikan warna hitam kecoklatan pada nasi goreng. Masyarakat Jawa lebih menyukai kecap yang relatif manis pekat untuk nasi goreng seperti nasi goreng mawut dan nasi goreng babat yang berwarna relatif lebih hitam sedangkan masyarakat Sunda cenderung memakai kecap dengan rasa gurih dan asin dengan tekstur yang tidak pekat untuk nasi goreng sehingga warna nasi gorengnya cenderung kecoklatan.